Ini Lima Alasan Ngeblog, Nomor Empat Nampol Banget

Entah sudah berapa kali saya menampilkan tulisan tentang alasan saya menulis di Blog Belalang Cerewet. Ada yang saya tulis secara organik, ada pula yang muncul karena elaborasi sponsored post atau konten entri untuk lomba. Dalam konteks apa pun, ngeblog rasanya memang masih strategis dibahas meskipun era masa kini didominasi oleh video atau konten-konten visual.

Kalau mau diringkas secara umum, kira-kira ada lima alasan kenapa ngeblog tetap menjadi aktivitas menarik dan belum bisa sepenuhnya digantikan oleh Youtube atau berbagai media sosial. Apa saja alasan ngeblog yang saya maksud? Nomor empat ngeri banget kan, BBC Mania?

Bikin sehat

Menulis di blog berbeda dengan menulis karangan ilmiah yang bikin kening berkerut karena data-data teknis atau laporan yang harus dikaji ulang. Memang untuk tema-tema tertentu, ada aturan yang tidak bisa kita langgar, namun secara umum di blog kita bisa menulis nyaris apa saja: curhat soal tetangga nyebelin, jatuh cinta, kantong kempes, ide serius soal lingkungan dan bahkan cita-cita besar untuk negara.

Apa pun temanya, blogging berpotensi mengondisikan pikiran kita untuk tetap sehat karena menulis menjadi terapi yang menyehatkan.

Bikin kaya

Ada banyak cara untuk memperoleh penghasilan, bahkan kekayaan, lewat blog. Bisa dengan memproduksi tulisan pesanan sponsor, ikut lomba bergengsi, atau mendaftarkan blog untuk dipasangi iklan.

Bikin cerdas

Tugas utama seorang bloger adalah mengunggah tulisan di blog. Namun untuk menghasilkan tulisan yang bergizi, kita butuh banyak membaca dan belajar. Bisa dengan membaca buku atau membaca tulisan bloger lain, juga menambah keterampilan penunjang seperti desain grafis dan creative writing. Banyaknya bacaan setidaknya akan membuat kita cerdas dalam menakar sebuah berita.


Bikin tahu diri

Ini yang paling saya suka dari blogging. Jumlah bloger di Indonesia banyak sekali, belum lagi jika ditambah bloger mancanegara. Besarnya kuantitas bloger menjanjikan potensi akumulasi konten yang jauh lebih besar.

Selain bertambah teman dari dalam maupun luar negeri, menjadi bloger juga bikin kita tahu diri. Beragamnya latar belakang bloger menyebabkan kita tak bisa asal dalam menanggapi sesuatu. Tak bisa merasa sok tahu. Sebaliknya, kita jadi tahu diri akan kekurangan. Walhasil, take ada alasan untuk menyombongkan diri.

Bikin gaul

Dua hari lalu saya ceritakan kepada seorang murid tentang betapa bangganya saya menjadi seorang bloger. Saya tak mendorongnya menjadi bloger juga, tetapi meyakinkan dirinya bahwa kemampuan menulis dibutuhkan untuk profesi apa pun.

Jadi bloger itu gaul. Gaul berarti lingkaran pertemanan yang luas, cara pandang yang luwes, dan punya gaya tersendiri sebagai sebuah profesi. Menjadi bloger berarti tahu perkembangan zaman dan paham akan tuntutan kemajuan.

Untuk apa BBC Mania ngeblog?

Advertisements

11 thoughts on “Ini Lima Alasan Ngeblog, Nomor Empat Nampol Banget

      1. Wah dulu pas ABG doyan baca, Mas. Setelah kuliah malah surut. Jaman internet belum “pervasive” seperti sekarang, Hai Klip jadi rujukan buat tahu lebih dalam artis mancanegara. Wah, nostalgia deh, diam-diam bawa majalah ke sekolah buat dibaca pas istirahat. Haha…

        Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s