Keajaiban Sedekah Subuh dan Kemudahan Bersedekah dengan Infak.in

Masih terngiang pesan Syaikh Ali Jaber (alm.) tentang keajaiban sedekah Subuh sebagai ikhtiar untuk memperlancar terkabulnya berbagai hajat. Suatu pagi beliau memberikan ceramah di Masjid Namira yang tentu saja disesaki pengunjung. Bukan karena ia orang Arab, tapi sebab personanya yang kuat sebagai dai yang santun, berpengetahuan luas, dan dikenal penyayang. Pembaca mungkin masih ingat bagaiman beliau memaafkan orang yang telah melukainya sewaktu beliau bertausiyah.

Syaikh Ali Jaber saat menyampaikan tausiyah di Masjid Namira, Lamongan.

Nah, kalau ingin dilembutkan hati atau mendapatkan hajat apa pun, cobalah rutinkan sedekah sebelum matahari terbit. Kalau bisa selepas shalat Subuh di masjid, tentu jika kondisi memungkinkan karena saat ini kita sedang diuji dengan pandemi. Keutamaan sedekah Subuh sudah saya buktikan sendiri. Tahun 2019 saat belum ada pandemi, saya merasakan sakit di bagian perut. Sakitnya hilang dan pergi tapi sering muncul.

Sembuh dari sakit

Lalu teringat pada ceramah Syaikh Jaber untuk bersedekah Subuh. Jadilah setiap kali ke masjid untuk berjemaah, saya usahakan memasukkan uang ke dalam kotak amal yang tersedia. Jika berhalangan ke masjid, saya masukkan uang ke dalam kotak yang ada di rumah. Ketika terkumpul sekian hari, saya pindahkan ke kotak amal atau langsung berikan kepada mereka yang membutuhkan.

Ajaib, atas izin Allah SWT, gejala sakit yang saya keluhkan perlahan sirna dan akhirnya hilang sepenuhnya. Orang boleh saja menduga itu sugesti positif sedekah, tapi saya yakin itu berkat sedekah Subuh sebelum matahari terbit. Itu jani Allah jadi tak mungkin diselisihi. Kalaupun saya pulih akibat perasaan happy bersedekah, saya tetap puas dan bangga sebab telah menjalankan perintah agama sesuai kemampuan.

Diberi keturunan

Kisah lain yang bisa kita renungkan tentang keajaiban sedekah pagi hari selepas Subuh adalah testimoni pasutri yang telah 17 tahun belum mendapat momongan. Cerita ini dituturkan oleh Syaikh Jaber yang menganjurkan sedekah Subuh. Pasutri tersebut menjalankan sedekah Subuh secara rutin dan enam bulan kemudian pasangan itu dikarunia keturunan, maksudnya sang istri mengandung. Subhanallah walhamdulillah!

Terlihat sepele ya? Hanya memasukkan uang tanpa minimum setiap hari saat fajar ternyata bisa memudahkan tercapainya hajat yang kita impikan. Di samping keikhlasan, ujian praktik sedekah Subuh adalah istikamah alias konsistensi. Boleh jadi seminggu pertama kita rutin lalu memble di tengah jalan.

Godaan lainnya adalah ketika kita sudah mendapatkan apa yang kita idamkan. Biasanya lantas terhenti padahal harusnya tidak demikian. Teruskan saja sampai kapan pun sekuat tenaga sebab sedekah Subuh bukan hanya untuk memuluskan rezeki tetapi untuk mendorong terbentuknya anak yang saleh salihah, menemukan jodoh, dan terciptanya hidup yang penuh solusi.

Mudah sedekah dengan infak.in

Tak sedikit orang bertanya, “Kalau enggak bisa ke masjid bagaimana pas Subuh?” Atau pertanyaan serupa, “Kasih uangnya ke mana, dan kapan?”

