Banyak Manfaat Bikin Senang, Begini Cara Menanam Bunga Telang

Cara menanam bunga telang sama sekali tidak masuk sebagai pertanyaan saat saya bertemu Nia, sobat bloger asal Semarang, siang itu di Stasiun Poncol. Kopdar dua tahun lalu pada siang yang terik itu–walau belum masuk waktu Zuhur– memang berlangsung cepat. Saya sekeluarga tiba di stasiun, lalu Nia dan dua jagoannya tiba karena rumahnya tak jauh dari lokasi stasiun.

Saya akui bunga telang masih terdengar asing di telinga dan mata. Ceritanya Nia menawari saya bunga bewarna ungu ini yang konon bisa membantu meringankan gejala diuretik yang saya derita. Walau tak paham betul, saya langsung percaya dan menyambut tawarannya dengan sukacita. Sudah belasan tahun saya dilanda anyang-anyangan sampai aktivitas cukup terganggu. Sudah berobat ke urolog beberapa kali, hasilnya begitu-begitu saja. Obat habis, gejala muncul lagi.

Singkat kata, bunga yang dijanjikan pun berpindah tangan. Saya gembira, semua senang. Kami berfoto sejenak dengan meminta seorang cewek berjilbab yang duduk tak jauh dari tempat kami berdiri. Wajah saya semringah karena mendapat hadiah berupa teh bunga telang siap seduh dan satu pot bunga telang dengan kesuburan yang membuncah. Sekian botol segar menunggu untuk dicicipi di atas kereta.

Cara menanam bunga telang

Kami berpisah karena kereta menuju Lamongan akan segera berangkat. Kami melangkah yakin ke dalam peron dan mencari tempat duduk sesuai tiket. Senyuman mengembang meski tangan menjinjing polibag berisi tanah dan tanaman hidup yang cukup berat. Senang bukan main tapi jelas tak ada niatan menanam bunga telang. Kenapa harus repot, kan sudah ada versi seduhan dan satu pohon yang terlihat rimbun pemberian Nia? Hehe….

Namun lama-lama akar bunga telang dalam polibag membesar dan merobek plastik hitam tempatnya tumbuh. Lalu kami pindahkan ke tanah di belakang saung. Lambat laun pohonnya mengering dengan frekuensi panen yang semakin jarang. Saya mulai khawatir tak akan sanggup memetik bunga banyak khasiat ini. Namun tanpa saya sadari ternyata ada pohon-pohon mini di sekitar pohon bunga telang yang besar. Pohon mini itu rupanya telang yang sepertinya tumbuh dari biji kering yang tertiup angin dari pohon utama.

Dari situlah terpikir tentang pembiakan bunga telang meskipun saya sama sekali tak mengerti bagaimana cara menanam bunga telang yang praktis dan tumbuh dengan baik. Melihat tunas dan pohon baru, saya optimistis bisa menanam bunga telang dengan mudah. Intinya tak sesulit yang saya bayangkan.

1 | Siapkan biji telang kering

Biji bunga telang didapat dari polong di pohon.

Cara menanam bunga telang yang pertama adalah menyiapkan biji yang sudah kering. Saya mendapatkan biji telang dari pokok telang yang lama. Jika kelopak bunga yang mekar tidak kita petik, maka ia akan mengering dan lama-lama memunculkan polong berisi biji-biji yang siap untuk ditanam. Nah, biji yang sudah kering dan terpilih itu tinggal dimasukkan ke dalam media tanam yang ada, boleh dijemur dulu atau langsung.

2 | Sediakan media tanam

Media tanam yang digunakan bisa sangat beragam karena boleh dibilang bunga telang ini tidak rewel. Ia bisa tumbuh di mana saja tanpa menuntut media tanam yang mewah atau specs tertentu. Beda banget dengan netizen yang gemar mengomentari hidup orang lain dengan repot meminta ini itu padahal dirinya sendiri belum tentu beres. Bunga telang adalah potret kebersahajaan, sikap legawa dan sumeleh sesungguhnya, hehe.

Biji telang siap ditanam dalam media yang tersedia.

Saya sendiri memanfaatkan gelas-gelas plastik bekas air mineral yang kami isi dengan tanah. Tanah tak harus khusus; bisa tanah murni atau tanah dengan ditambah pupuk kandang. Seperti saya sebut sebelumnya, bunga telang tidak rewel apalagi cerewet seperti saya, hehe. Malah sering saya temukan biji-biji telang menyeruak di antara kerikil-kerikil koral di depan saung padahal tak ada tanah di sana. Mungkin hanya ulasan debu yang menempel, itu pun bisa mereka tumbuhi seperti gambar di bawah ini.

