Inilah Tempat Wisata Indonesia yang Memiliki Banyak Sejarah dan Harus Anda Kunjungi

Ngomongin wisata Indonesia, rasanya enggak akan ada habisnya. Bukan hanya pesona alam yang kaya, tetapi juga khazanah sejarah yang tak boleh dilewatkan turis mana saja. Maklumlah karena Indonesia memang pernah dijajah oleh beberapa negara selain terjadi pula beberapa hal penting di zaman dulu yang tentu memberikan dampak sangat besar kepada Indonesia. Hal inilah yang membuat negara kita memiliki begitu banyak sejarah dan peninggalan-peninggalan yang menunjukkan serta membuktikan bahwa rakyat Indonesia memang sangat gigih sehingga terasa betul perjuangan mereka dalam mempertahankan negara tercinta.

Hal itulah yang membuat Indonesia begitu unik dan sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara mau pun domestik. Untuk mengenang jasa para pahlawan yang terdahulu, maka tak ada salahnya jika di musim liburan ini Anda mengunjungi beberapa tempat wisata Indonesia yang memiliki sejarah beragam. Terutama sebagai masyarakat Indonesia, kita harus merasa bangga dan memberikan penghargaan bagi para pejuang, tidak kalah dengan para turis mancanegara yang ingin mengetahui sejarah negara kita. Inilah tempat-tempat wisata bersejarah di Indonesia.

1. Bandung Lautan Api

Berbentuk sebuah monumen yang berlokasi di Bandung, tempat ini menjadi salah satu tempat bersejarah yang harus dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Monumen ini dibangun untuk mengenang sebuah kejadian yang memberikan efek yang cukup besar bagi kota Bandung. Saat itu Bandung berubah menjadi lautan api dan mengisahkan perjuangan masyarakat Indonesia untuk merebut kota tersebut kembali. Anda tentu dapat mengulik kisah perjuangan yang lengkap jika mengunjungi monumen bersejarah tersebut.

2. Serangan Umum Sebelas Maret

Salah satu tempat wisata Indonesia yang juga menyimpan sejarah penting adalah monumen Serangan Umum Sebelas Maret yang bertempat di Yogyakarta. Monumen ini didirikan sebagai bentuk apresiasi dan cara mengenang perjuangan para pahlawan yang berjuang merebut kembali kota Jogja yang dipimpin oleh Letkol Soeharto. Perlawanan tersebut juga dianggap sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh Indonesia untuk menunjukkan bahwa rakyat Indonesia masih berjuang untuk memperoleh kemerdekaan serta masih ada di dunia ini.

3. PETA

museum peta.png

Gambar dari historia.id

PETA atau Pasukan Sukarela Pembela Tanah Air merupakan pasukan yang dibentuk oleh negara Jepang dengan tujuan dapat membantu negara tersebut di dunia militer. Monumen PETA dibuat untuk mengenang para pejuangnya yang melakukan pemberontakan pada 14 Februari 1945 dengan melawan Jepang. Namun sayangnya, pemberontakan tersebut tidak berhasil dan membuahkan banyak pasukan PETA yang ditangkap lalu diadili oleh pihak militer Jepang.

4. Trisula

Tempat bersejarah selanjutnya bertempat di Blitar, yang cukup diminati oleh turis mancanegara maupun turis domestik. Pasalnya, monumen yang dibangun pada tahun 1972 ini dibuat untuk mengenang para anggota PKI yang dibantai di kawasan Blitar tersebut. Selain berbentuk monumen, di sini Anda juga bisa mengunjungi museumnya yang berisi berbagai sejarah penting di daerah tersebut. Blitar sendiri dianggap sebagai saksi perjuangan masyarakat Indonesia, terutama para anggota PKI yang melarikan diri ke daerah ini kemudian dieksekusi di tempat yang sama. Tidak jarang turis lokal bersama penduduk setempat melakukan perenungan di depan monumen bersejarah tersebut.

5. Palagan Ambarawa

palagan

Gambar dari wikipedia

Monumen berikutnya yang juga dianggap menjadi salah satu tempat wisata Indonesia yang memiliki sejarah penting adalah Palagan Ambarawa. Monumen ini sengaja dibangun demi mengenang sebuah pertempuran yang sengit ketika Indonesia sedang memperjuangkan kemerdekaannya. Untuk mengenang jasa mereka yang telah gugur, setiap tanggal 15 Desember masyarakat setempat akan mengenang jasa pahlawan dan hari itu ditetapkan sebagai Hari Infateri. Kebanyakan peninggalan dari peperangan tersebut berupa senjata-senjata yang digunakan oleh Jepang dan Belanda pada masa itu. Untuk mengetahui informasi tersebut lebih jauh, Anda dapat membaca travel blog yang mengulas tentang hal tersebut.

Bagaimana BBC Mania, siap berkemas-kemas dan meluncur ke sejumlah wisata bersejarah yang sayang dilewatkan? Akhir pekan ini segera cek tiket kereta atau pesawat untuk membawa kita ke kota paling diminati. Ajak serta anak-anak agar mereka belajar dari semangat para pahlawan yang luar biasa. Berkunjung ke wisata sejarah adalah salah satu cara menyenangkan belajar sejarah bangsa karena bisa menyaksikan langsung monumen yang bersangkutan.

Advertisements

4 thoughts on “Inilah Tempat Wisata Indonesia yang Memiliki Banyak Sejarah dan Harus Anda Kunjungi

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s