Jawabannya mudah: carilah orang terdekat yang membutuhkan. Tentu jika kondisi memungkinkan. Kalau malah merepotkan kita untuk mencari penerima, coba andalkan donasi atau bersedekah secara online. Ya, sedekah secara daring berkat kecanggihan Internet kini menjadi tren bagi masyarakat modern, apalagi millennial dan zillennial. Cara ini dipilih karena memang praktis tanpa harus meninggalkan rumah.

Namun, tak jarang donasi mesti kita transfer dengan terlebih dahulu menginstal aplikasi tertentu. Sepintas memang terlihat praktis, tapi itu berdampak pada borosnya memori internal ponsel. Walhasil, kita harus menimbang mana aplikasi yang dipertahankan dan mana yang harus dibuang demi bisa memasukkan aplikasi baru. Pengin praktis, tapi malah ribet karena memori smartphone bermasalah.

Masalah ini relate banget dengan saya karena space RAM ponsel yang sudah sangat ciut. Pagi ini saya mendapatkan jawaban atas keresahan itu. Saya berkesempatan ‘menghadiri’ peluncuran website infak.in yang digagas oleh LMI Zakat–sebuah lembaga amil zakat yang berbasis di Surabaya.

Begitu mengenal portal ini, saya pun tak sabar mencobanya. Saya buka browser dan mengetikkkan infak.in, enter! Saya tinggal mengisi nama, email, dan nomor ponsel lalu memasukkan nilai donasi. Setelah itu saya dipandu menuju opsi pembayaran yang beragam. Bisa transfer bank, bisa juga melalui e-wallet atau dompet digital. Saya langsung pilih Gojek dong karena punya aplikasi ini di ponsel.

Tampilan muka sangat simpel dan memudahkan pembayaran donasi.

Kejutan menyenangkan

Dari sana saya dirahkan untuk memindai QR Code donasi yang segera membawa saya ke aplikasi Gojek. Sekian tap, masukkan kata kunci Gojek, beres deh! Jika koneksi stabil, tak sampai satu menit pun prosesnya selesai. Sangat solutif untuk masyarakat modern, apalagi anak-anak millennial yang konon butuh apa-apa serbacepat.

Yang paling menyenangkan, saya mendapat kejutan manis berupa pesan instan di WhatsApp yang mengabarkan bahwa donasi saya telah diterima. Tak perlu konfirmasi di kolom tertentu bahwa kita sudah transfer, notifikasi kesuksesan donasi langsung kita terima. Bahkan bukan hanya lewat WA tetapi juga melalui email yang kita tuliskan saat berdonasi.

Kenapa harus infak.in

Dari pengalaman ini saya makin mantap dan bisa meyakinkan teman-teman BBC Mania untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam berdonasi. Namun jangan asal pilih LAZ. Pastikan LAZ menyediakan sarana yang memudahkan tanpa perlu ribet menginstal aplikasi baru. Bayangkan betapa mudahnya para prangtua kita untuk menggunakan portal sedekah ini.

Apalagi jika harus merutinkan sedekah Subuh dengan berbagai keutamaannya, niscaya infak.in adalah solusi kreatif. Jangan sia-siakan momen Ramadan untuk memberikan donasi terbaik sesuai kemampuan. Maka relevan ketika Ustaz Nashiruddin yang memberikan tausiyah pada peluncuran pagi ini dengan mengatakan:

Ramadan adalah momen tepat untuk berbagi secara sosial, temasuk sedekah Subuh, sebagai cara mensyukuri karena kita dipertemukan lagi dengan Ramadan.

Maka jangan sia-siakan kesempatan yang tidak ada jaminan akan terulang. Sedekah lewat dunia digital melalui Infak.In adalah opsi paling masuk akaln dengan berbagai alasan sebagai berikut.

1 | Alamat portal yang catchy

Tak bisa dimungkiri di era digital orang butuh sesuatu yang memikat, termasuk nama website. Infak.in sangat simpel dan langsung menyiratkan makna yang ingin dianjurkan, yaitu ajakan untuk berinfak secara digital. Anak zaman now ingin sesuatu yang to the point, antiribet, dan bersayap-sayap. Nama infak.in sangat cocok dan mudah diingat.

