Olahraga yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan untuk Jaga Kebugaran

tim futsal JNE

Ramadan tahun 2022 adalah momen yang istimewa. Walau aura pandemi masih terasa, tapi Ramadan 1443 H kaum muslim bisa melaksanakan tarawih dengan leluasa dibanding dua tahun sebelumnya. Yang lebih melegakan, tradisi mudik boleh dilakukan kembali walau tetap diikuti himbauan untuk menaati prokes untuk mengantisipasi lonjakan kasus di luar perkiraan.

Salah satu kiat agar puasa Ramadan berjalan sesuai harapan adalah mempertahankan kesehatan badan. Dengan tubuh yang bugar, pikiran akan ikut segar. Banyak hal akan bisa kita kerjakan, terutama ritual penting seperti tarawih, kalau kesehatan terjaga dan tak ada stres pikiran. Semua bisa dimulai dengan aktivitas fisik bernama olahraga.

Olahraga saat Ramadan

Apakah bisa berolahraga selama bulan Ramadan? Sangat bisa dong asalkan kita paham waktu dan cara melakukannya. Beberapa olahraga berikut bisa dicoba untuk menjaga vitalitas selama berpuasa agar tidak loyo atau kebanyakan tidur yang bisa berbahaya.

1 | Jalan dan jogging

Selepas Subuh energi dalam tubuh masih tersedia cukup banyak sehingga waktu yang tepat untuk berolahraga adalah di pagi hari. Saya biasa jalan kaki di taman kota selama sekitar 30 menit untuk mendapatkan manfaat yang dibutuhkan.

Kalau memungkinkan, jogging bisa dijadikan variasi pada pagi hari atau pada sore hari untuk menjaga kesimbangan tubuh selama kita berpuasa.

2 | Bersepeda

Bersepeda bisa dilakukan saat berpuasa. (Foto: freepik dotcom)

Bersepeda juga bisa dilirik sebagai opsi olahraga yang asyik selama puasa Ramadan. Di pagi hari udara masih segar sangat pas untuk dimanfaatkan menggowes dalam jarak pendek. Selain mendapat pemandangan segar kita juga bisa membakar kalori sebagai persiapan puasa sepanjang hari.

3 | Bulu tangkis

Jika jogging dan bersepeda bisa dilakukan di pagi hari, maka bulu tangkis atau badminton dapat dipilih untuk dimainkan pada malam hari. Olahraga paling populer di Indonesia ini memang tak pernah sepi penggemar.

Di kota-kota kecil kian banyak terlihat gedung yang digunakan sebagai pusat latihan badminton. Bukan hanya mudahnya permainan yang membuat bulu tangkis digandrungi, tapi karena manfaat besar yang didapatkan pemain.

Bermain badminton apat membantu memperkuat otot-otot jantung sekaligus meningkatkan denyut jantung yang normal sehingga detaknya lebih teratur. Bulu tangkis juga disebut-sebut dapat menurunkan berat badan lantaran banyaknya kalori yang terbakar selama kita bermain bulu tangkis.

4 | Futsal

Olahraga terakhir ini sangat populer di kota kami, tak terkecuali di perumahan yang kami huni. Ya, siapa yang tak kenal futsal? Sepak bola versi mini ini populer sejak 2002 ketika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah oleh Asian Football Confederation (AFC) dalam putaran final kejuaraan futsal tingkat Asia di Jakarta dari 22 – 30 Oktober 2002.

Tim futsal JNE merayakan kemenangan. (Foto: bola.okezone.com)

JNE Futsal makin digemari karena fleksibilitas permainan dengan jumlah pemain lebih sedikit, lapangan lebih kecil, dan bola yang lebih ringan dibanding permainan sepak bola (soccer). Dengan 5 pemain dalam satu tim, termasuk penjaga gawang, permainan bisa makin menyenangkan dan bisa dilakukan banyak orang.

Olahraga futsal di kota kami biasa dimainkan pada malam hari karena siang hari para pemain amatir rata-rata bekerja kantoran. Maka selama Ramadan olahraga ini bisa tetap dilakukan tanpa mengganggu aktivitas puasa atau tarawih. Yang penting tetap mengenali kondisi badan sendiri sebelum bermain.

Official COSMO JNE FC di AFF Thailand 2022

Nah, berbicara tentang olahraga futsal, ada kabar baik yang perlu saya bagikan buat BBC-Mania dan pembaca semua. Timnas futsal Indonesia akan berlaga di piala AFF Thailand 2022. Tentunya wajar kalau kita punya harapan besar agar mereka menang sebagai juara.

Timnas futsal akan diperkuat oleh para pemain dan official COSMO JNE FC pada gelaran Piala AFF Futsal Championship Thailand pada 2 – 10 April 2022. Ada empat pemain yang terpilih yakni M. Rizki Xavier, Dewa Rizki, Firman Adriansyah, dan M. Iksan Rahadian. Pemain kebanggaan COSMO JNE FC akan didampingi oleh dua official dan tentu saja dikomando oleh pelatih asal Iran, Coach Mohammad Hashemzadeh.

Lolosnya empat pemain Cosmo JNE FC dalam jajaran pemain inti timnas futsal Indonesia bisa dimaklumi sebab tim Cosmo JNE FC saat ini menduduki peringkat 2 Liga Futsal Profesional Indonesia 2021 dengan torehan 26 poin dari 8 kali menang, 2 kali seri, dan hanya 1 kalah. Kemampuan bermain di atas rata-rata keempat pemain wajarlah mengantarkan mereka untuk memperkuat timnas di Thailand bulan ini.

Connecting happiness

“Mewakili keluarga besar JNE, kami merasa bangga Cosmo JNE FC menjadi penyumbang pemain terbanyak untuk timnas futsal Indonesia yaitu  4 pemain dan 2 official dipanggil untuk membela timnas Futsal Indonesia yang akan berlaga di Thailand nanti,” ujar M. Feriadi Soeprapto, presiden direktur JNE mengapresiasi prestasi tim futsal kebanggaan JNE.

Feri berharap Cosmo JNE FC bukan hanya menunjukkan mutu permainan untuk meraih kemenangan, tetapi juga memperkenalkan nilai dan budaya positif JNE ke masyarakat regional karena selama ini JNE memang terbukti rajin berbagi, memberi, dan menyantuni ke seluruh Nusantara yang dibingkai dalam tagline “connecting happiness” sebagai rahasia kesuksesan JNE.

Yang penting adalah mampu menunjukkan permainan terbaik dengan sportivitas dan all-out agar kemenangan bisa diwujudkan lewat kerja keras, perjuangan, dan pertandingan tak kenal lelah. Demikian imbuh Feriadi.

Di sisi lain, owner Cosmo JNE FC, Akbar Pera Baharudin yang akrab disapa Ajudan Pribadi, menyambut dukungan JNE dengan penuh kebanggaan dan ungkapan terima kasih mendalam sehingga timnya mampu berlaga di kancah nasional dan kini di tingkat ASEAN.

Senada dengan Fachri Reza selaku kapten tim Cosmo JNE FC, Ajudan Pribadi juga menargetkan kemenangan berkat dukungan besar JNE bagi tim yang ia pimpin. Fachri Reza optimistis kemenangan bisa diraih sebab peluang terbuka lebar. Semuanya sudah dimulai dengan terpilihnya terpilihnya 4 pemain dan 2 official dalam piala AFF Thailand 2022, jadi tinggal usaha dan doa yang akan mengharumkan timnas futsal Indonesia dalam pergelaran bergengsi ini.

1 Comment

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s