5 Aktivitas Pengusir Kantuk di Pagi Hari

SETIAP PAGI selalu ada godaan untuk tidur lagi. Badan kadang terasa masih lelah akibat beraktivitas pada hari sebelumnya sehingga menuntut mata untuk dipejamkan lagi. Kadang tak benar-benar tidur merem, tapi sekadar menyelonjorkan kaki dan menenangkan pikiran. Namun kalau dibiarkan, seringkali malah tertidur betulan, dan itu kontraproduktif. Badan malah pegal dan pikiran tambah spaning. Menuliskan aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengusir kantuk mungkin bisa mengingatkan saya pribadi untuk tak tergiur molor di kasur.      

Menulis

Selepas Subuhan, yang paling sering saya lakukan adalah membuka laptop dan mulai menulis. Pikiran masih jernih dan belum terbebani oleh banyak hal. Mulai melihat draft tulisan yang bisa dituntaskan. Entah bahan untuk diunggah di blog sendiri ataupun web content untuk dikirim kepada klien. Mengelola beberapa blog sekaligus lumayan asyik, dalam kadar tertentu, sebab bisa memilah mana materi yang cocok untuk blog satu dan mana untuk blog lainnya.

Menulis di pagi hari juga masih bebas gangguan. Anak-anak selepas Subuhan biasanya baca buku atau main lego sehingga tidak ingin membajak laptop untuk dipakai. Paling mentok mereka minta diputarkan video musik kesukaan yang bisa didengarkan sembari bermain di saung. Menulis selepas jam 5 juga sering memanfaatkan kuota gratisan dari Indosat sehingga menulisnya kudu bergegas. Mikir betul-betul sampai enggak mengantuk.

Mengaji

Walau tak sering saya kerjakan, mengaji bisa jadi solusi untuk menghindari serangan kantuk di pagi hari. Meneruskan ayat yang sudah dibaca hari-hari sebelumnya atau membaca surah baru secara random cukup ampuh untuk menahan agar saya tidak beranjak ke kasur. Kalau masih mengantuk, paling rebahan sejenak di alas rotan depan TV tapi sejenak saja. Kalau pas semangat, bisa mengaji sekian halaman sekaligus. Pikiran segar, badan ikut bugar.

Berolahraga

Olahraga juga bikin badan bugar. Okelah, bukan olahraga yang ekstrem atau high impact yang melelahkan. Biasanya bermain bulu tangkis bareng anak-anak atau tetangga sebelah (sebelum ada corona), atau bersepeda dalam jarak dekat. Yang penting ada gerakan aktif yang disengaja agar mata tak tergoda untuk menutup dalam tidur dan mendengkur. Kalau anak-anak biasanya bermain bola di depan rumah. Namun yang sulit adalah konsistensi—inilah PR segala hobi.

Bercocok tanam

Hobi kami belakangan adalah bercocok tanam, jurus yang ternyata ampuh untuk mengusir kantuk. Bukan menanam tumbuhan besar atau serius seperti para petani yang mulia, melainkan tanaman sederhana seperti bunga dan sayur yang mudah ditanam. Yang paling banyak tumbuh di halaman rumah tentu saja bunga telang. Kami tanam di tiga pot yang menempel di pagar, lalu di pot-pot kecil depan saung, juga di petak tanah sempit di belakang saung. Selain itu, ada cabai dan pepaya. Sekarang mau menanam okra, semoga bisa.

Mencuci

Dulu saya senang sekali menyeterika, waktu masih jomblo alias belum menikah. Sampai anak-anak didik menjuluki saya Ironman alias tukang seterika. Setelah menikah, urusan menyeterika masuk job desc Bunda Xi, hehe. Entahlah saya malah lebih menikmati mencuci baju dan mencuci piring. Mencuci baju memang berat karena kami kerjakan secara manual tanpa mesin cuci. Namun tetap ada kepuasan ketika baju-baju sudah bersih dan siap dijemur.

Mencuci piring apalagi, rasanya menawarkan kenikmatan tersendiri. Melihat piring kotor menjadi bersih setelah digosok dengan sabut dan sabun sungguh menyejukkan. Ditambah kucuran air bersih dari keran yang mengalir lancar, ada kesegaran dan kepuasan yang unik. Ya, itulah basah-basahan yang bisa dinikmati. Mungkin klangenan karena sudah lama tak bisa berenang di kolam.

Kiat atau cara mengusir kantuk pagi tentulah banyak sekali. Lima jurus yang saya sebutkan hanya segelintir dari sekian banyak yang orang ketahui. Membaca buku sebenarnya bisa ditempuh, tapi kadang malah bikin mata mengatup. Apa pun cara atau kiatnya, satu hal yang pasti: tidur bakda Subuhan atau menjelang matahari terbit sungguh tak bagus. Merugikan badan dan pikiran. Bagaimana dengan BBC Mania, apa yang Anda lakukan buat menunda kantuk di pagi hari?

16 Comments

  1. Sepakat, godaan untuk kembali tidur di pagi hari agaknya selalu ada ya, harus kuat iman tahan godaan 😂
    Terima kasih sudah berbagi tipsnya, Kak.

    Like

  2. Cuci piring bisa dibilang hobi saya, ga tau kenapa rasanya therapeutik. Sambil dengerin musik makin enak, dan dari sini justru sering dapet inspirasi.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s