Memasuki Usia 32 Tahun, JNE Perkuat Komitmen Majukan Ekonomi Bangsa

JNE tak bisa dilepaskan dari kehidupan saya. Ketika memutuskan resign tahun 2009 dan mulai berjualan buku, saya mengandalkan JNE sebagai ekspedisi pengiriman ke berbagai kota. Kala itu memang belum ada tren aplikasi pengiriman, tapi JNE sudah unggul dengan cakupan layanan yang luas dan gerai pengiriman yang banyak.

Ketika era medsos mendominasi, terutama Instagram dan Twitter, JNE kian menancapkan tajinya sebagai perusahaan logistik terkemuka di Indonesia. Bukan hanya layanan yang kian inovatif, misalnya peluncuran aplikasi MyJNE dan keanggotaan eksklusif lewat JLC (JNE Royalty Card), di sisi lain JNE semakin aktif mengadakan program dan kegiatan untuk memajukan ekonomi bangsa, terutama UMKM.

Semangat memajukan UMKM

Januari 2021, misalnya, saya mengikuti Goll..Aborasi Bisnis Online yang menghadirkan dua pelaku UMKM sukses. Acara yang diselenggarakan secara online lewat Zoom ini sangat menginspirasi peserta karena dua narasumber membocorkan kiat sukses usaha, terutama bagaimana agar bertahan selama pandemi. Yang saya ingat betul adalah perwakilan Sambal Bu Rudy Surabaya yang memberikan semangat untuk tidak menyerah dan bisa beradaptasi dengan situasi.

Seiring waktu berjalan, Goll..Aborasi Bisnis Online ternyata dihelat di berbagai kota dengan harapan menyuntikkan semangat berkembang bagi UMKM setempat. Acara ini sangat bermanfaat bukan hanya bagi peserta yang bisa belajar bisnis, tapi juga menjalin networking dengan pelaku usaha lain.

Bukan cuma itu, peserta yang ikut Goll..Aborasi Bisnis Online juga mendapat poin pengiriman di JLC serta bisa mendapatkan berbagai voucher menarik dari kuis yang digelar selama zoom meeting. Intinya, semua gembira dan merasakan manfaatnya, tepat seperti tagline JNE “Connecting Happiness” yang ingin selalu menjadi jembatan kebahagiaan bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Bangkit bersama di usia ke-32

Menandai usia 32 tahun pada 26 November 2022 kemarin, JNE terus bergeliat untuk mendukung kemajuan ekonomi bangsa, baik secara langsung maupun tak langsung. Memang sejak didirikan pada 26 November 1990 silam, founder alm. H. Soeprapto Soeparno selalu mengingatkan agar JNE memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan perekonomian Indonesia dalam berbagai cara.

Ini ditegaskan oleh putra pendiri JNE yakni M. Feriadi Soeprapto yang kini menjabat Presiden Direktur JNE. Ia bersyukur bahwa selama lebih dari 3 dasawarsa JNE telah menjadi bagian dari ekosistem dunia usaha yang mengambil peran penting dalam perekonomian nasional.

Memasuki usia ke-32, JNE diharapkan mampu mewujudkan visi sebagai perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global. Ini seolah menggaungkan narasi besar yang pernah disampaikan oleh Pak Soeprapto dan co-founder Johari Zein.

“Tema HUT JNE Bangkit Bersama memiliki makna untuk menggelorakan dan menebarkan energi positif dan optimisme untuk Indonesia, serta mengajak masyarakat, pelanggan, mitra dan stakeholder untuk terus maju dan adaptif dalam berkarya, berinovasi dalam beragam program kolaborasi agar memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.”

Dengan mengusung tema ”Bangkit Bersama”, JNE menegaskan spirit untuk senantiasa meraih Progress, Pertumbuhan, Pergerakan, dan Perjalanan. Ini terbukti dari metamorfosis JNE yang semula hanya perusahaan kecil tetapi kini berkembang dengan dukungan lebih dari 50.000 orang Ksatria dan Srikandi (Karyawan).

Uniknya, JNE mengadopsi ekosistem perusahaan yang inklusif karena baik manajamen maupun karyawan diisi oleh staf dari berbagai suku dan bahasa. Kerja kolaboratif ini mampu melahirkan lebih dari 8.000 jaringan yang terus bertumbuh dan menebarkan manfaat demi terciptanya Indonesia bangkit bersama-sama.

JNE yakin bahwa sinergi dan kolaborasi akan mampu menggerakkan roda perekonomian melakui UMKM, juga pelanggan dan mitra yang senantiasa siap menghadapi tantangan dan bangkit dari ujian dalam perjalanan mewujudkan kebahagiaan di seluruh Nusantara.

