Tanya Dokter THT Tentang Cara Alami Redakan Gejala Sinusitis

Teman saya seorang traveler tak jarang mengeluhkan sinusitis yang dideritanya. Ya bisa dipahamii karena sinusitis bisa mengurangi konsentrasi saat menulis apalagi saat menikmati aneka pemandangan alam dan fokus untuk membidik foto-foto yang menawan.

Sinusitis merupakan salah satu masalah kesehatan yang rentan atau sering dialami oleh masyarakat. Ini merupakan sebuah kondisi peradangan yang terjadi pada bagian dinding sinus, yaitu sebuah rongga kecil yang menghubungkan antara saluran udara yang ada di dalam tengkorak. Letaknya ada di bagian belakang dari tulang dahi dan ada di belakang mata. Bagian yang satu ini biasanya akan menghasilkan lendir secara alami untuk menyaring dan juga membersihkan bakteri hingga partikel-partikel lainnya yang masuk ke dalam hidung dan membantu mengendalikan suhu udara yang masuk ke paru-paru.

Sumber foto: motherjones dotcom

Jangan remehkan

Ketika terjadi peradangan semacam ini, penderitanya akan mengalami kesulitan bernapas secara normal, bahkan juga sering mengeluarkan ingus, tanya dokter THT bagaimana alternatif pengobatannya. Biasanya kondisi sinusitis ini tak semuanya membahayakan, misalnya adakah yang sifatnya kambuhan saja, maka akan terjadi selama beberapa kali dalam setahun. Kemudian ada juga yang akut berlangsung antara 2 hingga 4 minggu, tetapi bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun jika sudah memasuki fase sinusitis kronis, inilah yang berbahaya karena bisa terjadi selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun tanpa bisa sembuh. Biasanya mereka yang mengalami sinusitis ini akan merasakan pembengkakan yang ada di area sekitar mata, diikuti rasa nyeri di area belakang wajah sampai dengan perubahan warna pada lendir atau ingus menjadi kuning sampai dengan kehijauan.

Terapi sendiri

Jika kondisi sinusitis yang Anda alami masih terbilang ringan, maka tidak perlu ke dokter karena ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antaranya:

  1. Menggunakan jahe; memang bukan sebuah rahasia lagi bahwa bumbu dapur yang satu ini dikenal kaya manfaat. Jahe memang dapat mengatasi beragam jenis masalah kesehatan, tak terkecuali sinusitis. Apalagi dengan sifatnya yang antiinflamasi sehingga dapat mengurangi terjadinya peradangan yang ada di bagian hidung. Langkah pemakaiannya juga sangat mudah, yaitu cukup dengan membuat wedang jahe saja dan dikonsumsi secara teratur.
  2. Minum banyak air putih; mencukupi kebutuhan cairan tubuh nyatanya juga jadi kunci penting untuk meredakan gejala sinusitis. Nantinya lendir atau ingus yang menyumbat hidung jadi bisa lebih mudah dikeluarkan. Perbanyaklah minum air putih dan jus sambil menghindari konsumsi minuman beralkohol maupun kafein yang justru bisa semakin memperparah kondisi sinusitis.
  3. Konsumsi nanas; buah yang satu ini mengandung banyak senyawa bermanfaat, antara lain bromelain dan protein yang berguna untuk meredakan terjadinya pembengkakan pada saluran pernapasan tersebut. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atu dengan menjadikannya sebagai jus agar lebih segar.
  4. Gunakan uap air hangat; menghirup uap air hangat paling tidak akan membuat hidung Anda menjadi sedikit lebih lega dibandingkan sebelumnya. Gunakan mangkuk yang sudah diisi dengan air panas, kemudian hirup uapnya.
  5. Memakai obat tetes hidung; ada banyak sekali obat tetes hidung steroid yang dijual di pasaran. Anda bisa memakainya sebagai bahan untuk meredakan gejala dari sinusitis. Cara pemakaiannya pun mudah, yaitu cukup dengan disemprotkan ke area hidung. Hanya saja obat yang satu ini harus didapatkan dengan resep dokter.

Itulah setidaknya beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sinusitis. Jika terjadi masalah yang lebih serius, coba tanya dokter THT sehingga Anda bisa melakukan konsultasi mudah secara online lewat aplikasi Halodoc. Cuaca yang ekstrem seperti sekarang bisa saja memicu kondisi yang tidak diinginkan. Jaga kesehatan ya BBC Mania!

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s