2 | Kolom isian singkat dan jelas

Waktu membuka kali pertama, saya langsung disambut dengan antarmuka yang bersahabat. Bersih dan tidak rumit, yang memudahkan saya mengisi setiap kolom walau tanpa instruksi. Navigasi website sangat mudah dan praktis, siapa pun bisa menggunakannya.

3 | Pilihan pembayaran beragam

Seperti saya sebutkan sebelumnya, saya pilih bayar lewat Gopay karena aplikasi e-wallet ini yang paling sering saya pakai untuk transaksi dan sudah terinstal dalam smartphone. Teman-teman yang mau bayar lewat OVO atau transfer bank bisa kok, silakan pilih sesuai cara yang paling nyaman dan memudahkan.

4 | Aman buat memori hp

Karena berbasis web, jadi tidak perlu menginstal aplikasi baru dari Playstore. Dengan begitu sace memori smartphone kita akan aman, tak perlu repot menimbang dengan dilematis mana yang harus dihapus atau dibuang. Siapa pun bisa berinfak kalau begini kan?

5 | Dilengkapi update transaksi

Sebagai bahan akuntabilitas, arus kas yang masuk sebagai donasi bisa kita lihat pada dashboard rekapitulasi donasi. Selain total donasi terkini, di sana ditampilkan pula nama, nominal, cara bayar, dan bahkan waktu donasi masuk. Semua transparan dan jika kita lihat ternyata jumlahnya variatif kan?

Mulai dari 10.000 rupiah pun bisa, jadi tak perlu malu atau menahan nanti-nanti. Uang yang menurut kita hanya recehan bisa jadi berharga jika dikumpulkan. Masih ragu sedekah di infak.in?

6 | Dikelola Laznas tepercaya

LMI Zakat telah berkiprah selama 25 tahun sebagai LAZ tepercaya dan berhasil menyalurkan dana sebesar 0,5 triliun kepada satu juta penerima manfaat. Ini angka yang fantastis dan menunjukkan kredibilitas LAZ tersebut. Selain itu, LMI juga dipercaya oleh sejumlah perusahaan untuk melakukan penghijauan pada berhektar tanah kosong agar lebih produktif. Demikian menurut penuturan Mas Agung Wijayanto selaku Presdir LMI dalam sambutan pagi ini.

Dia juga mengungkapkan bahwa anak-anak millennial ternyata sangat bersemangat menjadi amil zakat dan menghimpun dana demi kesejahteraan umat dan kemajuan bangsa. Maka langkah LMI meluncurkan infak.in adalah langkah proaktif untuk mendekatkan donasi pada anak-anak zaman sekarang agar semakin tergugah untuk beramal tanpa terkendala jarak atau kerumitan platform.

Antusiasme anak zaman now tak bisa dipandang sebelah. Apalagi begitu tahu ada Hamas Syahid, aktor berbakat dan hafiz Quran, yang turut sebagai inisiator gerakan infak.in. Sebelumnya LMI melalui akun IG-nya mengadakan giveaway mudah behadiah saldo e-wallet dan kesempatan sambung ayat bersama hamas.

Salah satu peserta yang beruntung adalah Syaiful yang begitu gembira mendapat peluang meneruskan ayat yang sebelumnya dibacakan Hamas. Acara lewat IG Live tersebut sangat ramai karena menjadi ajang sharing seputar kiat menambah hafalan sekaligus menguji daya hafal.

Mulai yuk sedekah dari yang kecil, sejak Subuh secara rutin, untuk sebagai ikhtiar agar kita senantiasa mendapatkan pertolongan dari Tuhan sebagaimana beberapa contoh yang saya sebutkan di awal. Jangn tunggu lagi, infak.in aja!


51 thoughts on “Keajaiban Sedekah Subuh dan Kemudahan Bersedekah dengan Infak.in

  1. Wah, mimin senang banget dengan terobosan ini. Memang sih selama ini kalau ada yang sedekah buat nasi bungkus kadang merasa malu kalau kasih uang sedikit. Padahal sedekah besar atau kecil itu bukan ukurannya kan? Kalau bisa sedekah lewat infak.in, beneran praktis dan ga perlu malu misalnya cuma bisa nyumbang sedikit. Solutip tenan!

