Deretan Wisata Alam Eksotis di Banyuwangi, Panorama Cantik dan Magis!

Alam di Bandung, Bali, dan Jogja memang sangat memikat hati. Tapi sesekali kamu juga perlu ke Banyuwangi. Wilayah yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki segudang wisata alam dengan panorama yang sangat eksotis, lho. Mampu menyihir para pengunjung yang melihatnya.

Tenang saja, bagi warga Ibu Kota yang ingin liburan ke wilayah dengan julukan The Sunrise of Jawa ini, banyak pilihan akomodasi nyaman yang ditawarkan. Misalnya Luminor Hotel, Hotel Santika, dan lain-lainnya. Jika ingin menginap murah, manfaatkan Traveloka Flash Sale. Kamu bisa dapatkan diskon sampai 50%, baik hotel atau Holiday Stays.

Bagi kamu yang masih buta tujuan saat liburan di Banyuwangi, berikut ini rekomendasi wisata alam dengan panorama eksotis yang memanjakan mata.

1. Blue Fire di Kawah Ijen

Blue fire di Kawah Ijen yang menawan (Foto: Oliver Grunewald/nationalgeographic.com)

Salah satu daya tarik wisata di Banyuwangi adalah pesona blue fire atau api biru di Kawah Ijen. Karena kecantikan dan pesonanya, banyak yang memasukkannya sebagai bucket list yang ingin dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Dan memang, panoramanya sepadan untuk diperjuangkan.

Tidak hanya api biru, pemandangan alam dari ketinggian ditambah juga dengan banyaknya bunga edelweis juga membuat wisata ini makin menawan. Lokasinya berada di dua kabupaten, yakni Bondowoso dan Banyuwangi. Sebelum naik ke atas, persiapkan stamina dengan baik supaya tetap bugar dan bisa menikmati petualangan.

2. Djawatan Benculuk

Tempat wisata di Banyuwangi lainnya yang kondang dengan keeksotisannya adalah Djawatan Benculuk. Awalnya, ini merupakan lahan perkebunan pohon trembesi sekaligus lokasi penimbunan pohon jati. Namun lama kelamaan, pohon trembesi ditumbuhi benalu dan pakis yang membuatnya terkesan magis.

Pohon trembesi di sini ukurannya raksasa dengan usia rata-rata 100 sampai dengan 150 tahun. Jadilah semakin menunjukkan keindahannya. Apalagi, tempat ini juga sudah dikelola secara serius dan ditambah dengan berbagai fasilitas. Mulai dari spot foto, warung-warung makan, dan parkir yang luas.

Lokasi Djawatan Benculuk ini berada di Desa Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Dari pusat kota Banyuwangi, lokasinya bisa ditempuh 30-60 menit, tergantung dengan kondisi jalanan. Jika lengang, tentu saja akan lebih cepat bisa dicapai.

3. Bangsring Underwater

Sementara bagi kamu yang suka dengan keindahan biota bawah laut, bisa berkunjung ke Bangsring Underwater atau Rumah Apung Bangsring. Ini merupakan sebuah rumah apung yang berada sekitar 100 meter dari garis pantai. Salah satu biota bawah laut yang cukup menarik perhatian adalah anak hiu.

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini, mulai dari snorkeling, naik speedboat, diving, dan lain sebagainya. Fasilitas yang ditawarkan juga semakin lengkap, mulai dari persewaan pelampung dan alat snorkeling, jasa fotografi, parkir, dan lain sebagainya. Alamatnya berada di Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi.

Bagi kamu yang ingin berlama-lama di sini, bisa menginap di Bangsring Breeze. Ini merupakan resort mewah dengan panorama Kawah Ijen dan Bali. Fasilitasnya banyak, ada akses Wifi, penjemputan bandara gratis, TV layar datar, AC, dan lain sebagainya. Bagi yang ingin bersantap, bisa juga ke Bangsing Breeze Restaurant dengan menu hidangan lokal Jawa Timur dan Barat.

Tertarik menginap di Bangsing Breeze? Kamu bisa pesan di Traveloka. Harganya mulai dari Rp 1,75 juta per malam. Supaya bisa lebih hemat, jangan lewatkan Traveloka 9.9. Kamu bisa dapatkan diskon sampai 70% ditambah lagi kupon diskon sampai Rp 999,999. 

Supaya makin hemat lagi, bayar pakai PayLater dari Traveloka. Solusi pesan hotel saat tanggal tua dan dompet sedang menipis. Periode diskon ini berlangsung 24 Agustus sampai 9 September 2022, jangan sampai terlewat!

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung yang memanjakan peselancar. (Foto: pelakubisnis.com)

Destinasi selanjutnya adalah Pantai Plengkung atau yang dijuluki sebagai G-Land. Tempat ini memiliki panorama yang sangat cantik dan juga jadi spot favorit wisatawan mancanegara untuk berselancar. Ketinggian ombaknya bisa mulai dari 1-5 meter, sangat menantang adrenalin bagi para peselancar dunia.

Selain berselancar, para pengunjung juga melakukan aktivitas lainnya. Misalnya saja bersepeda, trekking, mengelilingi Taman Nasional Alas Purwo, diving, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di Desa Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi.

5. Taman Nasional Alas Purwo

Destinasi wisata satu ini juga sangat terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya. Lokasinya memiliki luas sampai 43.420 hektar yang terbagi lagi menjadi beberapa wilayah. Banyak orang yang datang ke tempat ini untuk sekadar hunting foto atau melihat keindahan alamnya.

Alas Purwo sendiri juga merupakan hutan tertua di Pulau Jawa yang sampai sekarang masih membuat banyak orang penasaran. Banyak sekali misteri dan mitos yang menyelimuti. Namun dibalik itu semua, alam di sini sangat jelita. Banyak objek wisata di dalamnya yang bisa dituju. Contohnya saja Goa Istana, Pantai Pancur, dan lain-lain.

Bagi kamu yang gemar melihat keindahan alam, 5 spot destinasi wisata Banyuwangi yang sudah disebutkan bisa jadi rekomendasi untuk dikunjungi selanjutnya. Jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner khas Banyuwangi yang sangat beragam ya. Yuk segera bikin itinerary dan pesan tiket transportasi sekaligus akomodasinya hanya di Traveloka!

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s