Awas File atau Folder Dicuri Orang! Pakai Cara Mengunci Folder untuk Mencegahnya

Kasus file atau folder dicuri orang sih belum pernah, tapi itu bukan alasan untuk tidak memproteksi folder dalam komputer. Masalah yang sering saya alami adalah kacaunya folder dan bahkan terhapusnya file-file penting akibat dimainkan si kecil. Kalau sudah begini, mengunci folder harus jadi prioritas guna mencegah pencurian atau amburadulnya file yang tak diinginkan.

Sumber gambar: freepik.com

Begitulah pengalaman saya pribadi. Sebab setiap orang yang bekerja dengan menggunakan komputer pasti memiliki banyak file yang disimpan, baik di flashdisk maupun yang dikirim melalui hardisk. Ada file-file tertentu yang pasti perlu diamankan sehingga tidak semua orang dapat membuka dan mengaksesnya. File-file khusus tersebut perlu dikunci dengan cara yang khusus.

Penguncian terhadap file-file yang ada menjadi semakin urgen saat komputer yang dipakai adalah milik kantor. Akan menjadi sangat berbahaya bila tidak kamu kunci, sehingga kamu bisa pakai beberapa cara mengunci folder yang nantinya akan dibahas. Kamu bisa saja memberikan password terhadap folder yang tidak ingin dibuka oleh orang lain.

Tujuan Penguncian Folder

Melakukan penguncian folder dilakukan dengan ada banyak tujuan. Beberapa tujuan tersebut diantaranya:

  • Menyimpan data-data pribadi yang mana sangat penting.
  • Menghindari terjadinya pemakaian fie oleh tujuan yang salah.
  • Mencegah pencurian data oleh orang yang tidak berwenang terhadap file tersebut.
  • Memberikan hak pengaksesan terhadap orang yang memiliki kepentingan saja.

Beberapa Cara Mengunci Folder

Ada banyak sekali cara yang dapat kamu terapkan guna mengamankan file yang perlu dijaga kerahasiaannya. Beberapa cara yang dapat digunakan dalam mengunci folder bisa kamu lihat di bawah ini.

1 | Folder Lock Free

Cara mengunci folder yang pertama adalah menggunakan Folder Lock Free yang mana bisa memberikan password terhadap file yang ada di USB, DVD, CD, maupun hardisk. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang satu ini guna melindungi akun Facebook maupun Gmail miliki kamu.

Folder Lock Free tersebut dapat membantu kamu dengan menggunakan teknik enkripsi yang aman. Setidaknya kamu akan diberikan kesempatan trial selama 30 hari menggunakan aplikasi tersebut. Setelah masa berlaku trial selesai kamu bisa berlangganan dengan harga $39,95. Kamu akan dapat menggunakan aplikasi ini pada sistem operasi Windows 8. 7, 2000, maupun XP.

2 | Smallpdf

Sumber gambar: dokumen pribadi

Penguncian folder yang berikutnya dapat dilakukan dengan menggunakan Smallpdf yang merupakan situs penguncian online. Dengan menggunakan teknik penguncian khusus PDF ini, file PDF yang dikunci tidak akan bisa dihapus oleh orang yang tidak mengerti password-nya. Layanan penguncian file PDF ini bisa kamu akses secara gratis.

Beberapa platform yang didukung oleh situs ini adalah Mac, Windows, dan Linux. Metode penguncian yang digunakan adalah menggunakan metode enkripsi yang memungkinkan pengamanan secara maksimal. Sebagai sebuah saran, situs ini memberikan arahan untuk memberikan password yang bukan berupa kata-kata, melainkan huruf acak kombinasi angka.

Baca juga : Hosting Indonesia no 1

3 | Protected Folder

Perlindungan terhadap folder bisa dilakukan dengan menggunakan Protected Folder. Ada beberapa perbedaan yang sedikit dibandingkan dengan aplikasi yang serupa. Kamu bisa melakukan drag dan drop file masuk ke dalam kotak pengamanan. Kemudian, kotak tersebut akan mengamankan file maupun folder dan menyembunyikannya, sehingga tidak bisa diakses orang lain.

File tersebut tidak bisa diubah bagian isinya dan hanya sang pemilik file yang dapat mengubahnya. Aplikasi tersebut kompatibel untuk sistem operasi Windows 7 dan 8 saja. Kamu yang berminat perlu berlangganan setiap tahun hanya sebesar $39 saja.

4 | Windmend Folder Hidden

Aplikasi lain yang bisa dipakai untuk mengamankan dan menyembunyikan file maupun folder adalah Windmend Folder Hidden. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan penggunanya dapat menambahkan password sesuai keperluan. Aplikasi yang sederhana ini bisa kamu gunakan untuk mengamankan file maupun folder yang terdapat dalam PC di rumah.

Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan secara gratis alias tidak perlu membayar biaya langganan. Penggunaan aplikasi ini hanya kompatibel pada Windows 7, 8, dan juga Vista.

5 | Easy File Locker

Mengunci file dan folder yang berikutnya bisa memakai software yang free dengan nama Easy File Locker. Kamu akan dapat mengamankan file maupun folder dengan menggunakan aplikasi ini. Pengguna lain yang tidak mengerti passwordnya tidak akan bisa membuka, membaca, menghapus, maupun memindahkan file atau folder kamu.

Aplikasi ini sangat highly recommended dipakai dalam mengamankan file maupun folder yang ada di hardisk kantor. Aplikasi ini juga ringan, sehingga tidak akan berpengaruh terhadap kecepatan sistem komputer yang dipakai.

6 | SecretFolder

Software yang berfungsi sebagai pengunci folder pada laptop maupun komputer adalah SecretFolder. Tampilan User interface dari software ini sangat sederhana dan orang awam sekalipun akan bisa langsung memahaminya. Tidak banyak fitur yang disediakan, sehingga kamu juga pasti bisa dengan mudah memakai softwarenya.

Apabila kamu ingin melakukan penguncian terhadap suatu folder, maka kamu hanya perlu melakukan list terhadap folder tersebut. Selanjutnya kamu hanya perlu menyerahkan tugas penguncian terhadap software ini.

Baca juga : Apa itu SEO? Pengertian SEO

Software ini memiliki fitur Protected Uninstall yang memungkinkan kamu dalam menampilkan password saat ingin melakukan uninstall suatu aplikasi. Ini bisa kamu terapkan pada aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi.

7 | Secret Disk

Secret Disk adalah salah satu software yang bisa kamu pakai untuk mengamankan folder yang ada di laptop kamu. Kamu akan bisa melakukan penguncian terhadap folder-folder penting dengan menggunakan password yang hanya kamu gunakan. Kamu tidak perlu takut akan dijebol oleh stalker, karena software ini sangat aman.

Kamu yang berminat menggunakannya bisa memilih untuk memakai software yang terdapat versi gratis dan versi berbayarnya. Setiap software dengan versi gratis sudah pasti dapat menikmati layanan yang terbatas dibandingkan dengan versi berbayarnya. Jika kamu sedang dalam tahap ingin mencoba, maka kamu bisa menggunakan versi gratisnya dulu.

8 | Folder Guard

Software lain yang dapat kamu pakai dalam mengunci folder adalah Folder Guard. Software ini adalah solusi yang jitu, sehingga akses hanya dapat dilakukan oleh orang yang mengerti password-nya. Folder guard juga membebaskan penggunanya dalam melakukan akses pada drive yang dimiliki.

Software ini merupakan solusi yang jitu dalam mencegah pencurian data pada folder yang ada di komputer kantor kamu. Kamu perlu menggunakan kombinasi angka dan huruf yang unik, sehingga tidak mudah dibobol orang yang tidak berwenang.

9 | Lock-A-Folder

Pilihan lain dalam melakukan penguncian terhadap folder bisa kamu lakukan dengan menggunakan Lock-A-Folder. Folder yang ada di laptop kamu bisa kamu kunci. Kamu juga bisa saja melakukan pelepasan penguncian dengan memakai fitur Unlock a Folder. Software ini juga tidak mudah di-uninstall oleh orang tidak bertanggung jawab, karena terdapat password uninstall.

Software ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya pencurian data pribadi maupun file-file penting yang ada di dalam folder. Kamu juga dapat memberikan password kepada orang yang berwenang dan mengganti passwordnya setelah ia selesai mengakses.

10 | IObit Free

Salah satu cara mengunci folder jitu lainnya adalah menggunakan IObit Free. Software ini juga tidak menyita banyak kapasitas di hardisk dan menawarkan perlindungan terhadap file maupun folder. User interface dari software ini juga sangat ramah. Kamu juga bisa menyembunyikan file maupun folder dari akses orang tak dikenal.

Dengan mengetahui sejumlah software di atas, kita bisa melindungi data-data penting agar tidak disalahgunakan dan berpotensi merugikan kepentingan kita. Ikhtiar seperti ini adalah cara untuk mengamankan file-file penting sehingga kita bisa produktif mengerjakan tugas-tugas lain.

5 Comments

  1. Tips-nya bermanfaat banget. Ga kebayang kalau file atau dokumen penting jatuh ke tangan orang. Apalagi kalau itu pesaing usaha misalnya. Cara mengunci folder atau file gini bisa jadi solusi ya. Kudu dipraktekin nih.

    Like

  2. Penting banget biar dokumen kita ga tersebar secara ilegal ya Kak, apalagi itu soal usaha atau mengandung rahasia. Terima kasih.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s