Biji telang bisa tumbuh di media mana pun, bahkan di antara bebatuan.

3 | Tutup biji dengan tanah

Biji yang berkualitas bagus lalu kita lesapkan ke dalam media tanam, menjorok masuk ke dalam. Tak perlu jauh-jauh, cukup tertimbun di bawah permukaan sudah oke. Yang penting biji tertutup. Khawatir diembat tikus atau burung yang kebetulan lewat. Apalagi rumah saya di depan sawah, sangat sering burung-burung beterbangan atau bahkan hinggap di teras.

Begitu biji aman terlindungi di bawah permukaan tanah, letakkan pot di tempat yang teduh, tapi jangan lupa sesekali diekspos ke sinar matahari untuk memberikan asupan energi agar memancing ia tumbuh.

4 | Sirami dengan teratur

Langkah berikutnya sebagai bagian dari cara menanam bunga telang yang baik adalah rajin menyiraminya setiap hari. Minimal pada pagi hari sebelum dijemur. Namun jangan dijemur terlalu lama. Yang penting mendapat sinar matahari pagi. Tunggulah sampai biji-biji itu berkecambah, memunculkan tunas, dan menjadi tanaman baru.

Bunga telang berumur 7 hari

5 | Berdoa

Terakhir, sempurnakan dengan doa. Bukan sekadar pelengkap atau guyonan loh karena kegiatan menanam apa pun sebenarnya adalah proses penyerahan diri kepada Tuhan karena kita tak punya kuasa apa pun untuk membuat biji tanaman tumbuh sesuai keinginan. Berdoalah agar biji telang tumbuh dengan sehat sampai memproduksi putik-putik segar yang kelak kita petik sebagai bunga biru yang banyak khasiat.

Tak jarang biji telang yang sudah menjadi benih, muncul kecambah, disantap tikus yang memang tidak tahu aturan. Jangankan tikus yang notabene binatang tanpa pikiran, koruptor yang katanya berpendidikan saja siap mengembat apa saja kok, termasuk kekayaan negara yang dibangun oleh pajak dari rakyat. Sedih kan?

6 | Dirikan tongkat penopang

Saking rimbunnya, seekor belalang nyaris tak terdeteksi di antara kerumunan daun hijau bunga telang.

Nanti pada saatnya, ketika pohonnya makin tinggi dan memunculkan sulur yang panjang, jangan lupa menegakkan tongkat kayu sebagai tempat mereka berjalinan. Dalam bahasa Sunda disebut ajir, kalau dalam bahasa Jawa disebut lanjaran. Karakter bunga telang adalah merambati apa saja yang dilaluinya, jadi sediakan properti sebagai rambatan agar tumbuhnya semakin subur, hijau, dan rimbun. Kalau saya memanfaatkan dahan-dahan pohon kers yang sudah ditebang dan teronggok begitu saja di pinggir tambak.

Jika semua lancar dan kita sabar, pada gilirannya kita akan memanen hasil kerja keras kita. Mulai dari memilih biji, menyiapkan media tanam, menyiraminya, mendirikan lanjaran, hingga berdoa penuh keyakinan, akhirnya kelopak-kelopak biru (atau ungu) muncul memeriahkan pekarangan atau teras kita siap diseduh menjadi teh hangat penuh khasiat atau dimasak bersama nasi santan yang lezat. Ingat nasi kerabu Malaysia?

Panen bunga telang bikin hati senang.

Manfaat bunga telang

Sekarang sudah tahu kan, BBC Mania, cara menanam bunga telang yang ternyata mudah sekali?! Jangan tunggu lagi karena banyak khasiat bunga telang ini. Buat obat mata, membersihkan kulit, menurunkan gula darah, kolesterol, dan entah apa lagi manfaatnya, silakan browsing sendiri. Menanamnya mudah, manfaat dan khasiatnya sangat luar biasa.

Murah meriah, bikin hati bungah. Pas banget kan momen saat ini, kita bisa menikmati manfaat bunga telang dengan cara menanamnya terlebih dahulu selama WFH. Gunakanlah kesempatan yang ada untuk mengembangbiakkan bunga telang sebagai bahan menghijaukan halaman sekaligus menyediakan bahan alami untuk pewarna makanan dan berbagai tujuan lainnya. Ini bisa menjadi praktik nyata sebagai bagian dari memilih makanan yang ramah iklim. Selamat menanam!

