Dapat 20 Juta Setahun dari Ngeblog, Sedikit atau Banyak?

Pendapatan ngeblog memang variatif. Sedikit atau banyak bisa sangat relatif. Bagi pelaku AdSense, angka 20 juta mungkin cukup diraih dalam beberapa bulan saja alih-alih setahun penuh seperti saya. Namun bagi saya yang menjadikan blogging sebagai bagian integral dalam hidup sejak memutuskan meninggalkan Bogor dan menetap di Lamongan, 20 jutaan sangat besar dan tentu sangat bermanfaat.

Pendapatan ngeblog memang variatif. Sedikit atau banyak bisa sangat relatif. Bagi pelaku AdSense, angka 20 juta mungkin cukup diraih dalam beberapa bulan saja alih-alih setahun penuh seperti saya. Namun bagi saya yang menjadikan blogging sebagai bagian integral dalam hidup sejak memutuskan meninggalkan Bogor dan menetap di Lamongan, 20 jutaan sangat besar dan tentu sangat bermanfaat.

penghasilan negblog

Keuntungan karena ngeblog

Selama menggeluti dunia blogging, yang saya mulai sejak 2012, banyak sekali manfaat atau keuntungan yang bisa saya petik. Keuntungan paling utama adalah bertambahnya sahabat atau jaringan pertemanan. Semakin hari semakin banyak kenalan dalam lingkaran sesama bloger. Bukan hanya berkat kunjungan balik melalui blogwalking, atau karena menang suatu lomba, lingkaran semakin meluas ketika mengikuti event seputar dunia maya. Acara semakin seru jika dihelat di luar kota karena teman menjadi beragam, baik latar budaya atau profesi.

Inilah hadiah terindah seorang bloger. Keuntungan immaterial itu sangat langgeng dan berdampak positif pada perkembangan jiwa. Tak ada yang lebih melegakan daripada menerima pesan pribadi dari pembaca berkat tulisan-tulisan yang kita unggah. Saya dua kali menerima japri mengenai postingan di blog ini, baik lewat email ataupun Twitter. Belum lagi jika tulisan kita bertengger di page one Google dan terus meraup view karena tulisan itu diburu pembaca yang membutuhkannya.

Keuntungan finansial

Keuntungan materiil atau finansial tak boleh dilupakan dari aktivitas mengeblog. Keuntungan sebesar 20 jutaan itu beragam asalnya, mulai dari sponsored post, hadiah lomba/kuis, hingga kampanye di media sosial. Meskipun dihelat di medsos, tak jarang pemberi keja mensyaratkan penulisan artikel di blog sehingga masih berhubungan dengan blogging.

Sponsored post bisa berupa content placement yaitu tulisan telah disediakan sehingga saya tinggal mengunggahnya dengan sedikit perubahan agar sesuai dengan gaya si bloger. Ada pula pesanan menulis artikel yang datang lewat email, yakni menulis sendiri dengan syarat dari pemberi order. Selain itu, ada event yang menuntut saya untuk menulis selepas acara berlangsung. Ini juga termasuk sponsored post.

Hadiah lomba tak kalah besar sumbangsihnya terhadap pemasukan blogging. Kadang berupa uang tunai, pulsa, saldo digital wallet, hingga barang elektronik yang bisa dilipat alias dijual kembali. Jika sering memenangkan gawai atau gadget, bisa dibayangkan nominal yang lumayan bisa dikumpulkan. Apalagi ada suatu lomba yang mengganjar pemenang utama dengan uang dan barang, yang jika ditotal mencapai 9 juta rupiah.

Campaign atau kampanye produk atau jasa lewat Twitter dan Instagram juga turut berkontribusi pada penghasilan dari dunia maya. Pekerjaannya relatif cepat tetapi harus fokus dan bertahan selama beberapa jam, kadang demi mengejar trending topic. Pembayaran pekerjaan lewat medsos biasanya relatif lebih cepat kendati nilainya tak selalu besar. Tapi lumayanlah buat bikin dapur terus berkepul, hehe.

21 juta kurang sekian

Akumulasi angka 20 jutaan (atau lebih tepatnya 20.950.000) merupakan pembukuan dari seluruh pendapatan tahun 2019 meskipun ada beberapa yang dicairkan tahun ini, yaitu proyek yang pembayarannya meleset sejak Desember. Brand seperti ini memang keterlaluan. Tugas menulis dan medsos sudah ditunaikan sesuai skedul, tetapi kewajiban bagi bloger tak juga dituntaskan.

