Liburan Singkat di Bandung, Jangan Lupa Kunjungi Tempat Ini

Pesona Bandung sebagai kota wisata mungkin tak akan pernah habis dibahas atau diceritakan. Selain udaranya yang sejuk dan geliat kota yang terus meningkat, aneka atraksi wisata—baik kuliner ataupun alam—tak henti menyihir para pelancong untuk berdatangan dan menginap di banyak hotel terbaik di Bandung. Kunjungan kerja yang singkat atau liburan keluarga yang cukup panjang bukan halangan untuk menjajal berbagai destinasi menarik di Kota Kembang ini.

Saya yang dua bulan lalu berkunjung ke sana rasanya ingin kembali lagi karena belum puas mencicipi sajian kuliner di berbagai tempat yang memikat. Kenangan selama liburan singkat di sana beberapa waktu lalu tersimpan rapi dan ingin dilanjutkan dengan keping-keping pengalaman lainnya. Jika BBC Mania tengah merencanakan berlibur ke Bandung selepas lebaran nanti, tak ada salahnya melirik sejumlah lokasi berikut.

1. Trans Studio Bandung

Sebagai ikon baru wisata di Bandung, Trans Studio Bandung (TSB) sayang banget kalau dilewatkan. Ada 4 show besar yang sangat mengagumkan. Salah satunya pertunjukan sulap bertema Steam Punk di Trans City Theater dengan judul “It’s Magic”. Selanjutnya nikmatilah BEDROCK Circus yang ber-setting zaman batu. Sirkus ini menghadirkan atraksi akrobat Trampolin Wall, BEDROCK Clown, Bedrock Dance dan Fire Acrohoop. Dijamin terhibur deh kita! Bukan hanya tarian yang rancak, tapi juga aksi akrobatik yang menegangkan.

Ketiga ada Special Effect Action. Di sini kita bisa menyaksikan pembuatan film-film action dan merasakan sensasi yang menegangkan banget. Misalnya aksi stuntman yang melompat dari ketinggian 2 lantai, aksi terbakar hidup-hidup, tabrakan kendaraan dan ledakan, serta free style motor. Aksinya sebelum jam 12 siang loh, jadi jangan sampai ketinggalan. Sekitar pukul 4 sore biasanya dilangsungkan Magical Parade of Zoo Crew yang menutup rangkaian pertunjukan hari itu. Banyak banget tokoh binatang yang ikut parade, berjalan atau naik kendaraan penuh cahaya yang menampilkan Icon dari Trans Studio Bandung. Parade berakhir di Amphitheater di mana semua kru akan menari dengan riang lalu pengunjung bisa berfoto bersama.

2. Aroma Koffie Fabriek Bandung

Jangan mengaku pencinta kopi kalau belum pernah mengunjungi legenda kopi di Bandung ini. Bernama Aroma Koffie Fabriek Bandoeng, pabrik kopi yang telah hadir sejak tahun 1930 ini setiap hari selalu ramai oleh coffee aficionado atau penggemar kopi seantero Indonesia. Meski harus mengantre lebih dari setengah jam, bahkan berjam-jam di akhir pekan, mereka rela demi bisa menikmati harumnya kopi legendaris tersebut.

Aroma kopinya memang khas, apalagi yang rasa moka. Begitu diseduh dengan air panas, aromanya menguar dan menyergap untuk segera diseruput. Konon untuk menghasilkan kopi terbaik, biji kopi harus disimpan sekian tahun. Berada di jajaran ruko Jalan Banceuy No. 51, Braga, dijamin lebih nikmat kalau kita sesap langsung di tempatnya. Kalau ingin menginap di dekat lokasi ini, ada Crowne Plaza Bandung yang bisa dipertimbangkan sebagai salah satu hotel terbaik di Bandung. Ingat, Aroma Koffie tidak punya cabang, juga tidak menjual secara online, jadi orisinalitas citarasanya bisa dirasakan sendiri di toko tersebut.

Foto dari dqnds

3. Farmhouse, Lembang

Cari destinasi wisata beruansa alam? Tenang, Farmhouse jawabannya! Objek wisata yang berdiri sejak tahun 2015 ini terletak di Lembang dan menawarkan sejumlah spot ikonik dan memorable buat berfoto bersama atau swafoto (selfie). Dirancang dengan nuansa Eropa, tak jarang para pengunjung akan berfoto dengan busana Eropa yang bisa disewa di sana.

Bukan cuma itu, Farmhouse juga menawarkan deretan kuliner yang menggugah selera. Salah satunya nasi goreng yang disajikan dengan campuran susu kambing beserta olahan-olahan lain berbahan susu khas dataran tinggi Lembang. Mau selfie di depan Rumah Hobbit yang fenomenal itu? Atau mengunjungi kebun binatang mini buat anak-anak? Semua ada di Farmhouse. Nah, pulangnya wajib deh memborong Bolu Susu Lembang (BSL)yang legit banget dan cuma ada di Bandung.

Legitnya memang nagih!