33 Comments

  1. bunga telang memang lagi naik daun ya mas
    banyak yg skrg bertanam bunga telang ini
    karena punya banyak manfaat buat menjaga kesehatan ya mas
    Selain itu juga termasuk makanan yg ramah iklim ya mas

    Liked by 1 person

  2. Wah saya nih ga berhasil karena mungkin kurang disiram
    Hmm kapan kapan kalau ke Surabaya, bawain bibitnya ya Mas.
    Nanti info harganya

    Liked by 1 person

    1. Agak ga tahan panas memang telang ini, Mbak Amma. Kalau kurang disiram, dia cenderung ga tahan. Plus hati-hatihama kutu kebul seperti kepik berwarna putih. Itu cepat merambat ke seluruh bunga dan tangkai. Nanti kalau ketemu saya bawakan.

      Like

  3. mas , memang telang itu bikin nyenengin ya, dibuat teh, dibuat nasi uduk telang, nasi goeng telang, puding telang , terakhir aku buat selai telang, ini enak sekali

    Like

    1. Benar sekali, Mbak Tira. Waktu mekar semua itu rasanya bikin hati bungah, indah banget di pekarangan atau teras rumah. Nasi goreng telang boleh juga warna biru, nanti saya coba juga ah, tapi kalau selai belum pernah.

      Like

  4. wahh senangnya bisa ngerasain panen bunga telang hasil tanam sendiri. btw saya jadi ingat dulu pernah dikasih biji bunga telang, saya simpan di tas sampe akhirnya kelupaan. Ga sempat tanam deh. bunga telang ini selain punya warna yang cantik ternyata banyak khasiatnya juga ya

    Liked by 1 person

  5. bunga telang ini Nggak hanya cantik bentuknya
    tapi juga banyak manfaatnya ya mas
    makanya sekarang banyak yg menanam telang ini

    Like

  6. Kalau menurut teman-teman memang mudah menanam bunga telang ini. Merka juga akhirya suka bikin olahanmakanan menggunakan bunga telang ini. Kalau aku belum pernah coba hehe

    Like

  7. Saya awalnya dapat bunga telang dikasi tetangga yang baik hati. DIkasi benihnya satu pod. Saya semai di pot dan tumbuhlah tiga yang sehat bibit bunga telang. Lalu saya pindahkan ke tanah di dekat pohon palem, jadi merambat di pohon palem yang masih remaja dengan indahnya, jadi dihiasi oleh bunga biru-biru gitu (oh, ya berbeda dengan mas Rudi, kalau saya bilang bunga telang itu warnanya biru, bukan ungu).
    Sekarang saya sudah tidak hanya memanen bungannya untuk dipakai sebagai teh atau juga untuk memasak nasi (iya tiap hari kami makan nasi biru hihihi), tetapi saya juga panen benih bunga telang banyak banget! Saya bagikan kepada orang tua saya di Jawa dan juga adik-kakak serta teman saya yang berminat menanamnya. Asyik banget.
    Saya pun juga berniat menuliskan pengalaman saya menanak nasi biru dari air rendaman bunga telang, nih. Jadi kalau makan nasi biru kadang terselip bunga telang yang juga ikut disendok masuk ke mulut hehehe😊

    Like

  8. pernah denger sepintas nama bunga telang ini, kalau temen pas cerita soal tanaman. Tapi nggak pernah tau seperti apa wujud bunga telang itu
    ternyata seperti ini toh
    dan unik juga ya bisa tumbuh diantara batu batuan

    Like

  9. Ternyata gampang ya kak, cara nanamnya. Selama ini hanya menikmati yang sudah jadi. Diolah menjadi artisantea. Terima kasih sharingnya kak.

    Like

  10. dulu waktu aku nonton detective conan, kan ada satu cerita dimana conan menghadapi kasus pasien yang diajak temen2nya minum teh trus tehnya itu ada beberapa warna, termasuk warna biru, nggak coklat aja. sekarang aku tau deh.. kenapa bisa gitu, karena memang kandungan pada teh bisa jadi dicampur bebungaan gitu ya mas. kayak bunga telang gini..

    Like

Leave a Reply to Sugianto Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s