Tips Mengatur Kalori Dalam Makanan

Salah satu jenis gangguan kesehatan yang banyak diderita oleh masyarakat kebanyakan adalah obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan kini memang banyak dialami oleh orang orang. Hal ini karena pola konsumsi masyarakat semakin meningkat, sedangkan pola hidup sehat di masyarakat masih kurang. Bahkan obesitas juga sudah banyak dialami oleh balita dan anak anak. Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan dan membuat prihatin.

obese

Gambar dari healthyway.com

Oleh sebab itu pastikan bahwa Anda beserta keluarga tetap menjaga pola hidup sehat dan menghindari obesitas. Caranya bukan dengan diet ketat, melainkan dengan lebih mengatur asupan makanan melalui jumlah kalori makanan untuk diet.  Berikut ini cara mengatur jumlah kalori dalam makanaan di antaranya adalah :

1. Perhatikan jenis makanan

Hal utama yang harus kita perhatikan adalah apa saja jenis makanan yang diberikan kepada keluarga. Dengan begitu, pengontrolan kalori dalam makanan akan lebih mudah sebab setiap makanan memiliki porsi kalori tersendiri. Coba deh cari informasi kalori di Internet untuk menghitung setiap kalori dalam makanan yang kita konsumsi.

2. Seimbangkan gizi

Agar kalori seimbang, maka bisa dibantu dengan gizi yang seimbang. Dalam menyajikan makanan, kita perlu pastikan bahwa gizinya seimbang.  Misalnya harus ada karbo,  protein dan serat,  bukan melulu karbo atau semuanya protein.  Dengan begitu jumlah kalori yang kita konsumsi tidak akan terlalu banyak dan tidak pula terlalu sedikit.

3. Seimbangkan dengan kebutuhan

Hal penting lain adalah mengetahui kebutuhan kalori dari keluarga kita. Bisa disesuaikan juga dengan jenis kegiatan yang kita jalani. Jika anggota keluarga banyak, maka kita bisa mengaturnya rengan kebutuhan rata-rata kalori saja. Dengan menyesuaikan kalori berdasarkan kebutuhan kalori tubuh,  maka kita dapat terhindar dari obesitas.

Itulah beberapa tips mengatur kalori dalam menyajikan makanan untuk keluarga.  Anda juga bisa hanya menyajikan makanan diet saja untuk keluarga supaya lebih sehat. Karena makanan makanan berkalori untuk diet biasanya rendah lemak dan juga memiliki jumlah kalori yang tidak terlalu banyak. Dengan begitu Anda dan keluarga bisa terhindar dari risiko obesitas atau kelebihan berat badan.

Kita tentu tak ingin terhambat dalam beraktivitas atau gagal memanfaatkan peluang-peluang penting hanya lantaran kegemukan, kan? Yuk jaga kesehatan, BBC Mania! Selamat berakhir pekan ….

Advertisements

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s