Simak Cara Membuat Lontong dengan Magic Com, Tidak Ribet!

Sebagai makanan khas Indonesia, lontong biasanya ditemukan pada acara-acara tertentu dan hari-hari besar istimewa. Biasanya lontong disajikan untuk memperingati hari-hari besar tertentu seperti Hari Raya Idulfitri dan Iduladha ataupun acara pernikahan tertentu.

Namun, biasanya proses pembuatan lontong ini berbeda-beda tergantung dengan yang membuatnya. Bisa dimasak dengan cara direbus dengan menggnakan dandang ataupun ada satu cara unik untuk mempersingkat proses pemasakannya yaitu dengan cara membuat lontong dengan magic com.

Kenapa Lontong Banyak Disukai?    

Lontong merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang biasanya dimasak dengan menggunakan balutan daun pisang untuk membungkus beras yang ada didalamnya. Biasanya lontong ini akan direbus selama beberapa menit dalam suatu wadah dandang besar dengan air yang banyak dan tenggelam untuk membuatnya matang dengan sempurna.

Namun pada beberapa cara, untuk mempersingkat waktu pembuatannya, ada juga yang mempopulerkan proses pembuatan lontong dengan bantuan magic com. Bagaimana proses pembuatannya ya? Simak pada pembahasan paragraf dibawah ini!

Asal Muasal Lontong

Jangan hanya tahu proses pembuatan dan menikmatinya saja, namun kamu juga harus paham sebenarnya makanan yang satu ini berasal dari daerah mana? mari simak disini!

Lontong meruapakan salah satu makanan khas yang berasal dari Indonesia yang dibuat dari bahan utama beras sebagai pengganti nasi yang dimasak dengan balutan daun pisang sehingga lontong memiliki warna hijau pada bagian luarnya dan putih pada bagian dalamnya.

Berbagai daerah di Indonesia juga memiliki masakan khas yang dikombinasikan dengan lontong seperti lontong balap Surabaya, Kupang lontong, dan Lontong Orari.

Bahan-bahan pembuatan lontong dengan Magic Com

  • 3 cup Beras
  • Air secukupnya
  • 1 sdt garam 

Cara Pembuatan Lontong Dengan Magic Com

1 | Cucilah beras terlebih dahulu

Hal utama yang harus kamu lakukan dan sangat penting adalah dengan mencuci terlebih dahulu beras yang akan digunakan untuk menjadi lontong. Pencucian beras ini berguna untuk menjaga kebersihan dan kualitas beras ketika sudah menjadi lonting nantinya.

2 | Masukkan beras kedalam magic com

Setelah dicuci hingga bersih, beras yang sudah kamu takar tadi perlu kamu masukkan kedalam magic com yang merupakan alat yang akan kamu gunakan untuk memasak lontong kali ini.

3 | Tambahkan air dan garam kedalamnya

Setelah itu, kamu bisa menambahkan air dan garam kedalamnya sesuai dengan takaran yang kamu inginkan. Jika kamu suka, kamu juga bisa menambahkan lontong tersebut dengan daun salam dan serai agar lontongmu lebih kaya akan rasa.

4 | Masaklah beras seperti biasa kamu menggunakan magic com

Selajutnya, masaklah beras lontong ini seperti biasa kamu memasak beras menggunakan magic com ini sampai berbunyi tanda matang. Sebaiknya jangan dibuka terlebih dahulu apabila waktunya masih kurang dari 10-15 menit.

Setelah itu, kamu bisa mengaduknya agar beras dan bumbu menjadi rata sambil sesekali ditekan-tekan agar tekstur nasi menjadi lebih halus seperti tekstur lontong pada umumnya.

5 | Siapkan wadah pembentuk lontong

Kamu juga peelu menyiapkan wadah yang dapat membentuk lontong dengan wadah loyang ataupun berbagai tempat lainnya sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menggunakan plastik yang berukuran ½ kg lalu ditekan-tekan hingga tidak menimbulkan rongga apapun.

6 | Atur takaran mug beras

Tahukah kamu jika dengan takaran 3 mug beras kamu bisa mendapatkan 3 bungkus plastik atau 2-3 loyang sesuai dengan ketebalan lontong yang anda inginkan.

7 | Tusuk-tusuk plastik agar uap keluar

Jika balutan lontong yang kamu gunakan adalah plastik, maka ada baiknya sesekali kamu harus menusuk-nusuk plastik hingga uapnya bisa keluar dan lontong tidak cepat basi.

Jika kamu menggunakan wadah tertentu, kamu bisa menutupnya setelah lontong tersebut menjadi dingin agar tidak merusak tekstur dan rasa dari lontong ini.

Tahu campur dengan lontong yang pulen, yummy!

Ketika matang, lontong bisa disajikan dengan aneka lauk sesuai selera. Bisa bakso panas, kari, gulai, dan tentu saja tahu campur khas Lamongan yang saya sukai, hehe.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s