Solusi Praktis Terjemahan Bahasa Inggris

Suatu malam seorang sahabat asal Semarang menjapri lewat WhatsApp dan meminta tolong agar saya membantunya menyelesaikan Terjemahan Bahasa Inggris dalam waktuyang relatif cepat.Karena hubungan kami cukup dekat layaknya saudara, saya pun menerima permintaannya meskipun saya tengah dikejar tenggat pekerjaan lain, yakni me-layout buku dan menulis untuk lomba blog.

Terjemahan bahasa Inggris yang dimaksud berasal dari makalah ilmiah ayahnya yang merupakan seorang dokter dan harus dipresentasikan dalam sebuah forum penting. Sebenarnya sahabatku ini mampu menerjemahkan bahan itu sendirian karena ia seorang dosen yang mengampu mata kuliah bahasa Inggris. Karena waktunya yang mepet, maka ia butuh partner untuk menuntaskannya.

SOLUSI TERJEMAHAN BAHASA INGGRIS  

Kejadian itu membuat saya menyadari bahwa proyek terjemahan bahasa Inggris ternyata masih banyak tersedia. Bukan hanya masih ada, tetapi tuntutan tenggat atau deadline-nya pun cenderung tergesa sehingga butuh penanganan yang cepat oleh praktisi yang berpengalaman. Saya pribadi beberapa kali menerima order terjemahan bahasa Inggris sehingga potensi ekonominya sangat menggiurkan.

Apalagi di era serbadigital saat ini, materi bacaan dalam bahasa Inggris tersebar luas di Internet, nyaris tak terbatas untuk ranah ilmu dan profesi apa pun. Demi meningkatkan kompetensi dan keterampilan profesional kita agar lebih kompetitif di era serbacepat, mengonsumsi materi berbahasa asing—terutama Inggris—bukan lagi pilihan, melainkan keharusan.

Sayangnya, tak semua orang mampu memahami bahasa Inggris dengan mudah dan gamblang. Mungkin sekarang kita menyesal kenapa dulu tak serius belajar bahasa Inggris sehingga kemampuan kita memahami teks Inggris payah dan tak bisa diandalkan untuk menunjang pekerjaan atau kemajuan profesional.

Tapi jangan dulu berkecil hati. Ketimbang mengutuk masa lalu dan menyalahkan diri sendiri, cobalah beberapa hal berikut jika kita mengalami kesulitan saat menghadapi terjemahan bahasa Inggris yang sulit. Intinya, jangan cepat menyerah karena banyak jalan yang bisa kita tempuh untuk mengatasinya.

1 – Gunakan mesin penerjemah

Salah satu cara termudah untuk mengatasi terjemahan bahasa Inggris adalah memanfaatkan mesin penerjemah yang tersedia secara cuma-cuma di Internet. Sebut saja Google Translate yang merupakan layanan mesin penerjemahan yang disediakan oleh rakasasa Internet Google. Asalkan jaringan Internet kita mumpuni, padanan kata atau kalimat akan muncul dalam bahasa yang kita kehendaki.

Sayangnya, situs mesin penerjemah atau aplikasi penerjemahan berbasis Android kebanyakan fokus pada kata atau frasa semata. Mereka akan kewalahan saat harus menghadapi frasa panjang nan rumit dan kalimat bertingkat yang melibatkan perasaan dan emosi. Rasa bahasa inilah yang tak bisa dilakukan oleh mesin atau aplikasi.

2 – Minta bantuan teman

Jalan lainnya, kita bisa meminta bantuan kepada teman yang jago berbahasa Inggris. Kelebihannya, kita sudah mengenal sosok dan kemampuannya dan tak canggung meminta tolong. Akan tetapi, masalahnya biasanya berkisar pada dua hal: soal fee dan deadline.

Karena teman sendiri, tak jarang kita jadi gamang membicarakan nominal upah yang layak. Kalu terlalu kecil, khawatir menyakiti atau menzalimi. Kalau terlalu besar, kita khawatir tak bisa membayar. Belum lagi kalau kemampuannya tak sebagus upah yang diminta.

Problem kedua, kita tak bisa mengejar-ngejar dia kalau terjemahan bahasa Inggris perlu dikerjakan dengan segera. Sudah harga teman, minta cepat pula, apa kata dunia? Mau ditekan, kok sungkan—sementara kalau begitu saja dibebaskan, kita terbentur dengan tugas yang harus segera diselesaikan.