    Like

  2. Sedekah Subuh memang betulan kok efektif buat solusi hidup, sudah banyak yang membuktikan termasuk penuturan lewat Syaikh Jaber. Beliau memang inspirator sedekah Subuh, dengan begitu banyak keutamaan. Ikut senang dengan adanya website infak.in, bikin sedekah praktis kapan saja kita mau. Enggak perlu instal aplikasi baru, itu asyiknya karena tidak semua orang punya hape yang memorinya lega. Belum lagi pas dipakai malah hang, sungguh menguji kesabaran. Bisa sedekah dengan mudah dan dapat notif langsung ya dari admin? Subhanallah, semoga LMI dan LAZ lainnya diberkahi dan amanah selalu.

    Like

    1. Oh itu memang disengaja karena sebagai bukti transparansi dana di sana. Bahwa siapa pun boleh berdonasi dengan nominal berapa pun tanpa harus malu karena jika dikumpulkan akan sangat berarti. Terima kasih. ๐Ÿ™‚

      Like

  3. MasyaAllah… Sedekah sekarang jadi makin gampang dengan infakin. Apalagi untuk sedekah subuh, buat ibu-ibu yang nggak salat di mesjid seperti saya, infakin membantu banget nih.

    Like

  4. Kalau dengerin almarhum ceramah, rasanya sejuk banget, adem dan inspiratif sekali, termasuk soal sedekah subuh yang punya manfaat sangat besar ini!

    Terima kasih atas tulisan inspirasinya ya Mas, berapapun nominalnya, yang penting adalah niat dan konsistennya. Meski kecil, tapi rutin setiap subuh.

    Nggak sempat sedekah secara langsung, sekarang sudah bisa lewat website INFAK.IN, urusan sedekah jadi lebih mudah, praktis dan hemat waktu.

    Like

    1. Betul, Kang Hendra. Berapa pun nominalnya, jangan sekali pun menyerah untuk terus konsisten. Ada infak.in tempat sedekah Subuh yang praktis, cepat, dan mudah. Semoga pahala mengalir untuk Syaikh Jaber dan keluarganya.

      Like

  5. Masya Allah, ilmu yang bermanfaat dari Syeikh Ali Rahimahullah sedekah Subuh sangat luar biasa manfaatnya. Bisa kita terapkan, karena dengan memudahkan insya Allah memberikan kemudahan atas hajat yang kita punya.

    Like

    1. Iya, Kak. Bermanfaat banget tausiyah beliau sampai terngiang hingga sekarang. Beruntung juga sekarang ada platform online seperti infak.in yang bikin sedekah kapan saja jadi mudah. Silakan coba, biar enggak penasaran. ๐Ÿ™‚

      Like

  6. Masya Allah. Betapa dahsyatnya sedekah subuh ya, Mas Rudi. Karena sudah terbukti banyak yang merasakan berkahnya. Pastinya, ini bukan sugesti, tapi memang keberkahan dari Allah SWT.

    Liked by 1 person

    1. Iya, Mas Bam’s. Manfaat dan kegunaannya sebenarnya banyak untuk kita sendiri jadi jangan ragukan janji Allah, apalagi pas kita punya hajat. Langsung aja klik infak.in untuk mendonasikan harta kapan saja tanpa terkendala instal aplikasi.

      Like

  7. Recommended ini menginfakkan sebagian harta yang kita miliki melalui Infakin ya Mas. Nama yang sangat mudah diingat, Infakin. Noted. Insyaallah semakin banyak kita berinfak akan kembali lg ke kita kok ya, harta benda dan jiwa raga jadi bersih, apalagi di bulan Ramadan seperti ini, yang semua amal ibadah dilipatgandakan pahalanya sebanyak 70 kali lipat, masyaallah…

    Liked by 1 person

    1. Iya, Kak. Sedekah apa saja. termasuk sedekah Subuh sekarang semakin mudah berkat adanya website infak.in. Cepat dan ga ribet, yuk ikutan juga biar hidup berkah dan dimudahkan!

