Enggak Sampai 150 Ribu Bisa Menginap di Jogja? Coba 5 Penginapan Ini!

“Jogja terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan.” Begitu kata penyair Jojo Pinurbo yang kali pertama kukenal lewat buku kumpulan puisi Di Bawah Kibaran Sarung. Bagi saya pribadi Jogja memang sangat istimewa. Bukan hanya pesona wisata dan keramahan warganya yang tahan lama, tetapi angkringan yang tersebar di seluruh penjuru kota rasanya terus memanggil agar saya singgah dan mengenang pengalaman indah di sana. Apalagi setelah menikahi wanita yang ibunya berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta.

Tak perlu ditanya betapa luwes dan kerennya itinerary yang bisa disusun. Selain panorama alam  yang memikat, kebudayaan lokal dan aneka kulinernya bisa jadi pilihan yang menawarkan pengalaman mengesankan. Tentunya bukan cuma saya yang tergiur untuk kembali dan merasakan kekayaan Jogja. Turis domestik dan mancanegara pun berduyun-duyun untuk mencicipi kenikmatan atau melampiaskan kerinduan di sini.

Termasuk istri saya yang sering mengusulkan agar kami pelesiran ke Jogja dan menginap selama beberapa hari di kota pendidikan itu. Yang kerap jadi kendala adalah soal penginapan karena kebanyakan kerabat sudah pindah ke Jakarta jadi tak mungkin menumpang dong. Mau tak mau berusaha cari tahu mengenai penginapan murah yang bisa ditebus dengan dana pas-pasan. Kalau bisa sih hotel, hostel atau homestay yang harganya di bawah Rp150 ribu dengan fasilitas yang tetap oke, hehe. Syukurlah ada bocoran 5 penginapan murah berikut ini.

1. Aliya Hostel

Berada di Jalan Kenari Gang Jagung No. 21, Umbulharjo, Aliya Hostel rasanya pas buat jomblo atau bahkan kami sekeluarga. Yang kami butuhkan dari sebuah penginapan adalah kenyamanan kamar terutama adanya AC. Oleh karena itu, kenyamanan di Aliya Hostel dengan rate mulai dari Rp80 ribuan sudah cocok jadi tempat menginap yang hemat.

 

aliya

Foto dari booking.com

Yang lebih asyik, hostel ini berada di lokasi yang strategis, relatif dekat dengan Kebun Binatang Gembira Loka. BBC Mania yang berencana berlibur dengan budget terbatas tapi tetap ingin kenyamanan, Aliya Hostel layak jadi pilihan. Nah, anggaran yang tersisa bisa kita manfaatkan untuk membeli suvenir khas Jogja.

2. Edu Hostel

Pengin menginap nyaman cukup dengan kisaran harga Rp70 ribuan per malam? Edu Hostel jawabannya! Berlibur ke Jogja jadi makin happy sebab kita bisa berhemat untuk anggaran menginap. Belum lagi bonus sarapan gratis tanpa tambahan biaya, wow banget kan? Kenyamanan kamar tak perlu dikhawatirkan; sudah dilengkapi AC beserta sabun dan shampo gratis jadi kita tak perlu repot bawa dari rumah.

edu

Foto dari hijabtraveller.com

Bukan hanya itu, kita bisa menonton TV bersama, menjelajah Internet menggunakan komputer yang telah disediakan, juga berenang di kolam. Berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No.17, Ngampilan, Wirobrajan, hostel ini tak jauh kok dari Tugu Nol Kilometer yang ikonik itu. Plus, banyak penjual makanan di sekitarnya dengan harga murah tentu saja. Mau menginap berapa hari pun masih terjangkau.

3. Yogyakarta Backpacker – Cassa Raffles

Penginapan berikutnya yang bisa kita lirik pas berlibur ke Jogja adalah Yogyakarta Backpacker – Cassa Raffles. Yep, tak salah lagi, tempat ini bisa jadi andalan para backpacker atau siapa saja yang mau traveling dengan modal pas-pasan. Dengan tarif sekitar Rp90 ribuan per malam, menginap sudah nyaman dan irit.

yog back

Foto dari agoda.com

Walau murah, setiap kamar sudah tersedia AC kok jadi enggak takut gerah. Khusus untuk tamu perempuan, disediakan sekitar 8 tempat tidur di dalam kamar asrama yang tersusun tingkat. Adapun untuk tamu pria, pengelola menyediakan tempat tidur bertipe single. So, jangan ragu untuk meluncur ke Jl. Purwodiningratan Ng I No. 915 kalau ke Jogja ya BBC Mania! Sambil menginap, Anda bisa main ke tempat bersejarah yang dekat seperti Museum Sonobudoyo, Istana Yogyakarta, kraton dan sebagainya. Murah dan meriah kan?

4. Selo Homestay

selo

Foto dari booking.com

Pengin menginap di tempat yang punya wifi gratis? Tenang, tinggal cari Selo Homestay yang ada di Jl. Suryodiningratan Gang Subarman No.721 RT 70/RW 09, Mantrijeron. Dengan tarif mulai dari Rp100 ribuan, kita bisa berkunjung ke sejumlah objek wisata terdekat seperti Taman Sari, Museum Sonobudoyo, kraton dan lain-lain. Dengan budget terbatas, liburan tetap menyenangkan dan sehat sebab homestay ini menyediakan layanan berupa penyewaan sepeda loh. Berani menikmati suasana Jogja sambil menggowes ria?

5. Venezia Garden Hotel

Masih dengan budget di bawah Rp150 ribu, ada Venezia Garden Hotel yang menawarkan suasana asri dan tenang. Kalau dengar kata garden, BBC Mania spontan terbayang kebun yang sejuk ya? Penginapan bertarif Rp99 ribuan per malam ini memang mengusung konsep kebun. Tak heran jika banyak tanaman yang kita lihat tumbuh subur di sini. Dengan gazebo bernuansa tradisional dan kolam renang, dijamin deh kita bakal betah liburan di Jogja.

vene 2

Foto dari hotels.com

Ada 8 tempat tidur tingkat 2 di kamar asrama campuran penginapan yang berlokasi di Jalan Surami 55, Mantrijeron ini. Kalau mau berhemat lagi, enggak usah takut bokek sebab objek wisata Taman Sari bisa kita kunjungi dalam jarak yang lumayan dekat. Menginap nyaman dengan suasana yang asri, ya di Venezia Garden Hotel!

vene

Foto dari pegipegi.com

Nah, lima penginapan murah itu bisa BBC Mania catat kalau mau pelesiran ke Jogja. Tapi jangan salahkan siapa-siapa kalau sudah ke Jogja lalu ingin kembali lagi dan lagi. Ingin pulang karena dorongan rindu seperti kata Joko Pinurbo. Bagaimana enggak kangen dengan aneka wisata menarik beserta penginapan terjangkau di bawah Rp150 ribu. Murah banget kan kalau mau traveling dengan dana terbatas? So pack your stuff and leave! Jogja menantimu, angkringan menunggumu.

Advertisements

2 thoughts on “Enggak Sampai 150 Ribu Bisa Menginap di Jogja? Coba 5 Penginapan Ini!

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s