Jangan Sembarangan Bertindak Pada Korban Luka Tusuk!

Salah satu jenis luka yang sering dialami siapa saja adalah luka tusuk, termasuk saya saat membagikan nasi di NBC setiap Jumat pagi. Nasi bungkusnya masih diamankan dengan stapler yang entah kenapa sering menusuk jari saya. Luka tertusuk seperti itu, atau karena duri, paku, hingga benda tajam lainnya kadang terjadi.

Untuk penanganannya tidak boleh sembarangan, apalagi jika terjadi pada area organ penting tubuh. Berikut ini tindakan yang harus dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan luka tusuk tersebut.

Dari Pembersihan Hingga Memberi Oksigen

Dilihat dari tingkat keparahan luka tusuk, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa korban luka ke rumah sakit. Hal ini merupakan upaya meminimalisasi komplikasi dan kondisi lebih parah yang bisa saja dialami oleh korban. Mulai dari membersihkan luka dan memberi obat atau produk promo obat luka tidak lengket di kasa hingga memberi oksigen tambahan.

Luka Tusuk Ringan

Luka tusuk yang masuk kategori ringan di antaranya tertusuk jarum atau tertusuk paku pada area tubuh seperti tangan atau kaki. Biasanya darah yang keluar tidak terlalu banyak sehingga tindakan yang dilakukan bisa dengan cara membersihkan area luka dengan air mengalir, lalu cabut jarum atau paku yang menyebabkan luka.

Kemudian lanjutkan dengan menekan area luka menggunakan kain bersih hingga darah berhenti. Lalu Anda bisa memberikan obat luka setelahnya agar proses penyembuhan luka bisa lebih cepat. Usahakan meletakkan area luka lebih tinggi dari bagian badan lainnya agar darah tak kembali mengalir.

Luka Tusuk Sedang

Jenis luka ini bisa ditangani terlebih dahulu dengan membersihkan area luka, jika tusukan benda cukup dalam, jangan mencabut benda tajam, tetapi usahakan saja menghentikan pendarahan dan upayakan agar korban beristirahat dengan posisi yang nyaman sehingga darah tidak terus-menerus mengalir, dan korban tidak panik atau pingsan.

Luka Tusuk Berat

Tindakan yang bisa dilakukan adalah menekan area di sekitar luka agar darah tidak mengalir lagi, kemudian baringkan atau dudukkan korban dengan posisi bersandar. Jika darah yang keluar cukup banyak, Anda bisa memberikan oksigen tambahan dengan mengangkat kaki, dan memberinya udara segar melalui kipas atau benda yang bisa menghasilkan angin.

Pada kondisi ini, Anda harus segera minta pertolongan medis agar korban tidak semakin lemas akibat luka yang dideritanya. Yang perlu diingat adalah tak perlu membersihkan luka apalagi mencabut benda tajam jika masih menempel, biarkan itu dilakukan oleh tenaga profesional  karena hanya mereka yang tahu cara merawat luka yang benar sesuai tingkat keparahan.

Dengan melakukan tindakan yang benar pada korban luka tusuk, Anda setidaknya mengurangi potensi bahaya hingga komplikasi yang bisa saja terjadi. Karena luka jenis ini sangat rentan berdampak buruk pada tubuh korban apalagi jika posisi luka terletak pada orgam pentingnya.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s