Makin peduli, makin giat berbagi

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial, salah satu rangkaian program dalam menyambut puncak HUT JNE adalah shopping bareng anak yatim dan duafa dari 20 yayasan yatim piatu yang ada di Jabodetabek. Acara serupa juga digelar di cabang JNE sebagai pengejawantahan filosofi Berbagi, Memberi, dan Menyantuni.

Selain belanja bareng, diadakan juga lomba foto, lomba video, khataman Al-Quran, doa tasyakuran dan potong tumpeng, dilanjutkan dengan ziarah ke makam pendiri JNE alm. H. Soeprapto Soeparno. Dengan cara seperti ini para pegawai JNE dan anak-anak yang terlibat akan mampu menyerap dan meneladani nilai-nilai positif yang telah dipancangkan oleh Pak Soeprapto Soeparno.

Adapun bagi pelanggan setia yang tinggal jauh di antero Nusantara, mereka bisa menikmati berbagai kuis dan giveaway yang digelar secara masif di media sosial JNE. Ada Games Si Joni berhadiah motor keren, ada pula giveaway produk lokal bersama UMKM unggulan. Kalau saya sih sudah ikut giveaway yang kedua ini karena mupeng dapat hadiah sepatu Eiger dan sepeda lipat Wim Cycle sebagai brand lokal yang bermutu.

Teman-teman BBC Mania yang sudah jadi anggota JLC juga dimanjakan selama periode 21 – 30 November 2022 dengan kesempatan menukarkan sebanyak 32 poin menjadi e-voucher ongkir sebesar Rp32.000. Bukan sebatas itu, masih ada promo diskon ongkos kirim sebesar 32% pada 26 – 27 November 2022 khusus untuk kiriman service Reguler ke seluruh tujuan di Indonesia.

Kolaborasi dengan seniman penyandang disabilitas

Yang lebih menarik adalah kolaborasi JNE dengan Tab Space asal Bandung, yaitu studio komunitas seniman disabilitas. Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan agar seniman disabilitas punya ruang berkarya dan Bangkit Bersama, maka JNE meminta mereka mendesain merchandise khusus HUT JNE ke-32 tahun. Kolaborasi ini juga bukti bahwa seniman disabilitas bisa berkarya dan mempromosikannya agar lebih dikenal masyarakat luas.

Selain kolaborasi asyik itu, puncak HUT JNE ke-32 digelar secara hybrid di Taman Yatim Piatu Tunanetra (Yatuna) Soeprapto Soeparno, Jalan Pusdiklat Depnaker, Jakarta Timur, pada Minggu 27 November 2022 pukul 09.00 WIB sampai selesai. Acara berjalan lancar setelah dibuka dengan doa bersama yang dipimpin oleh Syekh Muhammad Jaber. Acara tersebut dihadiri manajemen JNE, para mitra dan karyawan, tentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Para karyawan JNE di seluruh pelosok negeri yang tak bisa hadir bisa menyaksikan kemeriahan acara melalui Channel Youtube JNE, juga oleh digital army karyawan JNE dari beberapa cabang yang didatangkan turut melakukan liputan acara di media sosial mereka.

Rico Ceper dan Bella Aprilia Sant yang didapuk sebagai MC sanggup menghidupkan acara yang diikuti oleh lebih dari 50.000 Ksatria dan Srikandi JNE di seluruh Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi, JNE lantas membagikan doorprize dan grandprize kepada karyawan, antara lain berupa sepeda motor dan hadiah utama berupa dua unit rumah untuk karyawan yang beruntung.

Selain itu, masih ada ribuan hadiah menarik lainnya dan puncaknya adalah pemilihan karyawan terbaik dari pusat dan cabang. Dengan bintang tamu Kangen Band yang terkenal dengan lagu Pujaan Hati, Terbang Bersamaku, dan Cinta Yang Sempurna, hadirin tampak larut dalam suasana perayaan ultah.

Semoga di usia ke-32, JNE tak lelah berkiprah untuk menciptakan inovasi sebagai perusahaan logistik terkemuka demi memajukan ekonomi bangsa, juga memupuk semangat berbagi lewat berbagai aksi peduli yang selama ini telah menjadi filosofi.

Menutup tulisan ini, tak lengkap jika tidak menyinggung logo HUT 32 JNE yang unik dan hadir dengan warna yang segar. Sebagaimana dikutip dari media internal JNE yakni JNEWS (https://jnewsonline.com), logo HUT JNE yang membentuk angka 32 adalah serupa dengan game tetris yang sering kita mainkan dulu.

Dengan kata lain, logo ini menyiratkan bahwa untuk mencapai titik kesuksesan dibutuhkan kesabaran untuk berproses, harus mau melewati tahap-tahap atau tangga demi tangga dengan strategi sebagaimana saat kita bermain tetris.

Selamat ultah, JNE!

Advertisement

1 Comment

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s