Berbagai Pulau Cantik dan Memukau di Wisata Kepulauan Seribu

pulau bidadari

Menjelang akhir tahun, aroma liburan tercium nih, BBC-Mania! Kayaknya enak ya melancong ke pulau-pulau yang tersebar di lautan tanpa perlu jauh-jauh pergi ke luar Pulau Jawa. Kenapa? Karena di dekat Jakarta ada wisata Kepulauan Seribu yang menawarkan banyak pulau untuk disinggahi. Menariknya, setiap pulau tentu memiliki pesona dan keindahannya masing-masing yang bisa disaksikan semua orang, termasuk liburan akhir tahun bersama keluarga.

Kepulauan Seribu yang letaknya ada di seberang Kota Jakarta mengarah ke utara. Jarak yang dekat dari Ibu kota tentunya membuat masyarakat yang tinggal di Jabodetabek bisa menikmati keindahan pulau hanya dengan naik perahu sekitar beberapa jam saja. Penasaran dengan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu? Berikut ini akan saya jelaskan secara lengkap mengenai pulau-pulau cantik dan memukau yang ada di sana.

Pulau Bidadari

Pulau yang dibahas pertama di Kepulauan Seribu adalah Pulau Bidadari yang ternyata menyimpan nilai sejarah. Dulunya saat masa penjajahan, pulau ini digunakan sebagai tempat pengasingan bagi orang yang sakit sehingga diberi nama Pulau Sakit. Di pulau ini, setiap pengunjung bisa dengan bebas menikmati udara segar dan melakukan ragam aktivitas di laut lepas seperti banana boat, kano, sampai jetski. Lengkapi juga liburan di pulau dengan menginap di kawasan eco-friendly resort yang dibuat dengan konsep perkampungan nelayan yang ada di Minahasa yang terapung di atas lautan.

Pulau Ayer

Selanjutnya ada Pulau Ayer yang terkenal dengan resort berkonsep rumah adat dari Papua yaitu Honai yang terapung di atas air laut. Sama halnya dengan Pulau Bidadari, ternyata pulau ini juga punya nilai sejarah karena dulunya Presiden Soekarno dan juga Raja-Raja dari Banten menjadikan Pulau Ayer ini sebagai tempat untuk beristirahat. Fasilitas yang ada di pulau ini juga terbilang lengkap karena ada banyak pilihan watersport yang bisa dilakukan pengunjung. Selain itu, terdapat juga toko-toko yang menjual cenderamata untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga. Dari pulai ini juga banyak kapal yang lalu lalang menuju Jakarta dan jumlahnya cukup banyak sehingga tidak perlu khawatir ketinggalan kapal.

Pulau Onrust

Pesona Pulau Onrust yang memukau (Foto: pulaubidadari.com)

Biasanya Pulau Onrust ini dikunjungi dengan mengikuti paket one day trip yang juga akan mengunjungi Pulau Kelor dan juga Pulau Cipir. Dulunya pulau ini dijadikan sebagai asrama haji untuk para jamaah yang berasal dari Indonesia yang dibuat oleh Pemerintah Hindia Belanda saat itu. Kata dari Onrust sendiri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Belanda yang berarti tidak pernah beristirahat karena pada saat dahulu kala pulau ini difungsikan untuk pergudangan dan juga banyak kapal yang ada di pulau ini setiap hari.

Itulah 3 pulau cantik dan ternyata mempunyai nilai sejarah yang bisa dipelajari para pengunjung. Jika penasaran dengan kepulauan lain yang ada di Indonesia maka bisa mengunjungi wisata Raja Ampat di Papua dan tentunya pengunjung akan benar-benar merasakan keindahan laut yang ada di bagian Timur Indonesia.

Advertisement

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s