Kenali Jenis-Jenis Mouse untuk Laptop Kesayangan

Apa yang kamu pikirkan setelah membeli laptop baru? Mungkin kamu ingin langsung mengujinya di rumah? Menguji untuk tahu performa laptop secara nyata.

Dalam beberapa kesempatan, para penjual laptop mungkin menawarkanmu untuk segera melengkapi laptop dengan beberapa aksesoris laptop yang dapat memaksimalkan pengalaman saat menggunakan laptop baru. Salah satu aksesoris laptop yang cukup penting untuk melengkapi laptop kesayangan adalah mouse, atau dalam bahasa Indonesianya tetikus. Walaupun laptop sudah dilengkapi dengan touchpad bawaan, aksesoris laptop ini berguna banget untuk memudahkan pengoperasian laptop, serta membuat pergerakan menjadi lebih leluasa.

Seiring berkembangnya zaman, ada banyak jenis mouse yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, baik itu sebagai aksesoris laptop Apple ataupun aksesoris laptop Windows. Penasaran? Yuk simak jenis-jenis mouse sebagai aksesoris laptop berikut ini!

1 | Mouse mekanik atau track ball

Mungkin kamu cukup familiar dengan jenis mouse yang satu ini. Mouse jenis ini memiliki ciri berupa track ball atau bola di bagian bawahnya. Bagian track ball ini bisa digerakkan ke berbagai arah. Saat track ball digerakkan, maka mouse akan mendeteksi pergerakan dan menginput pergerakan kursor di monitor.

Mouse mekanik cukup populer sebagai aksesoris laptop pada tahun 2000-an. Semakin lama, mouse jenis ini tidak lagi populer karena digantikan oleh mouse jenis lain yang lebih efisien dan praktis. Mouse jenis ini juga masih memiliki kabel yang terkadang mudah rusak dan mudah terlilit.

Untuk kelebihannya, mouse ini cenderung lebih murah dibandingkan jenis mouse lainnya. Ia juga cukup awet karena rata-rata kerusakannya hanya terletak pada track ball dan mudah dibersihkan. Sementara itu, mouse mekanik memiliki kekurangan pada bobot yang sedikit lebih berat. Kekurangan lainnya terletak pada kurangnya sensitivitas track ball, sehingga memerlukan alas mouse agar dapat berfungsi dengan baik.

2 | Mouse optik

Jenis mouse berikutnya adalah optical mouse atau mouse optik. Berbeda dengan mouse mekanik, mouse optik tidak lagi menggunakan track ball, melainkan menggunakan LED (light-emitting diode), sensor optik, dan DSP (digital signal processing). Ketiga teknologi ini berfungsi untuk mendeteksi pergerakan mouse untuk selanjutnya diinput untuk menggerakkan kursor di monitor.

Dibandingkan dengan mouse mekanik, tingkat akurasi mouse optik jauh lebih tinggi serta bobot yang lebih ringan. Tidak hanya itu, mouse optik tidak memerlukan alas mouse untuk dapat beroperasi dengan mulus, kecuali jika permukaan meja terlalu kasar sebagai alas mouse.

Dari beberapa kelebihan itu, mouse optik juga memiliki kekurangan. Karena kualitasnya yang lebih canggih, mouse ini sedikit lebih mahal dibandingkan mouse mekanik. Kemudian, kerusakan yang terjadi pada bagian sensor optik mouse tergolong sulit untuk dibetulkan.

3 | Mouse nirkabel

Aksesoris laptop mouse yang terakhir adalah mouse tanpa kabel alias nirkabel. Mouse jenis ini mulai banyak digandrungi karena kepraktisannya yang tidak lagi membutuhkan kabel untuk tersambung ke laptop. Kita tidak perlu lagi khawatir akan kabel mouse yang terputus, terlilit, dan membatasi pergerakan kita.

Saat ini, kebanyakan mouse nirkabel menggunakan teknologi frekuensi radio (RF) untuk mengirim sinyal gerakan kepada kursor. Sebagai pengganti kabel, mouse nirkabel bekerja dengan menggunakan transmitter (pengirim) dan receiver (penerima).

Untuk kelebihannya, dibandingkan dengan 2 jenis mouse di atas, mouse nirkabel jelas lebih efisien karena tidak lagi menggunakan kabel. Mouse jenis ini juga cocok dipakai untuk meja yang tidak terlalu luas. Sensitivitas mouse jenis ini juga dinilai lebih tinggi. Akan tetapi, kecanggihan mouse nirkabel ini juga berdampak pada harga yang jauh lebih mahal. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat menemukan mouse nirkabel berharga di bawah 30 ribuan, sebab mouse tersebut berpotensi tidak tahan lama. Selain itu, mouse nirkabel menggunakan baterai sebagai sumber daya, sehingga pemakaian dayanya pun tergolong boros. Receiver mouse yang selalu diselipkan di dalam mouse juga tergolong mudah hilang karena ukurannya yang kecil. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati saat hendak melepaskan dan menyimpan receiver mouse.

Demikian jenis-jenis mouse yang bisa kamu pertimbangkan sebagai pelengkap laptop kesayanganmu. Jangan lupa untuk mencermati mouse yang tepat dari sekian banyak mouse yang ditawarkan toko elektronik, serta menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan, agar kamu tidak menghabiskan uang dengan sia-sia. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian!

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s