Pengin Untung Walau Tinggal di Kampung, Jualan Online Solusinya

Waktu pindah ke Lamongan awal 2017 terus terang saya dirundung kegalauan soal cara cari cuan. Mau melamar jadi karyawan, usia sudah ketuaan. Namun kalau berdagang, terkendala permodalan. Akhirnya kepikiran jualan online sambil menekuni blogging yang sudah saya rintis setahun sebelumnya. Pertanyaan yang muncul adalah produk apa yang bisa saya jual dengan peluang menjanjikan dan bisa saya nikmati prosesnya? Toh modalnya relatif minim karena buat toko online kini semakin mudah dan praktis.

Saya lantas teringat seorang kenalan di sebuah komunitas sosial yang saya ikuti di kota ini. Kami memanggilnya Mama Zil karena memang beliau paling tua di antara sukarelawan yang terlibat. Beliau sudah ibarat ibu bagi kami. Namun usia senja rupanya tak menyurutkan langkah Mama untuk menjalankan usaha. Di antara sekian komoditas Lamongan yang potensial, ia memilih sambal boran yang memang khas. Selain pecel lele, soto, dan wingko, memang sego boran sangat populer di kota kami sehingga pilihan Mama terbilang jitu.

3 sego boran.jpeg
Sego boran cocok disantap pagi, siang, dan malam

Belajar bisnis dari pengalaman teman

Sego boran adalah makanan berat yang biasa kami santap saat sarapan, makan siang, dan bahkan makan malam. Jika berkunjung ke Lamongan, jangan heran jika pukul 3 pagi pun para penjaja sego boran sudah bersiaga di sepanjang Jalan Sudirman di seberang stasiun kota untuk menyambut para pekerja pagi atau penumpang. Sego boran terdiri dari nasi putih atau nasi jagung, ditambah lauk pauk seperti ikan sili, ikan gabus, empuk (terigu goreng), telur dadar, jeroan, telur asin, ayam, atau bandeng. Tinggal pilih sesuai selera. Tentu saja nasi kemudian disiram dengan sambal atau bumbu kental yang menjadi ciri khas kuliner ini.

boran sambal.jpg
Potensi lokal yang dikemas menjadi produk menjanjikan

Difasilitasi Disperindag setempat, Mama Zil kemudian menjual bumbu boranan dalam kemasan. Ide ini muncul ketika banyak orang asli Lamongan mengeluh lantaran tak bisa mencicipi sego boran saat berada di perantauan. Berbeda dengan pecel lele dan soto yang di mana-mana mudah didapatkan. Ide brilian Mama disambut baik oleh dinas terkait dan ia pun tergabung menjadi UMKM binaan sehingga produknya bisa dibantu promosikan.

Sayangnya selama ini pemasaran cenderung bersifat pasif. Alih-alih menjemput bola, Mama harus menunggu diajak dinas terkait untuk menjajakan produknya ketika ada pameran. Bisa diprediksi pameran tak selalu ada, apalagi selama pandemi pameran offline semakin dibatasi dan bahkan ditiadakan sama sekali. Memang ada sih produknya yang dipasok ke minimarket kota-kota sekitar tapi serapannya sangat kecil mengingat sekarang persaingan semakin ketat menyusul adanya tren online shopping.

Kopi ekselsa penggugah selera

Dari kasus yang dialami Mama Zil, saya berinisiatif memanfaatkan teknologi digital untuk menawarkan produk lain kepada khalayak yang sama-sama potensial mendatangkan keuntungan finansial. Kebetulan seorang teman asal Jombang menawari kerja sama pemasaran karena daerah tempatnya tinggal adalah produsen kopi ekselsa yang terkenal. Kopi ekselsa dikenal dengan rasa fruity menyerupai nangka atau buah lain yang tumbuh di sekitar pohon kopi tersebut.