3 – Sewa penerjemah profesional

Solusi ketiga yang layak dicoba dan paling masuk akal adalah mencari bantuan dari kalangan profesional. Para penerjemah dengan jam terbang tinggi banyak sekali bertebaran di Internet. Terjemahan bahasa Inggris sudah jadi santapan mereka sehari-hari sehingga mutu terjemahan terjamin dan waktu pengerjaan bisa dikendalikan.

Kini telah bermunculan platform freelance profesional di dunia maya yang menghimpun orang-orang kompeten di bidangnya dalam satu wadah yang komplet. Sebut saja Fastwork, situs penyedia jasa freelance asal Thailand yang telah mengembangkan sayapnya ke Indonesia. Bukan hanya individu yang terbantu, para pelaku bisnis pun dapat memanfaatkan Fastwork untuk memperoleh bantuan freelancer secara cepat, antiribet dan terutama hemat biaya.

terjemahan bahasa Inggris

Tiga alasan

Layanan yang Fastwork tawarkan sangat komplet, mulai dari penulisan, desain grafis, pemasaran, pengembangan web, konsultasi, dan tentu saja penerjemahan. Menggunakan Fastwork untuk urusan terjemahan bahasa Inggris punya banyak keuntungan. Pertama, Fastwork punya himpunan penerjemah yang banyak. Kita bisa menyeleksi mana penerjemah yang paling kita minati. Tersedianya banyak penerjemah memberi kita pilihan untuk meminang yang paling sesuai. Kedua, Fastwork punya fitur yang lengkap. Selain menyeleksi berdasarkan durasi pengerjaan, which is sangat bagus untuk proyek yang butuh cepat kelar, kita juga bisa menentukan penerjemah menurut ulasan yang pernah diberikan oleh klien sebelumnya.

Dengan demikian, kita enggak akan beli kucing dalam karung. Fitur lainnya adalah dicantumkannya informasi mengenai kuotasi atau biaya penerjemahan. Bukan hanya itu, adanya pilihan area tempat tinggal freelancer sangat memudahkan untuk menyesuaikan preferensi kita guna memudahkan eksekusi kerja.

Ketiga, Fastwork aman. Proses pencarian tenaga freelancer, termasuk penerjemah, memang sepenuhnya hak kita. Kita bisa menghubungi maksimal 10 freelancer jika yang lain tidak menanggapi atau tak cocok harga. Sistem Fastwork mencegah kita untuk tidak bisa bertukar nomor kontak atau email dengan freelancer demi menjaga kelancaran kerja. Setelah pembayaran kita tunaikan, barulah bisa bertukar nomor kontak.

Bahkan ketika pekerjaan telah selesai pun, Fastwork menjaga keamanan uang kita. Sebelum kita benar-benar puas dengan hasil pekerjaan freelancer, uang akan ditahan oleh sistem. Termasuk jika ada revisi yang kita kehendaki. Kita bahkan diperbolehkan menggugat jika freelancer melanggar kontrak kerja yang disepakati.

Kelebihan Fastwork berikutnya adalah pilihan pembayaran yang fleksibel, bisa melalui transfer bank atau kartu kredit. Keleluasaan ini makin memudahkan kita untuk menghargai pekerjaan orang dengan cepat tanpa merepotkan diri sendiri. Fastwork sungguh mengerti kepuasan pelanggan, juga menyenangkan freelancer.

Dengan begitu banyak fitur unggulnya, Fastwork adalah solusi praktis terjemahan. Jadi kalian tak perlu lagi bingung untuk mencari penerjemah freelance yang sesuai. Caranya mudah, tinggal daftar dan ikuti alur di atas. Dan ingat, bukan hanya cari freelancer loh di sini. Cek juga aplikasinya di Play Store atau App Store.

Kalau kita mumpuni dalam kategori yang sesuai dan ingin meraup panen rezeki, segeralah bergabung di https://fastwork.id/translation/inggris karena kerja freelance atau kerja online kini makin cepat dan antiribet berkat kehadiran Fastwork, platform freelance terbesar di Asisa Tenggara. Cari pekerja freelance, Fastwork solusinya!

2 Comments

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s