      Like

  8. ternyata misi dan wasiat Alm. Syeik Ali Jaber memberikan ke kita semua bagi umat muslim untuk bersedekah karena sangat bermanfaat banget untuk kita dan mendapatkan pahala yang luar biasa

    Like

  9. MasyaAllah, sedekah itu nggak hanya banyak benfit dan keberkahannya, tapi juga sekarang ini mudah bangettt kalau mau sedekah. nih contohnya pake infakin yang super mudah

    Like

  10. luar biasanya ya mas rudi keajaiban sedekah itu
    makanya penting banget ya buat kita untuk rutin bersedekah
    apalagi sekarang klo mau sedekah makin mudah
    karena ada INFAKIN ini
    bangun tidur – buka hp – sedekah di INFAKIN

    Like

    1. Betul, Mbak. Saatnya kita manfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan donasi. Pagi-pagi buta pun bisa nyumbang dengan cepat. Cepat sampai, manfaatnya langsung bs dirasakan. Udah coba infak pakai infak.in kan?

      Like

  11. habis baca blogpost ini Mister jadi makin yakin bahwa sedekah Subuh memang luar biasa. Apalagi pakai infak.in ya, praktis dan bisa kapan saja dengan nominal beraa pun. Keren inovasinya! Mugi instiqomah. ๐Ÿ™‚

    Like

  12. Masyaallah tulisannya menyejukkan mas, saya jadi inget tausiah dari alm ustad Syaikh Ali Jaber
    Sedekah subuh memang banyak manfaatnya ya
    skg kalau mau sedekah jg lbh gampang karena bisa lewat online
    Ada infakin yg solutif di masa pandemi gini

    Like

  13. Masya Allah .. sangat mungkin sedekah bisa jadi jalan kesembuhan, saya meyakininya. Saat subuh merupakan saat yang sulit bagi banyak orang untuk beraktivitas apalagi bersedekah, kalau ada yang tergerak bersedekah, masya Allah luar biasa. Dan memang gak sulit ya, bisa melalui infak.in, bayar pakai GoPay pula. Mudah dan sekemampuan kita.

    Like

    1. Iya, Mbak Niar. Sedekah Subuh sangat afdal karena kita memulai hari dengan optimisme bahwa hari itu kita akan selalu diberkahi. Yuk jadi bagian sedekah Subuh, bisa klik infa.in untuk mencoba berdonasi.

      Like

  14. Wow, semakin praktis aja ya kita ingin beramal ๐Ÿ™‚ Dengan infakin ini bersedekah secara online dan sepertinya platform ini mudah digunakan. Tetap bersedekah subuh dll seperti biasa plus kita bisa infak dari rumah atau mana aja dan kapan aja, TFS ya.

    Like

  15. Wah keren ya kak semakin memudahkan saja untuk kita beramal dan semakin transparan tentunya pengeloalaan infak yang kita berikan mana bisa bayar pakai dompet digital lagi mantab lah terobosan baru nih

    Like

  16. Alhamdulillah, terbantu banget emang dg model sedekah seperti ini. aku yg jarang keluar rumah jd dimudahkan utk menyalurkan sebagian rezeki. infak.in sendiri aku blm kenal betul, pokoknya yg muncul ngiklan aja di medsos, itu yg dipake, hehe

    Like

  17. MasyaAllah, aku jadi terharu.baru inget lagi sama konsep sedekah subuh ini..padahal dulu suka rajin tapi dah lama nggak.
    Infak.in patut kita syukuri ya.ini bener-bener membantu yang ingin bersedekah.makasih kak mengingatkan lagi

    Like

    1. Yuk lewat momen Ramadan, kita galakkan lagi sedekah Subuh, Mbak. Semoga berkat infak.in, kita tergerak untuk semangat bersedekah sehingga hidup menjadi lapang dan mudah.

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s