Saya memilih kopi karena memang ini produk lokal yang perlu dipromosikan. Selain hobi meminumnya, saya juga bisa meraup keuntungan ekonomi dari hasil penjualan kopi. Teman saya bertugas memproduksi dan saya kebagian merancang kemasan dan teknik pemasaran. Produk sudah ada, kemasan pun sudah beres. Tinggal bagaimana cara buat toko online untuk bisa menjangkau pasar lebih luas tanpa menunggu pameran seperti produk Mama Zil. Sebenarnya bisa menyewa jasa web designer untuk membuatkan toko online, tapi biayanya tentu mahal dan itu belum memungkinkan dengan kondisi kami.

kopi jj lagi2.jpg

Ketemu TOKKO, langsung jatuh cinta

Akhirnya ada yang memberitahu saya tentang TOKKO, sebuah aplikasi D2C (direct-to-consumer) yang dirancang khusus untuk membantu kita agar bisa membangun identitas brand di ranah digital dengan memiliki online store website sendiri dan bisa langsung berjualan ke konsumen yang kita targetkan. Itulah asyiknya, kita langsung melayani pembeli tanpa perantara seperti marketplace.

Begitu mendengar informasi ini, saya pun langsung membuat online shop di TOKKO. Proses pembuatan sangat cepat dan anti ribet sehingga tidak mengganggu aktivitas utama saya sebagai full-time blogger yang kebetulan sedang banyak pesanan menulis. Bukan hanya proses registrasi yang gampang, tapi beberapa keunggulan lain TOKKO juga layak dipertimbangkan.

Ketika mendengar tentang jualan online, orang mungkin akan tergoda untuk berjualan di marketplace. Sepintas memang tampak mudah dan murah, tapi coba lihat baik-baik. Saya sendiri punya akun toko di sebuah marketplace dengan pendaftaran dan pengisian data yang panjang. Di TOKKO kita buka toko online hanya dengan melengkapi dua isian saja, yaitu nama bisnis dan jenis bisnis yang kita geluti. Itu saja, dan voila, toko pun jadi!

Yang paling terasa berat berjualan di marketplace adalah persaingan ketat antartoko mengingat marketplace mewadahi ratusan toko dengan ribuan produk sehingga wajar jika toko milik kita tak mendapat perhatian atau prioritas.

Berbeda dengan TOKKO karena hanya toko kitalah yang kita perkenalkan dan kelola. Ini sangat memudahkan bagi UKM atau UMKM untuk memiliki website jualan online sendiri tanpa dipusingkan pendaftaran ribet atau persaingan dengan ratusan toko sebagaimana di lokapasar (marketplace). Bukan cuma itu, TOKKO:

  • menerapkan sistem komisi hanya untuk fitur-fitur tertentu saja;
  • memungkinkan pelanggan berbelanja tanpa harus membuat akun TOKKO atau mengunduh aplikasi;
  • memungkinkan pesanan masuk melalui WhatsApp dan aplikasi jadi saat kita santai pun orderan bisa kita pantau;
  • memungkinkan pembayaran langsung masuk kepada penjual tanpa ditandon di TOKKO; sangat praktis buat yang butuh uang segera.

Saya pernah punya pengalaman pahit tentang jualan online sewaktu hendak menjual kamera. Demi keamanan bersama, saya arahkan calon pembeli untuk bertransaksi di marketplace tempat saya berjualan. Namun konsumen yang sudah berminat tersebut akhirnya batal membeli lantaran keberatan menginstal aplikasi guna bertransaksi. Miris kan peluang rezeki menguap begitu saja?

Buka TOKKO sekarang juga

Dengan berbagai keunggulan seperti itu, tak perlu menunda pembuatan toko online menggunakan TOKKO yang praktis dan memudahkan. Kalau masih bingung mulai dari mana, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan sudah melakukan Download TOKKO pada Play Store atau kunjungi https://tokko.co.id/ untuk membuka toko melalui komputer PC. Jika sudah terbuka, klik Baru untuk membuat akun baru.
  • Selanjutnya masukkan nomor kontak yang masih aktif sebagai jalur untuk menerima kode OTP. Saya pilih WhatsApp karena lebih praktis.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan untuk melanjutkan proses berikutnya.
  • Masukkan nama bisnis yang akan kita pakai sebagai nama toko dan jenis usaha yang akan kita tekuni di sana.
  • Tara! Toko online saya langsung jadi tanpa isian ribet yang melelahkan.
  • Agar lebih memikat dan profesional, saya segera mengganti logo toko untuk menunjukkan keseriusan berbisnis dan menambah kesan memikat.
  • Tambahkan produk yang akan kita jual di TOKKO. Saya tentu saja menambahkan kopi jola-joli untuk memajukan petani kopi lokal yang tidak punya pasar.

