Pentingnya Memberikan Suplemen Zat Besi untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan makanan sehat yang mengandung multivitamin dan mineral tinggi dalam jumlah banyak. Kebutuhan ibu hamil bisa meningkat hingga 2 atau 3 kali porsi biasa karena ibu juga menyuplai kebutuhan janin di dalam rahimnya. Dengan vitamin dan mineral yang tercukupi, perkembangan janin bisa menjadi optimal. Sebaliknya jika kebutuhan tidak tercukupi maka akan terjadi masalah baik untuk ibu maupun perkembangan janin.

Sebagai satu contoh adalah kebutuhan akan zat besi oleh ibu hamil. Selama proses kehamilan, kebutuhan akan zat besi meningkat dengan drastis. Hal ini disebabkan karena zat besi sangat dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah yang baru. Sel darah merah baru dibutuhkan untuk membentuk jaringan yang baru sebagai proses perkembangan janin. Karenanya, jika janin mengalami kekurangan zat besi atau sel darah merah, ia akan mengambilnya dari ibu melalui plasenta. Akibatnya ibu bisa mengalami anemia yang menimbulkan gejala lemas, pucat hingga kurang bertenaga.

Kebutuhan akan zat besi tersebut bisa dipenuhi asalkan ibu hamil mengkonsumsi sayuran hijau sumber zat besi dalam jumlah banyak setiap harinya. Sayangnya tak semua ibu suka sayur dan mau memakannya dalam jumlah yang besar. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia dan kurangnya minat ibu untuk mengkonsumsi sayuran hijau tersebut membuat suplemen zat besi menjadi suplemen wajib yang harus diberikan pada ibu hamil setiap harinya.

Selain mengkonsumsi suplemen zat besi, ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumsi vitamin probiotik untuk menambah jumlah bakteri baik di dalam tubuh khususnya saluran pencernaan. Probiotik untuk kesehatan saluran cerna sangat baik untuk dikonsumsi setiap harinya sehingga aktif melakukan berbagai pencegahan agar tak terjadi masalah pada saluran cerna misalnya diare, sembelit dan sebagainya.

Untuk mendapatkan suplemen tersebut di atas Anda bisa membelinya di apotik. Namun agar mendapatkan dosis yang sesuai kebutuhan, maka sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kebidanan yang menangani kehamilan Anda. Dengan mengkonsumsi suplemen zat besi dan probiotik setiap harinya diharapkan ibu memiliki kesehatan tubuh yang optimal untuk menjadi inang janinnya dan kuat melakukan persalinan normal.

Advertisements

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s