4. Buku Bekas di Baltos

Lapar mata dan lidah sudah sedikit terpenuhi, saatnya memenuhi hasrat akan ilmu. Para pemburu buku bekas wajib mampir ke Baltos alias Balubung Town Square di Lantai 3 tempat BOOKS, sebuah pusat penjualan buku bekas impor yang menawarkan ratusan dan bahkan mungkin ribuan judul. Mal kecil ini berada di seberang Rektorat ITB jadi mudah dijangkau baik dengan angkot maupun ojek online. Jangan khawatir, di sini banyak juga tersedia gerai jajanan untuk mengganjal perut. Setelah itu, lanjutkan memborong buku sesuai minat dan hobi.

5. Warteg khas Sunda Ibu Imas

Setelah lelah berkeliling di Kota Bandung, saya sarankan untuk meluncur ke Warung Ibu Imas guna menyantap makan malam. Kedai ini berlokasi di Jalan Balong Gede, tak jauh dari Alun-Alun Bandung jadi wajar jika selalu ramai oleh serbuan penikmat kuliner lantaran gampang dituju. Makan siang atau makan malam tetap saja penuh oleh pelanggan yang berjubel. Aneka sajian khas Sunda seperti sayuran, daging, pepes ikan, daging gepuk, lalapan juga sambal khas Ibu Imas menunggu kita di sini. Usahakan untuk mencicipi karedok leunca pedas yang khas di warung ini.

Biar lebih spesial, pesanlah sop kikil yang tidak tercantum dalam daftar menu. Semangkuk panas sop kikil akan meredakan rasa lelah dan membuat kunjungan ke Bandung kian bersemangan juga penuh kenangan. Taburan bawang goreng dan potongan kikil lembut siap kita hajar. Tak perlu takut kehabisan karena ada beberapa Warung Ibu Imas di sepanjang jalan Balong Gede, yang salah satunya buka 24 jam! Mulai ngiler kan?

Puas berwisata alam dan kuliner akan makin lengkap dengan tidur yang nyaman. Jangan khawatir, hotel terbaik di Bandung cukup mudah ditemukan, bahkan sangat praktis karena bisa kita pesan melalui aplikasi atau website Traveloka. Tinggal seleksi tanggal check-in dan check-out, aplikasi akan menampilkan deretan hotel eksklusif beserta harga dan fasilitasnya. Dengan demikian, liburan akan semakin mengesankan sebab kita tak perlu repot mendatangi hotel lebih dahulu untuk memesan.

Di era serbacanggih seperti sekarang, memanfaatkan aplikasi atau Internet untuk mem-booking hotel sebagai tempat menginap saat liburan sudah menjadi keniscayaan. Bukan hanya mudah dan hemat waktu, tetapi juga sering kali hadir promosi atau tawaran menarik sehingga menghemat pengeluaran.

Kolam memesona buat renang sekeluarga di hotel mewah

Sisa uang bisa kita gunakan untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta dan sahabat di rumah. Berencana berlibur ke Bandung dalam waktu dekat? Segera susun itinerary ideal dan pesan hotel lewat penyedia tiket online.

26 thoughts on “Liburan Singkat di Bandung, Jangan Lupa Kunjungi Tempat Ini

  1. Waw, so happy waktu aku tinggal di bandung, sekarang tinggal di Depok nih, tapi Bandung selama 3 tahun takkan terlupakan. I love bandung very much with All destination and cullinary.

    Like

  2. Duh, baca ini jadi kangen Bandung… Dari semuanya, kulineran yg terakhir aja yg blm sempat kucicipi. Dan blm sempat main ke Fabriek Koffie Aroma. Tapi udah nyicip mah.

    Like

  3. Wah aku terakhir kali ke bandung itu tahun 2010 kalau nggak salah dan cuma sempat ke trans studio. Semoga aja nanti bisa ke bandung lagi buat mengunjungi tempat wisata lainnya

    Like

  4. Sudah lama banget saya enggak ke Bandung. Pastinya banyak banget tempat wisata yang kece yang wajib dikunjungi di sana. Farnhouse, Lembang itu memang kekinian banget ya. Kita yang berkunjung bisa menikmati spot-spot yang unik, dan bisa menikmati bolu keju yang legitnya selalu bikin nagih. Untung baca ini sudah bukan bulan puasa lagi, hahaha. Ngiler oey..

    Like

  5. Wah kopi fabriek tuh enak om… Saya dulu sering beli kopi ini, tapi via online hehehe… Mungkin nanti kalau main ke Bandung, nyobain beli langsung ke tokonya 😀

    Like

  6. Bandung selalu menyenangkan mas buatku, rasanya gak cukup berapa haripun utk menikmati kotanya, makasih sharingnya ya mas, aku pengen ke lembang tuh yg belum kesampaian kmrn hehehe

    Like

  7. Aku kapan ke Bandung yaa😣
    Belum keturutan sampai sekarang ke sana..
    Ke Farmhouse menarik tuh mas nuansa alam gitu dan Baltos.. berburu buku…huwahh… Jdi pgen ke sana😞

    Like

  8. Rumah kurcacinya menarik sekali. Ternyata yang saya liat selama ini di gambar ada di Bandung to. Tapi tentu saja perpustakaan tak kalah menarik, wisata memperkaya ilmu soalnya

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s