Makin bagus dengan TOKKO Plus

Toko sudah jadi dan terserah kita mau menambah barang agar bisa dilihat oleh calon pembeli di seluruh Nusantara. Nah, untuk meningkatkan potensi jangkauan pasar agar keuntungan semakin cepat dikumpulkan, kita bisa memanfaatkan program TOKKO Plus. Dengan Langganan TOKKO Plus, kebutuhan bisnis online kita bisa semakin optimal.

Kita perlu ingat bahwa ibarat sebuah blog, toko online juga butuh trafik yang besar sebab trafik bisa dikonversi menjadi transaksi penjualan. Nah, fitur Tokko Plus akan mendatangkan banyak trafik dengan menggunakan Integrasi Ads baik melalui Google, Facebook, dan Instagram yang memang sangat populer sebagai kanal iklan.

Bukan itu saja, Tokko juga akan meluncurkan fitur baru dalam waktu dekat seperti kustomisasi domain sehingga alamat toko kita semakin istimewa dan terpercaya. Ada juga promo berupa kupon reguler dan cashback pembelian marketing ads sebesar 100% untuk bulan pertama dan 50% untuk bulan berikutnya. Intinya, semakin banyak upaya pemasaran yang kita lakukan, maka peluang closing penjualan akan semakin besar. Dan itu bisa dicapai dengan memanfaatkan langganan TOKKO Plus.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan langganan TOKKO Plus ini? Gampang banget.

  • Klik Langganan Tokko plus+ yang ada di sebelah kanan atas.
  • Pilih plus+ untuk mendapatkan layanan tambahan selain layanan standar pada paket Free.
  • Tentukan paket yang diinginkan: 1 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Pastikan memilih sesuai kebutuhan untuk mendapatkan manfaat maksimal. Centang dan klik Pesan Sekarang!
  • Setelah melakukan pembayaran untuk paket TOKKO Plus, saya segera menghubungkan toko dengan salah satu kanal iklan yang lebih besar yakni Facebook Page. Langkah mudah, tinggal klik fitur Marketing padamenu di sebelah kiri bergambar megaphone.Lalu pilih Hubungkan pada kanal yang kita kehendaki.
  • Lalu akan muncul halaman Iklan dengan serangkaian penjelasan dan kita tinggal tekan Hubungkan.
  • Tinggal tunggu aktivasi yang akan me-link-kan toko kita dengan Facebook Page. Jangan bingung karena virtual assistant siap membantu jika dibutuhkan.

Dengan langganan TOKKO Plus, kita bukan cuma bisa berjualan aneka produk sesuai potensi yang ingin kita garap, terutama produk lokal yang dtergolong UKM-UMKM yang selama ini terkendala pemasaran. Paket layanan yang ditawarkan TOKKO Plus sangat terjangkau, sepadan dengan fitur dan manfaat yang diberikan, misalnya data analitik toko yang bisa menjadi bahan evaluasi agar toko kita lebih berkembang.

Inilah saatnya maju dengan gampang tanpa bimbang. Cukup membuka toko online di TOKKO tanpa harus takut kemahalan. Mau gratis bisa, mau lebih optimal tinggal tambah langganan TOKKO Plus. Sesuaikan dengan kebutuhan, upload produk secara berkala dengan tetap menjaga mutunya. Dengan pemasaran yang luas, TOKKO adalah solusi jitu jika kita ingin meraup untung walaupun tinggal di kampung.

Tak ada alasan untuk tidak JUALAN ONLINE BENERAN hanya karena terkendala modal atau perangkat. Dengan TOKKO, kita bisa berjualan menggunakan smartphone atau laptop di mana saja tanpa sekat dengan langsung menyasar konsumen yang tepat. TOKKO adalah pilihan bijak sebagai aplikasi direct-to-consumer no. 1 di Indonesia untuk mendongkrak kemajuan UMKM melalui usaha online dan punya website online beneran dengan registrasi yang cepat dan gratis.

Saya sudah buka toko online di TOKKO dan menawarkan kopi lokal sebagai salah satu kekayaan Nusantara. Kamu kapan menjajakan potensi daerah lewat Internet yang semakin mudah?

1 Comment

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s