Inilah sekelumit angka hasil ngeblog dari segi keuntungan finansial. Ini terinspirasi setelah membaca postingan Mbak Munasyaroh yang lupa tidak mencatat pendapatan ngeblog setahun lalu padahal ingin melihat rekam jejak finansialnya. Saya yakin angka 20 jutaan setahun tak seberapa dibanding bloger Jabodetabek yang lebih fantastis. Namun ngeblog bukan sekadar angka, baik statistik ataupun uang riil, melainkan kesanggupan untuk terus menulis dan berbagi.

Saya sendiri merasa bersyukur karena memang blog saya jadikan salah satu sumber pendapatan untuk meraup rezeki begitu saya menetap di kampung halaman. Saya syukuri juga kilas balik ngeblog setahun belakangan. Banyak alasan orang ngeblog, termasuk memanfaatkannya untuk mencari uang. Itu tak masalah.

Bagaimana dengan BBC Mania yang juga ngeblog? Adakah yang mencatat penghasilan dari blogging setahun silam?

41 Comments

  1. Thn 2019 to be honest bukan my best year, sih
    Banyaaakkk bgt cobaan/ujian/ azab (?) yg aku trima di thn itu.
    Dan dunia blogging yg menjadi ‘katarsis’ dari semua itu.

    TabarokAllah Kak :)) Semoga makin banyak pencapaian dunia-akherat di th 2020 ini, yeayyy!!!

    Like

    1. Alhamdulillah…banyak lho itu menurutku. Aku blm hitung karena masuknya kan dikitยฒ, dari Adsense blm bisa diambil. Dari lomba alhamdulillah. Engga sampai 1/4 dr 20…Hehe…
      Semangat terus ya Mas…

      Like

  2. menurut saya itu sudah banyak mas, saya juga ingin kedepannya bisa menghasilkan sebesar itu, paling tidak 1juta per bulan. tahun lalu saya berhasil ngumpulin 4 jutaan dari sposor n google adsense

    Like

  3. nilai segitu lumayan, kak. tapi terhitung sedikit. sebab untuk event pun, kakak lebih sering hadir dibanding saya. pun tulisan kakak lebih banyak, artinya lebih produktif.
    disyukuri saja, inshaAllah tahun ini pasti lebih banyak lagi.

    sama, saya pun dicatat tapi mulai tahun kemarin. begitu dicatat, saya sadar ternyata blogger yg tinggal di kota pinggiran seperti kita, penghasilannya lumayan juga ๐Ÿ˜†

    alhamdulillah…
    yuk kita makin semangat lagi!

    Like

  4. Baca ini pagi-pagi bikin semangat nih. Aku belum kepikiran catatin penghasilan ngeblog. Baru nyemplung. Cuma penting kayaknya ya. Hihi

    Semangat Mas Belalang. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    Like

  5. Aku termasuk yang nggak nyatet. Pas dapat uang langsung buat belanja -_- Seharusnya dicatat juga ya. Tapi, aku masih semangat nih ngumpulin adsense meskipun cuma 5ribuan/bulan. hahahha

    Like

  6. Ngeblog kalau serius bisa dapet banyak banget per bulannya.

    Asal konsisten (ini yang susah) dan punya niche yang spesifik, and be the best.

    Plus bersahabat dengan Google tentunya hahaha…

    Keep Blogging !

    Like

  7. Mantab betull, bener banget mas bukan hanya sekedar angka melainkan seberapa konsistenya kita untuk tetap menulis..

    Kira-kira kalau punyaku di jumlah dapet berapa ya… cobain ah!…

    Like

  8. Bagiku segitu itu ya banyak banget itu, Mas. Cuma kalau dicampur sama hadiah lomba masih kurang mentereng sih. Maksudnya, akan lebih oke lagi kalau 20 juta itu murni hasil dari fee posting blog tidak termasuk hadiah lomba (wong perhitungan serta perlakukan pajaknya juga beda sih, hihihi). Tapi, tetap saja nilai segitu dari sebuah blog adalah tambahan penghasilan yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

    Ajarin dong! ๐Ÿ˜€

    Like

  9. Alhamdulillah lumayan mas dapat 20 jutaan. Tahun lalu, alhamdulillah saya dapat pekerjaan lumayan banyak. Kalo diakumulasi lebih dari 50jt, semoga tahun ini bisa dapat lebih atau setidaknya sama dengan tahun lalu.
    Bismillah, semangat mas

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s