Tips Praktis Belajar Bahasa Inggris

social media3

Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern. Mulai dari pelajar hingga pelamar kerja, bahkan pengusaha, dituntut punya kemampuan berbahasa Inggris untuk memudahkan urusan mereka. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris bukan hanya menambah kepercayaan diri dalam bergaul tetapi juga membantu melancarkan tercapainya tujuan tertentu, baik dalam belajar maupun ranah bisnis.

Sayangnya, menguasai bahasa Internasional ini sering kali tidak mudah. Tak sedikit orang yang telah lama belajar bahasa Inggris akhirnya menyerah tanpa hasil memuaskan padahal sudah habis biaya banyak. Ketika dihadapkan pada konteks kehidupan nyata, mereka gagap berkomunikasi secara produktif. Hal ini sebenarnya tak perlu terjadi loh BBC Mania asalkan Anda tahu rahasia mempelajari bahasa asing ini.

Beberapa teman pernah bertanya tentang kiat belajar bahasa Inggris yang efektif. Berikut saya sajikan sejumlah tips agar bahasa Inggris bisa kita kuasai sesuai kebutuhan yang relevan. Tentu saja ada beragam jurus yang masing-masing orang terapkan dalam menguasai bahasa Inggris. Setidaknya cara berikut ini bisa dicoba karena saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi ketika belajar bahasa Inggris.

1 – Perkaya kosakata

Agar percakapan berjalan lancar, tentu perbendaharaan kata harus memadai. Selain untuk memahami kalimat lawan bicara, koleksi kosakata yang cukup akan memudahkan kita untuk menimpali dengan kalimat yang kreatif dan kaya. Pun juga dalam tulisan, himpunan kosakata yang lumayan banyak akan membuat kalimat-kalimat kita menjadi bervariasi dan hidup. Tidak monoton dan membosankan.

Salah satu cara saya menambah kosakata sesuai pengalaman sewaktu awal belajar bahasa Inggris adalah dengan membawa kamus ke mana pun saya pergi. Pilihlah kamus yang bagus untuk menemani kita saat bepergian. Ketika menemukan kata-kata baru (misalnya muncul di papan reklame, leaflet produk, dsb.), saya segera membuka kamus untuk mengecek kata-kata tersebut. Begitu tahu maknanya, saya lalu menuangkan kata-kata itu dalam bentuk kalimat sesuai keinginan. Tentu saja juga sesuai dengan kemampuan menyusun. Menangkap makna sebuah kata atau frasa secara instan lalu mengawetkannya dalam kalimat baru adalah cara efektif yang terbukti ampuh untuk menambah kosakata.

Kini proses ini bisa jauh lebih praktis. Alih-alih membawa kamus tebal nan berat, kita dapat menginstal aplikasi kamus dalam gadget. Selain menampilkan makna kata-kata, kamus digital juga menyajikan contoh-contoh bagaimana kata tersebut hadir dalam kalimat. Namun untuk tahap awal, tuliskanlah kata itu dalam buku catatan agar terjadi sinkronisasi antara tangan dan otak.

2 – Aktif dalam komunitas

Sewaktu kuliah, saya pernah bergabung dalam sebuah klub bahasa Inggris di mana mahasiswa dari berbagai jurusan dan latar belakang bertemu secara rutin sesuai kesepakatan. Selain sebagai tempat bertukar ide tentang banyak hal, klub tersebut bisa mendorong kami untuk dapat berbicara dalam bahasa Inggris secara lebih aktif. Dalam setiap pertemuan, anggota bebas mengungkapkan pendapat mengenai sebuah isu dan ditanggapi oleh anggota lain. Mau tak mau kita terpaksa menggunakan bahasa Inggris sehingga lambat laun keterampilan berbicara kita akan meningkat dan cara kita mengomunikasikan ide pun membaik.

Tentukan grup atau komunitas yang bisa membantu kita mengoptimalkan penggunaan bahasa Inggris. Kenali anggotanya dengan baik agar tidak canggung saat bercakap-cakap. Jika belum ada komunitas serupa di lingkungan sekitar, Anda bisa ciptakan sendiri kok. Kumpulkan beberapa orang dengan minat sama untuk membentuk kelompok yang akan saling mendukung. Kini sudah ada WA yang bisa berperan sebagai media komunikasi selain pertemuan utama menurut kesepakatan.

3 – Perbanyak bacaan    

Membaca bukan hanya menambah pengetahuan baru dari materi yang kita hadapi. Membaca adalah cara lain untuk menambah kosakata tanpa harus menghafalnya. Berdasarkan pengalaman pribadi, teknik menghafal ternyata kurang efektif terutama bagi pembelajar dewasa. Sebagaimana kiat pertama, membaca dapat berkontribusi pada bertambahnya perbendaharaan kata-kata.

Setelah menangkap sebuah kata tertentu atau frasa baru dalam suatu kalimat, kita bisa menyalin kata atau frasa tersebut dalam buku catatan lalu menggunakannya dalam kalimat baru yang kita kreasi sendiri. Semakin banyak yang kita baca, dan semakin sering kita berlatih, maka akan semakin banyak koleksi kosakata yang kita punya. Manfaat lain membaca adalah kita bisa meniru bagaimana cara membentuk kalimat sesuai konstruksi yang benar dalam bahasa Inggris.

