Bobolubiu Chocobina, Kelezatan Cokelat dalam Balutan Ubi Ungu

Beberapa waktu lalu saya mempraktikkan resep Awuk-awuk Ubi Ungu setelah membaca hasil karya Mbak Rebellina. Mengapa terdorong ingin menerapkan camilanย ini? Karena saya penggemar berat aneka ubi. Mulai dari ubi merah, ubi putih, dan tentu saja ubi madu khas Cilembu. Biasanya kami hanya mengukus ubi lalu dikudap pada malam atau siang hari. Praktis, tinggal kupas, cuci, kukus. Makan deh.

Begitu tahu resep Mbak Rebellina tanpa menggunakan oven dan bahan-bahannya pun mudah didapat, saya pun langsung berburu ubi ungu di pasar. Kebetulan setiap hari kami memproduksi wingko yang juga berbahan dasar kelapa dan tepung ketan. Klop deh! Boleh dibilang sukseslah walaupun dicetak pakai cetakan bolu kukus, hehe. Rasanya krenyes-krenyes. Pokoknya enak dan sehat.

Bahan-bahan untuk membuat awuk-awuk

Bahan-bahan untuk membuat awuk-awuk

Yang penting rasanya! :D

Yang penting rasanya! ๐Ÿ˜€

Ternyata ubi ungu yang saya beli (2 kg) masih tersisa. Sebagian sudah saya kukus, tapi tetap belum habis yang mentah. Beberapa hari kemudian sisa yang mentah itu direbus. Rupanya versi rebusan kurang diminati. Masih enakan dikukus. Akhirnya, dengan semangat rawe-rawe rantas, malang-malan putung, ubi kukus pun terpaksa saya sulap jadi Bobolubiu Chocobina. Namanya sih mentereng, padahal cuma singkatan dari: Bola-bola ubi ungu isi cokelat yang bikin nagih! Hehe…

Bahan-bahan:

  • Ubi ungu yang sudah dikukus/direbus (+/- 400 gr)
  • Tepung terigu (+/- 150 gr)
  • Mentega (+/- 3 sendok makan)
  • Gula (secukupnya)
  • Cokelat Ceres (sesuai selera)
  • Garam (seujung sendok teh)

Untuk takaran, saya tidak bisa kasih panduan tepat, hanya perkiraan saja.

Cara memasak:

  • Ubi yang sudah dikukus dicampur dengan tepung, mentega, gula, garam. Aduk perlahan dan merata sampai kalis.

IMG_20150920_062616_HDR copy

  • Bila manisnya sudah pas, bentuk adonan menjadi bola-bola pakai tangan aja biar anak-anak makin lengket dengan kita, hihihi. ๐Ÿ˜‰
  • Isi bola-bola itu dengan cokelat lalu bulatkan lagi. Dalam kasus saya, ada juga beberapa yang saya bentuk semacam pastel agar bentuknya enggak monoton.
  • Bila sudah selesai, goreng dengan api sedang.
  • Setelah itu, sajikan selagi hangat. Dingin pun tetap laku kok!
Krenyes-krenyes, harum bikin nagih! ;)

Krenyes-krenyes, harum bikin nagih! ๐Ÿ˜‰

Harum mentega dan cokelat sangat menggoda loh! Aroma ubi ungu yang khas dibanding ubi jenis lain akan semakin menambah cita rasa. Mudah banget kan? Selamat mencoba!

CATATAN: Warna ubi ungu yang gelap membuat proses pematangan harusย diwaspadai. Pantengin terus, jangan sampai gosong ya. Bila tak ada ubi ungu, ubi jenis lain juga tetap joss.

Advertisements

45 thoughts on “Bobolubiu Chocobina, Kelezatan Cokelat dalam Balutan Ubi Ungu

  1. kapan-kapan nyoba bikin ah, keliatannya enak dan gampang bikinnya. Tapi kok nggak ada takarannya, dikira-kira ya ๐Ÿ™‚

    Like

  2. Mirip timus.. Tp klo timus g pkai mentega…maklum mknan ndheso..jd cm ubi ma gula + tpung dibulet trus digoreng kdg ada isinya gula kdg gak…
    Yg ini varian baru nih…kpn2 sy eksekusi deh..

    Like

  3. Ubi Ungu aroma dan rasanya agak beda ya sama yg kuning/orange.
    Pernah coba bikin talam ubi ungu, ngga lakuuu hehe soalnya rasanya gimanaaaa gitu hihi
    Kirang nampol saur urang Sunda mah.. ๐Ÿ˜€

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s