Rekreasi Solo Asyik dan Terjangkau

Fitri, sahabatku yang belum lama ini berkunjung ke Umbul Ponggok, Klaten, tak henti-hentinya menceritakan kekagumannya akan tempat itu. Bukan hanya sisi literasi yang maju, potensi wisata desa setempat pun dikelola dengan baik. Kota Solo bisa dibilang memang mirip Yogyakarta karena masing-masing punya kesamaan yaitu pemerintahannya di bawah keraton secara turun temurun. Namun, ada juga perbedaan dalam hal wisata alam dan buatan meski tujuannya sama yaitu menghibur para wisatawan yang penat akan pekerjaan sehari-hari. Beberapa destinasi berikut bisa dipertimbangkan sebagai tempat wisata di Solo yang murah dan strategis.

1 – Gunung Watu Kembar Sewu

Wisata alam yang menakjubkan dengan dua buah gunung yang berhimpitan ini disebut dengan Watu Sewu yang terletak di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Solo, Jawa Tengah. Hal paling menarik dari Watu Sewu ini adalah cara mendakinya yang melelahkan dan menantang adrenalin Anda. Tiket masuknya gratis dan cukup membayar jasa parkir saja sekitar Rp2.000 untuk roda dua. Rasa lelah yang luar biasa akan terbayarkan ketika Anda sudah mencapai puncak dan bisa melihat ke bawah untuk menikmati pemandangan keren dan indah.

2 – Hutan Pinus Ngargoyoso, Karanganyar

Hutan Pinus Ngargoyoso ini memang sangat rindang dan dingin sekali. Di dalamnya terdapat banyak rusa yang sengaja ditangkarkan agar tetap lestari keturunannya. Anda bisa mengunjungi hutan ini setiap waktu dengan tiket masuk sekitar Rp5.000 saja yang berlokasi di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Ada juga wahana outbond walaupun terbatas dan kegiatan menunggang kuda. Karena suasananya masih natural, di sini Anda akan merasakan seperti tinggal pada zaman dahulu.

3 – Telaga Biru

Telaga ini awalnya bukanlah asli telaga tetapi bekas tambang batuan kapur yang tidak terpakai dan lambat laun terkena cucuran air hujan. Air telaga ini memang berwarna biru sehingga disebut dengan telaga biru. Selain berwarna biru, terkadang pada waktu tertentu air di telaga ini juga berwarna hijau. Area sekitar telaga ini sangat berbeda dengan kondisi sungai pada umumnya karena bentukan batuan kapur yang tinggi membuat lapisan tanahnya terlihat jelas. Untuk masuk ke Telaga Biru, Anda cukup membayar Rp10.000. Lokasi wisata Telaga Biru adalah di Jalan Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah. Perbatasan Solo selatan dan Kabupaten Yogyakarta.

4 – Bendungan Colo

Ingin mencoba berfoto di aliran derasnya air? Datang saja ke Bendungan Colo yang ada di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Solo, Jawa Tengah. Bendungan ini merupakan bangunan penahan air yang sengaja dibuat untuk menanggulangi derasnya air hujan saat musim penghujan. Bukan hanya itu, bagi yang hobi memancing, ada area khusus memancing dan ikannya bisa dibeli dengan murah loh! Namun, ketika musim penghujan aliran debit airnya tinggi dan pengunjung tidak diperbolehkan untuk turun karena berpotensi bahaya.

5 – Pandawa Water World

Wahana bermain air yang mengasyikan ada di Pandawa Water World yang terletak di Jalan Cemara Raya Solo Baru, Gedangan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Solo, Jawa Tengah. Ada banyak wahana air yang beraneka ragam seperti lubang pipa renang yang khusus untuk anak-anak. Ada juga kawasan renang untuk orang dewasa dan kawasan dewasa dan anak. Untuk masuk ke Pandawa Water World Anda dapat membeli tiket dengan harga sekitar Rp80.000 di hari kerja dan Rp100.000 pada akhir pekan. Sensasi mendaki tangga dan masuk ke pipa berkelok-kelok yang cukup panjang yang akhirnya menemukan muara kolam yang besar akan Anda dapatkan disini.

6 – Umbul Ponggok, Klaten

Serunya berfoto di dalam air (Foto: umbulponggok.co.id)

Ingin melakukan foto selfie di dalam air? Kayaknya mustahil ya? Anda bisa melakukannya jika berkunjung ke Umbul Ponggok Klaten. Di dalam tempat wisata ini Anda akan menemukan kolam renang dengan sejumlah wahana kecil dan bisa dijadikan spot foto menarik. Anda akan ditemani dengan banyak ikan jinak ketika berfoto di bawah air sambil menaiki sepeda, vespa bahkan main laptop sambil duduk.

Kunjungi saja Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jika Anda dari Solo ingin ke Klaten, ambil arah barat dan masuk Kabupaten Klaten. Tetapi jika Anda bertolak dari arah Yogyakarta, maka ambil arah timur dan berbelok ke arah Kecamatan Polanharjo.

Ternyata banyak kan destinasi wisata menarik yang bisa BBC Mania temukan di Solo. Kalau pas ke Jawa Tengah dan banyak waktu, wajib deh mengunjungi tempat wisata di Solo dan sekitarnya dengan mengajak keluarga besar atau sahabat. Siap pelesiran?

Advertisements

10 thoughts on “Rekreasi Solo Asyik dan Terjangkau

  1. Aku tuh awalnya lebih demen ke Jogja, destinasi yg mainstream banget.
    Tapiiii sekarang kok aku lebih ‘nyanthol’ dgn Solo ya? Kotanya tenaaaanggg…..tdk grusa-grusu… pokoke aku pengin trip sekeluarga cuss ke Solo!

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s