Ramadan Ekstra Hemat Bersama Tokopedia; Tenang Beribadah di Bulan Istimewa

Ramadan akan menjelang dalam hitungan tidak lebih dari dua pekan. Atmosfer kegembiraan sudah terasa di mana-mana. Masjid-masjid menggelar pengajian untuk mempersiapkan jemaah dan merilis program sebulan ke depan. Stasiun televisi mulai berlomba mengiklankan mata acara unggulan selama bulan suci nanti. Para pelaku bisnis lain bersaing menawarkan produk atau jasa demi memenuhi kebutuhan dalam bulan istimewa.

Adapun saya pribadi, bloger receh yang tinggal di kota kecil, tak mau tertinggal oleh geliat positif yang tentu sudah saya tunggu-tunggu. Ramadan adalah peluang emas yang perlu saya manfaatkan untuk memperbaiki diri, meng-upgrade kemampuan, dan merumuskan kembali orientasi hidup. Ramadan tahun ini tak boleh berlalu bergitu saja. Harus menjadi Ramadan Ekstra di mana skala prioritas harus makin diperjelas dan dieksekusi sedangkan sampah-sampah emosi mesti ditumpas sampai tuntas.

Setelah pindah dan menetap di kampung halaman, salah satu prioritas penting adalah mencari rezeki demi keluarga tercinta. Selain menjadi editor lepas, saya merintis jual beli buku dan kopi melalui Tokopedia karena memang sudah nyaman berbelanja di sana sejak tahun 2015 silam. Tahun ini Ramadan ekstra bagi saya adalah terpenuhinya semua kebutuhan anggota keluarga termasuk baju yang bisa dibeli secara online.
Juga tentu saja bertambahnya koleksi buku yang sudah mulai kami kumpulkan beberapa waktu lalu dari martketplace yang sama sebagai teman di siang hari. Tak kalah penting adalah pasokan paket data selama sebulan agar komunikasi lancar dan akses informasi tak terhambat. Bisnis jadi tetap lancar jika jaringan Internet mumpuni. Syukur-syukur bisa memboyong kamera mirrorless Fujifilm yang sedang nongkrong dalam deretan promo Tokopedia. Aamiin, semoga.

Tips belanja hemat online Tokopedia

Kenapa harus online? Sebab tempat kami relatif jauh dari kota besar sehingga belanja dengan batuan Internet jadi solusi yang hemat dan praktis. Hemat karena di Tokopedia sering ada promo baik cashback maupun free ongkos kirim. Praktis sebab tak perlu ke luar rumah, tinggal klik klik klik barang pun akan dikirim. Berikut beberapa tips belanja online agar bisa hemat di Tokopedia sebagaimana pengalaman saya pribadi.

1 – Cari dan bandingkan harga antartoko

Dengan begitu banyak jaringan toko online yang berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan secara lebih mudah. Saya cukup masuk ke kategori lalu mencari produk yang kami butuhkan. Ada ribuan produk ditawarkan dengan harga bervariasi yang siap dibeli. Guna menghemat pengeluaran belanja online selama Ramadan, saya akan pilih produk pada harga yang tepat dengan spesifikasi yang sesuai.

2 – Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Untuk membuat Ramadan Ekstra, kita tak harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit kok. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap punya koleksi berbagai produk hasil karya kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Walau diproduksi di tanah air, kualitas produk mereka toh tidak kalah bersaing dengan baang branded namun ditawarkan dengan harga lebih miring. Dengan begitu kita bisa tetap menghemat pengeluaran belanja selama bulan Ramadan.

3 – Cari toko online terdekat

Saat membeli barang secara online, saya sangat sadar dan concerned soal ongkos kirim (ongkir). Bukan apa-apa, kadang barang murah bisa jadi butuh banyak biaya lantaran membengkak di ongkir. Memilih toko online terdekat dengan lokasi kita adalah kiat jitu untuk mengurangi beban ongkir berlebihan. Untunglah di Tokopedia, lokasi toko online dapat diketahui secara detail sehingga kita dapat memilih toko online mana yang paling ideal.

4 – Pilih cara pembayaran yang tepat

Yang paling saya suka dari Tokopedia adalah kemudahan mengenai cara pembayaran. Kita bisa menggunakan beragam metode pembayaran mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Saya biasanya menggunakan saldo TokoCash lalu ditambah transfer lewat virtual account jika masih kurang. Inilah asyiknya: sekecil apa pun nilai TokoCash kita, jumlah itu tetap bisa dipakai untuk membayar barang lalu dilengkapi dengan metode pembayaran lain. Pilihan metode pembayaran yang tepat jelas dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

5 – Tentukan metode pengiriman paling efisien

Sebelum melakukan pembayaran, kita wajib memasukkan pilihan ekspedisi yang akan mengirimkan barang pesanan. Tokopedia menawarkan sejumlah opsi pengiriman mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Pada tahap ini saya otomatis membandingkan ongkos kirim paling rendah demi menghemat biaya belanja online namun tetap dengan jaminan sampai dengan tepat.

6 – Manfaatkan promo dan diskon

Promo atau diskon selalu menggiurkan, termasuk bagi saya. Fasilitas seperti ini berdampak signifikan terhadap penghematan pengeluaran kita saat berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang ditawarkan, kita bakal menjadikan Ramadan kali ini semakin Ekstra.

Dimanja Tokopedia

Selain koleksi lengkap dan harga yang bersaing, Tokopedia sering memanjakan pelanggan dengan potongan atau free ongkir hingga beberapa kali transaksi bagi silver member seperti saya. Beberapa kali belanja jadi terasa banget hematnya. Belum lagi promosi cashback yang datang silih berganti seolah tiada habisnya. Asyik banget pokoknya!

Saya terutama menyukai fitur Feed yang menampilkan update produk-produk terbaru yang dipasang oleh toko-toko yang saya favoritkan. Fitur semacam ini mempermudah seleksi produk tanpa harus mencari-cari di kolom Search. Cepat dan praktis sebab biasanya pembeli akan membeli produk dari toko yang sama jika mereka puas. Ditambah dukungan sistem tracking yang diperbarui secara otomatis, maka saya tak perlu lagi waswas dan justru tenang sembari menanti barang datang.
Begitulah kira-kira, BBC Mania, Ramadan tahun ini bakal jadi Ekstra dengan banyak kemudahan dari Tokopedia. Belum lagi ada rahasia berupa kejutan pada tanggal 25 Mei dari Tokopedia yang bakal membuat Ramadan Ekstra menjadi semakin Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa ya yang bakal bikin pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra tahun ini jadi lebih spesial?

Sekadar bocoran nih, bukan hanya busana muslim yang sedang promosi loh. Ada flash sale barang-barang menarik plus cashback berkali-kali untuk produk digital seperti pembelian token listrik, pulsa, hingga paket data. Hari gini siapa sih yang tak butuh paket data dan daya listrik? Kalau kebutuhan listrik, paket data dan busana sudah beres, tentu ibadah jadi makin tenang selama bulan istimewa. Ramadhan Ekstra? Ke Tokopedia!

Advertisements

3 thoughts on “Ramadan Ekstra Hemat Bersama Tokopedia; Tenang Beribadah di Bulan Istimewa

  1. saya sering sekali memanfaatkan diskon-diskon bulan ramadhan ini untuk belanja-belanja kebutuhan lebaran nanti..
    tapi saya jarang pakai tokopedia, juga jarang beli paket data ataupun bayar tagihan melalui layanan e-commerce..

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s