4 – Manfaatkan musik dan film    

Siapa yang tak suka musik dan film? Selain bikin rileks dan menghibur, mendengarkan musik bisa menjadi solusi cepat untuk menambah kosakata. Lagi-lagi kosakata adalah basis penting agar kemajuan berbahasa kita bergerak positif. Lewat lagu-lagu berbahasa Inggris kita dapat meraup banyak kata-kata baru sambil menikmati alunan nada. Jadi boleh dibilang belajar sambil bersenang-senang gitu deh.

Jangan khawatir, kita bisa belajar dari jenis musik sesuai preferensi pribadi. Mendengarkan lagu berkali-kali bakal menyumbang koleksi kata-kata kita. Tidak hanya itu, kita juga bisa menirukan pengucapan suatu kata atau ekspresi asing dengan tepat lebih-lebih jika diucapkan oleh penutur asli.

Begitu juga dengan film, setiap kalimat yang diucapkan oleh tokoh-tokoh dalam cerita bisa kita tirukan pelafalannya sambil kita cari makna untuk kata-kata yang belum kita pahami. Dari sini kita bisa menyerap gaya tutur bahasa Inggris yang natural dari adegan yang ditampilkan sekaligus mengoleksi kata atau ungkapan baru. Tapi jangan lupa, seperti jurus yang pertama, catatlah kata atau frasa asing itu lalu susunlah kalimat baru menggunakan kata-kata tersebut. Menonton film banyak manfaatnya, antara lain belajar budaya dan tentu saja mendapatkan hiburan.

5 – Praktik agar sempurna

Setelah perbendaharaan kata kian terakumulasi, pelafalan mulai terlatih, dan telinga terbiasa dengan bahasa Inggris, hal berikutnya yang juga penting adalah praktik nyata, baik lisan maupun tulisan. Jika kiat kedua mendorong kita untuk bercakap dalam bahasa Inggris bersama teman-teman komunitas, langkah kelima adalah kesempatan untuk berbicara dengan penutur asli agar kemampuan kita semakin terasah.

Ada banyak cara untuk menjangkau penutur asli agar kita bisa ajak bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Apalagi di era kecanggihan informasi yang semuanya serbamungkin lewat Internet, tak ada lagi alasan untuk tidak berkembang. Mencari teman segampang foto selfie, hehe. Misalnya lewat lingostan kita dapat mempraktikkan percakapan dalam bahasa Inggris dengan bantuan seorang penutur asli secara online lewat  Skype. Dengan cara ini waktu belajar bisa kita atur sesuai kesibukan sehingga kegiatan utama tidak terganggu. Praktik terus-menerus bersama seorang penutur asli akan membuahkan hasil yang memuaskan.

6 – Cari mentor yang tepat    

Dari seluruh kiat yang saya sebut di atas, satu hal primer yang tak bisa diabaikan adalah bantuan seorang mentor. Kehadiran seorang guru bahasa Inggris berperan penting dalam memberikan panduan atau koreksi terhadap perkembangan riil si pembelajar. Sewaktu belajar dulu, saya tetap mengandalkan guru meskipun jumlah kosakata terus bertambah dan mulai mampu merangkai kalimat yang beragam. Dalam proses belajar mandiri, tentu saja ada tahap di mana saya mengalami kesulitan atau dilanda keraguan mengenai suatu masalah misalnya tata bahasa atau struktur kalimat.

Guru tidak hanya menyajikan konsep atau materi saja tetapi juga memberikan nasihat dan menjadi konsultan terhadap capaian kita. Kesalahan bisa diminimalkan dan kefasihan dapat terus ditingkatkan. Yang tak kalah penting, guru dapat menyuntikkan motivasi dan semangat saat kita loyo atau sedang malas belajar. Kabar baiknya, guru profesional semacam itu bisa kita jangkau secara online. Kini proses belajar bahasa Inggris dapat kita akses lebih mudah dan praktis tanpa perlu meninggalkan rumah. Bahkan biayanya pun bisa kita sesuaikan dengan kesanggupan kita membayar loh. Asyik banget kan belajar dengan kebebasan dan fleksibel?

Dengan enam langkah tersebut, impian untuk bisa bercas cis cus dalam bahasa Inggris bukan lagi isapan jempol belaka. Seiring kosakata bertambah, keterampilan menyusun kalimat pun turut meningkat. Menurut saya, belajar bahasa hakikatnya adalah meniru, yakni mencontoh dari bahasa aslinya. Dan beajar dari penutur asli adalah jurus pamungkas agar kemampuan kita autentik dan luwes.

Semoga bermanfaat ya guys.

Advertisements

15 thoughts on “Tips Praktis Belajar Bahasa Inggris

  1. Tips2nya hampir udah pernah diptaktekkan semua Mas Rud, emang bener sih kalau bahasa inggris itu luwes banget dan harusnya dijadikan habbit sehari2. Cuma kadang ada yg beranggapan kalo pake bahasa inggris dikiranya sok enggres, pdahal cuma pengen praktik kosakata yg udah dihapalin 😦

    Like

  2. Kalau ada kampung Inggris, itu sangat membantu ya. Kampung Inggris di mana warganya berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris (seperti kampung untuk belajar bahasa Inggris, kursus bahasa Inggris).

    Tidak ada sesuatu yang instan. Praktik langsung dan beradabdi lingkungan yang sama2 menggunakan bahasa Inggris #TakPeduliDibilangSokGaya

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s