Mudahnya Hidup Sehat dengan SehatQ.com

Walau sudah berlangsung nyaris 15 tahun lalu, kejadian di Semarang pagi itu tak mungkin kulupakan. Hari Minggu kira-kira pukul setengah 6 pagi saya mengaduh kesakitan dan meminta office boy untuk memanggilkan taksi atau ambulans agar membawaku ke rumah sakit terdekat. Sabtu sebelumnya saya memang menginap di kantor tempatku mengajar.

Karena tak ada taksi atau ambulans yang bisa meluncur ke dalam kompleks, aku pun dibawa ke klinik sebelah kantor untuk diperiksa. Sambil menahan rasa sakit yang luar biasa di bagian pinggang—sampai saya kelojotan—dokter menginformasikan ia tak berani melakukan injeksi. Untunglah seorang ibu yang kukenal di sebuh komunitas mengenaliku dan segera memacu mobilnya menuju RS Panti Wilasa di bilangan Citarum.

Penanganan di rumah sakit itu sangat cepat sehingga rasa sakit reda seketika, sampai keluarga besar dari Lamongan tiba malam harinya. Sungguh pengalaman tak terduga meskipun tak mengenakkan. Tak pernah ada keluhan sebelumnya selain gejala sering pipis yang menurut dokter akibat infeksi saluran kemih. Paling cuma sensasi panas biasa kalau pas kambuh, tak lebih. Sejak saat itu asupan air minum tak bisa ditawar lagi, ditamabah olahraga ringan.

Mengingat pengalaman sebagai anak kos yang jauh dari orangtua sungguh berwarna, untuk tak mengatakan menderita. Memang penuh tantangan, apalagi saat kita sakit. Tiga tahun sebelumnya saya pernah kena gejala DB dan dirawat di rumah seorang teman. Selain merepotkan tuan rumah, kami juga kerepotan karena harus mendatangi dokter untuk sekadar tanya ini itu. Untunglah semua sekarang sudah berlalu.

SehatQ, solusi kesehatan masa kini

Jadi anak kos atau pekerja perantauan kini tak perlu khawatir saat mengalami gangguan kesehatan. Kecanggihan teknologi telah mengubah pola mengakses informasi. Manfaatkan sehatq.com yakni aplikasi dan portal yang memungkinkan kita mendapatkan informasi kesehatan juga melakukan booking dokter sesuai preferensi pribadi. Tinggal cari rumah sakit yang kita inginkan, lalu pilih dokter langganan.

Melalui fitur booking dokter, kita bisa menghemat waktu dengan membuat janji konsultasi dengan dokter yang kita kehendaki pada saat kita sedang sibuk di kantor. Pekerjaan utama tetap terlaksana, janji untuk ketemu pun terjaga. Tak perlu khawatir mengantre karena sudah terlebih dahulu mem-booking layanan. Bukan hanya itu, SehatQ punya fitur yang sangat unik dan istimewa yaitu Chat Dokter yang memberi kesempatan bagi kita untuk bertanya apa saja dengan dokter SehatQ secara cuma-cuma alias gratis.

Pengalaman saya sebagai anak kos yang minim uang saku bisa disiasati dengan memanfaatkan fitur Chat Dokter ini. Tanpa perlu meninggalkan rumah atau tempat kerja, kita bisa berhemat dan tetap memantau kondisi kesehatan kita, terutama saat gejala-gejala tertentu muncul. Bayangkan momen ketika anak atau keponakan kita sakit lalu kita butuh konsultasi. Bertanya pada Google mungkin jadi opsi, tapi harus berhati-hati karena bisa salah. Maka bertanya pada dokter adalah pilihan tepat.

Apalagi jika harus mendapat penangan khusus seperti saya yang pernah dirawat di rumah sakit di Semarang belasan tahun silam. Kepakaran seorang dokter akan menjadi sumber daya tak ternilai untuk memberi kita pandangan medis atau referensi kesehatan yang memadai. Bukan cuma rumah sakit di Semarang, kita juga dapat mengakses rumah sakit di kota-kota lain yang dekat dengan tempat tinggal kita. Tinggal instal aplikasi SehatQ lalu cari sesuai kebutuhan. Praktis kan?

