Menulis di Blog lewat Ponsel

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kesibukan tidak bisa diprediksi, lebih-lebih di kampung saat mudik. Baru mau buka laptop untuk menulis, tiba-tiba ada undangan kenduri yang harus dihadiri. Pun saat kembali ke Bogor, waktu sih banyak–namun sudah dipecah-pecah untuk hal ini dan itu.

Menulis di laptop memang lebih nyaman karena tombol papan ketik relatif lebih besar sehingga minim typo. Namun bentuknya yang besar kadang menghalangi untuk bisa terus menulis secara konsisten di mana saja terutama saat ide-ide mendesak-desak. Nah, di sinilah peran smartphone atau ponsel pintar. Bentuknya yang kecil memungkinkan ia portable atau diangkut ke mana-mana dengan mudah sebab tidak berat bahkan dengan satu tangan saja.

Sesekali saya memanfaatkan ponsel Android untuk menulis post di WordPress. Lebih praktis karena sudah tersedia aplikasi WP di Play Store. Tinggal ketik tulisan, masukkan gambar, tekan ‘Publish‘ langsung terunggah deh. Sejak pertengahan Ramadan saya pun kembali menulis via ponsel. Memang kebanyakan berupa tulisan pendek seperti puisi yang bisa dipenggal-penggal. Namun ada pula teks nonfiksi yang lumayan capai juga saat diketik di ponsel selepas Ramadan.

previewimg

Gambar dari o.s3.envato.com 

Beberapa post yang saya tulis via ponsel antara lain Bagaimana Membalas Perbuatan OrangSeorang Dokter Memuji AyahkuLelaki yang Berjalan Sangat LambanPaket MisteriusWeekly Photo Challenge: Look Up, Kamu Sudah Pergi (puisi), Rembulan Menua (puisi), dan beberapa puisi lain. Terbukti lebih praktis karena mendukung mobilitas tinggi. Namun keterbatasannya adalah kesulitan membubuhkan tautan (link) baik eksternal maupun internal.

Dengan bantuan smartphone, istri saya bahkan pernah merampungkan sebuah buku yang kini sudah diterbitkan. Dia memang telaten. Dijalinnya kata demi kata sampai tuntas menjadi naskah utuh. Ceritanya pernah saya tulis di sini. Lumayan loh royalti tahun pertama kemarin, hehe. Yuk terus menulis, berbagi inspirasi lewat media apa saja.

Advertisements

17 thoughts on “Menulis di Blog lewat Ponsel

  1. aku juga pernah bikin pake handphone cuma sekali itu pun cerita kulineran, menurutku susah upload fotonya yah.. ato aku yg ga bisa hehehe..

    keinatralala.com

    Like

    1. Kalau di aplikasi WordPress Android, sudah sangat praktis kok Mbak Mirna. Tinggal pencet bagian foto lalu pilih dari galeri memori ponsel. Asal koneksi Internet bagus, biasanya lancar mengunggah gambar. Mungkin Mbak postingnya lewat browser kali ya jadi agak repot memang.

      Like

    1. Wah, top banget nih Master! Berarti saya yang baru terbiasa. Kendala ngetik di ponsel yang saya rasakan adalah tangan kanan jadi cepat lelah karena terbiasa nulis pake telunjuk kanan saja. Tapi memang praktis dan sampel ya.

      Like

  2. saya juga menggunakan aplikasi wordpress di ponsel, tapi kalau posting masih lebih sering via laptop si. paling kalau di ponsel untuk balas2 komen hehe

    Like

  3. waaah salut samaa istrinya mas.. saya sudah download aplikasi wp di hp tapi kebanyakan buat dipake BW. Belum pernah nyoba posting lewat ponsel. Mungkin suatu saat saya coba sesekali, nice share

    Liked by 1 person

    1. Lumayan membantu pas lagi ga buka laptop, Mbak. Praktis bisa dilakukan di mana aja. Cuma jari agak lelah kl keseringan karena pake jari telunjuk doang hehe. Ini solusi buat yang sibuk di luar terutama ibu rumah tangga yang pegang anak dan ga mungkin buka komputer. Ayo manfaatin, Mbak. Siapa jadi buku juga hehe. 😁

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s