Tips Memilih Velg Modifikasi di Toko Jual Velg Mobil

Bumi si bungsu tampaknya punya minat besar pada dunia otomotif. Setidaknya itu tecermin dari observasinya di jalan saat setiap kendaraan melintas. Di rumah ia akan segera menuangkan pengamatannya dalam bentuk gambar dari berbagai sudut pandang. Tidak hanya kaca spion yang ia gambar, namun hingga bentuk velg mobil SUV pun ia sajikan.

Bahkan tak jarang ia menampilkan mobil dengan kreasi dia sendiri. Seolah seirama dengan fenomena modifikasi mobil yang kini sudah jadi salah satu hobi yang banyak dilakukan oleh pemilik kendaraan roda empat. Nah, salah satu bagian yang hampir selalu tersentuh modifikasi adalah bagian velg—seperti yang Bumi gambar. Velg mobil memang memberikan peran penting dalam tampilan mobil secara keseluruhan. Oleh karena itu, dalam memodifikasi mobil, tentu Anda tidak boleh memilih velg yang sembarangan. Anda harus tahu bagaimana cara memilih velg yang tepat ketika Anda sedang berada di toko yang jual velg mobil sehingga bisa langsung menentukan pilihan.

BBC Mania, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika memilih velg mobil:

velg

Gambar dari kahndesign.com

1. Spesifikasi velg sesuai

Pertama, pastikan jika velg mobil tersebut mempunyai PCD sesuai dengan PCD di kendaraan Anda. Selanjutnya perhatikan juga diameter serta lebar maksimalnya untuk dipasangkan ke mobil yang Anda miliki. Secara umum, untuk ukuran velg yang dapat ditampung di mobil adalah +2 atau +3 dari standar ukuran bawaan mobil. Tetapi jika Anda ingin yang lebih ekstrim, maka gunakan velg dengan ukuran yang lebih besar lagi dan modifikasi juga bagian fender di mobil.

2. Material yang bagus

Mayoritas velg yang standar memakai material dari logam yang berat seperti bahan dasar baja. Namun untuk pasarannya, velg modifikasi justru banyak yang menggunakan logam ringan misalnya forged alloy atau magnesium. Bagi yang ingin merubah penampilan, maka bisa mencari velg bermaterial kuat serta tidak mudah rusak. Tetapi khusus yang ingin merubah tampilan mobil, maka material ringan akan menjadi pilihan yang terbaik. Selain itu material ringan pun akan membuat massa kendaraan menjadi semakin berkurang.

3. Model menarik

Penampilan tentu menjadi nomor wahid ketika memilih segala sesuatu. Begitu juga dalam memilih velg untuk mobil Anda. Meski penampilan merupakan prioritas, namun tetap pertimbangkan kekuatan serta ketahanan dari material velgnya sehingga Anda bisa mendapatkan fungsinya secara sempurna. Untuk model velg sendiri ada dua tipe, yaitu one piece dimana merupakan velg utuh dan solid serta bobotnya lebih berat. Ada juga velg three pieces dimana setiap bagiannya bisa dilepas.

4. Keamanan dan kenyamanan

Ini juga tidak boleh disepelekan karena keamanan dan kenyamanan merupakan yang terpenting. Ketika Anda memodifikasi bagian velg menjadi lebih lebar, maka jangan lupa juga untuk memperkuatnya dengan mendesain kaki kaki dan sistem pengereman nya juga.

Tahu kan sekarang bahwa velg bukanlah komponen mobil yang sepele. Untuk itu, pertimbangkan dengan baik pemilihannya sehingga BBC Mania bisa mendapatkan tipe dan jenis yang paling sesuai, dengan model menarik namun tanpa melupakan kenyamanan dan keamanan Anda selama berkendara. Kini toko yang jual velg mobil sudah banyak tersedia di sekitaran kita kok. Pastikan untuk menyiapkan anggaran khususnya. Pilihan tepat bakal bikin kita hemat. Setuju?

Advertisements

One thought on “Tips Memilih Velg Modifikasi di Toko Jual Velg Mobil

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s