Inilah tips sehatku

Lebih dari itu, kemudahan semacam itu tentu bukan alasan bagi kita untuk hidup sembrono, terutama dalam menjaga kesehatan. Mentang-mentang akses pada informasi dan konsultasi begitu gampang, kita tak lantas mengabaikan penjagaan diri melalui serangkaian upaya aktif agar kesehatan tetap bertahan. Berikut beberapa kiat hidup sehatku yang bisa dicoba dengan dukungan materi dari SehatQ.

1 – Gizi seimbang

Asupan makanan yang bergizi tak bisa ditawar-tawar lagi. Ini modal bagi kita untuk menyuplai nutrisi bagi tubuh agar tetap bugar dan tak gampang sakit. Selain air putih sesuai porsi yang proporsional, harus ada konsumsi buah, protein, dan sayur yang ditakar secara seimbang .

2 – Olahraga teratur

Kalau ditanya apa kiat hidup sehat paling sederhana, mungkin adalah olahraga. Namun olahraga juga menjadi salah satu tips hidup sehat yang paling sering diingkari atau ditinggalkan oleh masyarakat modern. Kendati terkesan sederhana, berolahraga  secara rutin menjadi PR yang sulit dijaga. Padahal raga yang bugar akan mendongkrak kinerja otak dan aktivitas fisik.

3 – Kendalikan stres

Mengendalikan stres harus masuk sebagai prioritas. Percuma berolahraga dan makan makanan bergizi tetapi stres kita biarkan mengambil alih kehidupan kita sehari-hari. Memang persaingan hidup di abad serbadigital semakin sengit, tak heran jika pikiran terforsir untuk mengikutinya. Coba kendalikan stres dengan jeda sejenak dalam bentuk rekreasi ke objek wisata terdekat bersama keluarga, atau berenang, dan bahkan sekadar membaca buku atau nonton film sesuai minat.

4 – Manajemen waktu

Agar tubuh bisa bermanfaat sesuai fungsinya, aturlah waktu melalui manajemen yang masuk akal. Manajemen waktu akan memudahkan kita melakukan setiap pekerjaan sesuai skala prioritas. Skala prioritas yang terlaksana akan berdampak pada produktivitas.

5 – Kegiatan sosial

Tak bosan saya tuliskan bahwa terlibat dalam aneka kegiatan sosial punya manfaat unik bagi kesehatan badan dan jiwa. Melakukan aktivitas amal akan mendorong kita untuk lebih banyak bersyukur sehingga pikiran terangsang untuk berpikir positif. Hati tenteram dan badan ikut menjadi bugar. Tentu harus diselingi olahraga secara rutin.

6 – Dukungan sistem

Sekian kiat di atas akan semakin solid jika kita dukung dengan sistem yang andal. Bisa berupa pasangan atau sahabat untuk mengingatkan, tetapi bisa juga berarti sistem eksternal yang memadai seperti SehatQ sebagai aplikasi dan portal yang membantu kita terus on-track dalam menjaga kesehatan, baik lewat tips jitu menjaga kesehatan maupun lewat penanganan dan perawatan yang bisa kita akses lewat SehatQ.com.

Saatnya hidup sehat agar mencari rezeki semakin semangat. Hidup sehat ternyata semakin mudah berkat kehadiran aplikasi yang tersedia di gawai. Tak ada alasan untuk malas bergerak, baik bekerja atau menolong orang lain, dan terutama menjalankan kiat-kiat sehat tadi.

5 Comments

  1. Ini aplikasi membantu banget. Konsultasi gratis lewat fitur Chat Dokter yang paling kusukai. Bisa konsultasi gratis selama maksimal 30 menit lewat aplikasi, sangat membantu. Yang bales dokter beneran pula, bukan bot. Emang keren.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s