Cara Merawat Gigi Susu

Menyaksikan tumbuhnya gigi pada bayi mungil tentu sangat menyenangkan. Selain aroma wangi dari mulutnya, sering kali kelucuan muncul akibat gigi-gigi yang mulai menampakkan diri satu per satu. Gigi anak atau gigi susu layak mendapat perhatian serius agar kesehatan mulut bayi terjaga seiring bertambahnya usia mereka.

Lantas bagaimana cara merawat gigi susu yang benar? Simak uraian singkat berikut ini.

southwooddentalstudio

Foto dari southwooddentalstudiodotcom

1 | Ajari anak untuk menggosok gigi

Memperkenalkan anak langsung dengan sikat gigi sedini mungkin sangat bermanfaat dan perlu, ketika mereka mulai bermain saat mandi sebab air sangat disukai anak, tak terkecuali bayi. Pelan-pelan ajarkan anak menggosok gigi dengan contoh dari orangtua. Jadikan menggosok gigi sebagai hal yang menyenangkan, bukan menakutkan.

Pilih sikat gigi yang sesuai dengan ukuran anak, dengan bulu sikat lembut dan bentuk yang disukai anak-anak. Saat ini di pasaran tersedia aneka sikat gigi yang desain dan warnanya memikat. Pastikan pakai pasta gigi dengan kandungan fluor berasa buah kesukaan mereka. Arahkan bila mereka sudah bisa kooperatif.

2 | Usaplah gigi anak saat tertidur

Setelah tertidur di malam hari, usaplah gigi anak dengan kain kassa atau cotton bud basah.  Hindari mengonsumsi makanan kariogenik, yakni makanan bersifat manis dan melekat. Namun jika tak bisa dihindari, usahakan untuk selalu berkumur atau menggosok gigi sesudahnya. Arahkan anak makan empat sehat lima sempurna.

3 | Hindari susu botol

Jangan membiasakan memberikan susu botol sebagai pengantar tidur sebab hal ini sangat berisiko terjadinya karies rampan gigi dan menyebabkan terganggunya pertumbuhan rahang. Carilah alternatif yang lebih menyehatkan.

4 | Konsultasi dengan dokter gigi

Guna mendapatkan perawatan pencegahan penyakit gigi berlubang, misalnya topikal aplikasi dan fissure sealant, Anda bisa menemui dokter gigi. Topikal aplikasi adalah pemberian lapisan fluor pada permukaan gigi sehingga email menjadi lebih kuat terhadap cairan asam dan lebih tahan terhadap karies gigi.

Adapun fissure sealant adalah perawatan dengan menambal permukaan cekung gigi khususnya pada gigi geraham, yang merupakan titik rawan awal terjadinya gigi berlubang.

Gigi susu memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Akan lebih bijaksana bagi kita untuk mencegah daripada mengobati penyakit yang sudah terlanjur muncul. Saya jadi teringat cenat-cenut saat mendapat perawatan pembersihan karang gigi awal tahun lalu. Biayanya wow banget. Mirip KD, haha. Semoga abermanfaat ya BBC Mania!

*Disadur bebas dari leaflet RS Muhammadiyah Lamongan.

 

Advertisements

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s