Masih Galau Cari Kerja? Asyiknya Pakai Jobstreet Aja!

Selepas kuliah tahun 2005 aku tak lagi dirundung kecemasan soal pekerjaan. Sejak mengerjakan skripsi aku telah menekuni tiga pekerjaan sekaligus. Pagi jadi penerjemah lepas di sebuah yayasan sosial, sore mengajar di lembaga kursus bahasa Inggris, sedangkan malam biasanya pergi ke rumah anak les privat. Penghasilan sebagai fresh graduate sudah lumayan kala itu sampai berani ambil kredit motor. Meski tentu saja tenaga habis terkuras dan jadi kurang piknik, hehe.

jobstreet.jpg

Image designed by freepik.com

Setahun kemudian, seiring kebutuhan yang meningkat, aku terdorong mencari pekerjaan tunggal yang lebih besar gajinya. Seorang kawan menginformasikan adanya lowongan menjadi editor buku di Bogor. Kukirim lamaran dan ternyata segera dipanggil untuk tes dan wawancara karena pas ada posisi kosong. Begitu diterima, aku pun meninggalkan Semarang dan pindah ke Kota Hujan. Walaupun pekerjaannya sangat mengasyikkan, aku terpaksa resign karena menikah seatap.

Perkenalan pertama

Sejak itulah perburuan lowongan kerja dimulai. Entah berapa banyak surat lamaran kukirimkan. Kebanyakan kutujukan kepada kantor atau perusahaan yang kira-kira sedang membutuhkan karyawan dengan menduga-duga saja. Kali aja lagi butuh. Padahal pola seperti itu boros biaya dan tidak efektif. Pertama, belum tentu ada respons karena tidak berdasarkan iklan vacancy. Kedua, biaya untuk print lamaran beserta dokumen plus ongkos kirim lumayan terasa kalau sering mengirim berkas.

Kalau tak salah ingat seorang teman asal Kuningan mengenalkanku pada Jobstreet, kira-kira tahun 2007. Situs berisi lowongan kerja ini terbukti cukup menguntungkan dan akhirnya sangat kuandalkan. Jelas lebih murah dibanding media cetak seperti koran karena cukup mengaksesnya lewat jaringan Internet. Selain itu, aplikasi atau surat lamaran kerja tak harus di-print dan dikirim via pos yang butuh biaya tertentu. Cukup menyiapkan portofolio terbaik, lalu diunggah di akun kita di Jobstreet, maka peluang terbuka lebar. Kita bisa kirimkan ke available post mana saja menggunakan data tersebut.

LiNa yang setia

Bukan cuma banyak lowongan berkualitas yang ditawarkan Jobstreet, tapi juga update lowongan yang dikirim secara otomatis ke email saya. Dialah LiNa si agen pencari karier yang membantu kita hampir sepanjang waktu. Saya katakan demikian sebab setiap hari—selama ada posisi yang cocok dengan profil kita—maka LiNa akan memberitahukannya melalui email pribadi. Tinggal duduk manis, LiNa yang cariin, hehe.

info dr lina

Asyik kan kalau sudah ada info gaji begini di email?

Yang paling asyik dari Jobstreet dibanding situs lain seperti JobsDB misalnya adalah tersedianya informasi gaji saat lowongan ditampilkan. Bukan bermaksud matre atau mata duitan, namun bagi orang berkeluarga tentulah gaji jadi salah satu motivasi untuk meminang sebuah posisi. Jangan sampai job desc ribet namun kompensasinya tak sebanding. Adanya bocoran gaji ini (yang bisa diintip langsung di email) adalah fitur yang menghemat waktu kita sebab tak perlu menyeleksi lowongan lain yang tak layak. Jadi kita bisa timbang-timbang apakah gaji itu setimpal dengan beban kerja yang akan kita emban.

Terpercaya karena kualitas

Boleh dibilang Jobstreet ini situs penyedia info lowongan paling terpercaya saat ini. Dibanding karir.com atau JobsDB, pengoperasiannya relatif lebih mudah terutama dalam menyeleksi kategori pekerjaan sesuai jenis yang kita cari. Penentuan lokasi juga mudah dan akurat—juga langsung ditampilkan dalam email kita ketika muncul lowongan terkait. Selain itu, banyak perusahaan berkualitas yang beriklan di sini, jadi kita tak perlu susah-susah membuka situs lain untuk mencari alternatif. Asalkan portofolio kita kuat, yakinlah pekerjaan tinggal pilih saja.

Aku ingat setahun setelah menganggur akhirnya ada panggilan dari sebuah kampus di bilangan Salemba Jakarta Pusat. Gembira betul mendapat telepon untuk tes dan wawancara. Sayang sekali hari itu bertepatan dengan acara keluarga sehingga panggilan itu kuabaikan tanpa pemberitahuan. Belakangan kusadari bahwa tindakan no show alias tidak menghadiri panggilan tes adalah salah besar karena meninggalkan impresi buruk bagi calon employer kita kelak. Bisa saja para calon employer saling mengenal sehingga perilaku ‘salah’ tersebut dibocorkan.

Mudah dan murah

Terlepas dari kesalahan pribadi itu, berburu lowongan kerja melalui Internet terbukti sangat produktif karena hemat, praktis, dan cepat. Sangat bisa diandalkan hingga saat ini. Kini aku sudah meninggalkan Bogor dan menetap di kota kelahiran dengan menekuni pekerjaan sebagai penulis lepas sambil mengelola Saung Literasi untuk anak-anak sekitar rumah.

info lowongan

Banyak pilihan yang menggiurkan loh ….

Walau sudah tak lagi berburu kerja, aku tetap berlangganan Jobstreet untuk memantau kalau-kalau ada lowongan pekerjaan sebagai content writer atau editor yang bisa dikerjakan secara remote. Dan ternyata Jobstreet sering menampilkan lowongan semacam itu loh. Asyik kan?

Jadi kalau BBC Mania masih galau cari lowongan kerja di mana, ya ke Jobstreet aja. Mudah dan murah kok. Tinggal instal aplikasinya di smartphone lalu daftar dan lengkapi isian yang dibutuhkan. Siapkan portofolio yang solid agar dilirik calon employer. Pengalaman kerja sekecil apa pun layak diperhitungkan asal relevan dengan pekerjaan yang kita incar.

info penting

Di pojok kiri atas aplikasi terdapat enam bagian informasi yang penting kita perhatikan. Pertama, unggah foto diri dan profesi kita. LiNa Daily Jobs berisi daftar lowongan sesuai dengan parameter yang sudah kita tetapkan. Search Jobs adalah cara cepat untuk mencari lowongan apa saja berdasarkan jenis maupun lokasi pekerjaan. Silakan pilih. My Saved Jobs memuat daftar pekerjaan yang akan kita buka lagi saat sudah siap. Nah, paling penting My Profile mencantumkan informasi mengenai biodata serta pengalaman kita yang berpotensi menarik calon employer. Sedangkan My Applications berisi aplikasi yang sudah pernah kita kirimkan. Mudah kan?

Jika data dan informasi sudah lengkap, sit back and relax. Tinggal rajin pantau email untuk menentukan pilihan pekerjaan yang paling cocok. Mau cepat kerja, yuk berburu mulai berburu di Jobstreet!

Advertisements

8 thoughts on “Masih Galau Cari Kerja? Asyiknya Pakai Jobstreet Aja!

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s