Mau Botol Susu Bayi Bersih Sempurna? Begini Cara Membersihkannya

Tahukah Anda kalau botol susu bayi bisa menjadi sarang penyakit? Kalau tidak dibersihkan dengan sempurna maka kuman akan bersarang di sana dan bisa menyebabkan buah hati tersayang menderita berbagai penyakit. Untuk itu Anda perlu membersihkannya setiap usai dipakai dengan cara yang benar dan sabun khusus cuci botol yang tepat.

Bisa Pakai Tangan Atau Mesin Khusus

Dua teknik pencucian botol bayi bisa Anda pilih sesuai kondisi, yang pertama adalah cara manual menggunakan tangan atau yang kedua dengan memanfaatkan mesin khusus pencuci botol bayi. Untuk memaksimalkan pencucian, sebaiknya menggunakan sabun khusus agar botol dan perangkatnya kembali bersih sempurna dan bebas dari bakteri.

Dengan tangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan tangan Anda bersih, dengan mencuci tangan dan sela-sela tangan dengan sabun cuci tangan sekitar 20 detik kemudian bilas bersih di bawah air yang mengalir. Lalu siapkan sabun khusus botol bayi seperti sleek.

Selanjutnya lepaskan semua bagian botol mulai dari tutup, dot, penutup dot dan botol lalu rendam dengan air panas di dalam baskom khusus selama lima menit. Kemudian sikat semua bagian botol menggunakan sabun dan sikat khusus botol bayi agar semua kotoran terbuang.

Terakhir lakukan pembilasan semua bagian botol hingga benar-benar bersih dari sisa sabun sleek baby dan kotoran. Setelah itu keringkan menggunakan lap khusus dan simpan di tempat bersih. Sebelum digunakan kembali Anda harus melakukan proses sterilisasi dengan merendam semua bagian botol dalam air mendidih selama lima menit, kemudian keringkan dan botol sudah bisa dipakai.

Dengan mesin

Lakukan pemisahan semua bagian botol, lalu bilas dengan air mengalir dan rendam dalam air panas selama lima menit. Selanjutnya Anda bisa meletakkannya di dalam mesin pencuci botol bayi secara terpisah agar mesin bisa membersihkannya dengan baik.

Setelah selesai dicuci oleh mesin dan dibilas, saatnya Anda mengeringkan botol dan perangkatnya menggunakan kain bersih yang khusus untuk perangkat botol bayi. Dan botolpun bisa disimpan.

Jangan lupa untuk tetap melakukan sterilisasi botol dengan cara yang sama yaitu merendam semua bagian botol dalam air mendidih selama lima menit, kemudian keringkan kembali dan botol bisa digunakan.

Membersihkan botol bayi memang butuh usaha ekstra, apalagi jika akan digunakan oleh bayi prematur pada usia di bawah tiga bulan atau yang mengalami masalah daya tahan tubuh terbatas. Jadi jangan pernah mengabaikan kebersihan botol sebab akan sangat berpengaruh pada kesehatan bayi untuk jangka panjang.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s