Bingung Beli Rumah Jadi atau Beli Tanah dan Bangun Rumah Sendiri? Ini Solusinya!

Ketika pindah ke kota kelahiran sekitar dua tahun lalu, isu pertama yang mendesak kami pikirkan adalah tempat tinggal. Ya, rumah memang kebutuhan primer yang sudah sejatinya dimiliki oleh setiap keluarga. Karena rumah bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman, tempat untuk melepas lelah, tempat untuk berlindung dari panas dan hujan, serta tempat berkumpul keluarga maupun teman. Sebagai kebutuhan wajib, rumah juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang di masa yang akan datang.

Tak heran bila permintaan rumah melonjak tajam seiring pertumbuhan penduduk yang tinggi pula. Seperti halnya di Indonesia, dengan pertumbuhan penduduk yang masih cukup tinggi, maka semakin banyak pula orang yang membutuhkan tempat tinggal, sehingga kini bisnis properti seperti perumahan menjadi salah satu bisnis yang banyak digeluti. Nah, bagi BBC Mania yang juga ingin punya rumah, tentunya pengin rumah yang bisa jadi tempat tinggal terbaik bagi keluarga Anda.

rumah sendiri

Begitu memutuskan untuk tinggal di rumah sendiri—sebab ibu sudah serumah sama adik—kebingungan yang mesti dipecahkan apakah kami akan membeli yang sudah jadi ataukah membeli tanah terlebih dahulu baru membangunnya dari nol. Sebenarnya semua itu kembali kepada diri kita sendiri. Membeli rumah jadi maupun membangun rumah dari nol tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pada ulasan di bawah ini akan dipaparkan kelebihan dan kekurangan tersebut. Yuk kita simak bersama-sama.

Kelebihan Membeli Rumah yang Sudah Jadi

Membeli rumah yang sudah jadi merupakan salah satu pilihan yang lebih praktis untuk dilakukan. Apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah, pilihan ini dinilai lebih tepat karena pasangan baru tentu lebih cepat membutuhkan tempat tinggal. Selain itu, dengan membeli rumah sendiri, maka dari segi lingkungan, fasilitas, keamanan serta kenyamanan sudah tersedia dan terjamin. Misalnya, ketika Anda membeli rumah jadi di sebuah perumahan, maka Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai fasilitas dan keamanan yang ada di dalamnya, karena perumahan identik dengan tersedianya kelengkapan fasilitas untuk menunjang kenyamanan para penghuninya.

Pembelian rumah jadi juga membuat calon pemilik tidak perlu merasa bingung dan repot mengurusi prosedur pembangunan rumah hingga urusan perizinan pendirian bangunan. Semuanya telah tersedia secara lengkap sehingga para pemilik tinggal terima jadi rumah tersebut lalu membayarnya. Anda pun tak perlu kerepotan mencari lahan atau tanah yang tepat untuk dibangun sebuah rumah. Anda bisa mendapatkan rumah idaman dengan mengajukan KPR di bank. Anda langsung bisa menempati rumah tersebut meskipun baru membayar maksimal 30% dari harga rumah.

Kini semakin banyak perumahan dibangun di berbagai kota, jadi tak perlu khawatir. Pembeli punya cukup pilihan sebelum beli rumah jadi berdasarkan rentang harga. Harga rumah dijual di Solo yang sudah jadi, misalnya, cenderung stabil, sehingga Anda dapat memperkirakan dan mempersiapkan dana yang harus dikeluarkan. Adapun dana sisa yang dimiliki dapat digunakan untuk keperluan lain seperti berlibur, investasi, atau membeli perabotan yang dibutuhkan. Anda tak perlu pusing memikirkan tetek bengek pembangunan rumah.

Kekurangan Membeli Rumah Jadi

Di samping kelebihan, membeli rumah jadi tentu punya sejumlah kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah bahwa Anda mungkin saja merasa tidak cocok dengan desain maupun model rumahnya. Belum lagi desain-desain di dalam rumah dan setiap ruangannya. Walhasil, ketika terjadi ketidakcocokan seperti itu maka Anda harus melakukan renovasi pada beberapa bagian agar sesuai dengan selera dan keinginan pribadi.

Kekurangan lainnya adalah Anda menjadi terikat dengan jadwal pembayaran cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) di bank. Anda harus menyiapkan dana dalam periode tertentu untuk mencicil pembayaran tersebut. Jadi, intinya Anda tidak boleh melupakan prioritas pembayaran cicilan KPR dan jangan sampai terlewat untuk membayarnya secara tepat waktu.

Kelebihan Membangun Rumah Sendiri

Bagaimana dengan membangun rumah sendiri? Kelebihan membangun rumah sendiri di atas lahan atau tanah yang sudah dibeli sendiri adalah Anda tidak akan terikat jadwal pembayaran cicilan KPR karena pembangunannya telah Anda tentukan sendiri. Selain itu, Anda pun bisa memilih lokasi yang memang Anda inginkan untuk dijadikan tempat tinggal bersama keluarga. Anda bisa menentukan lokasi tersebut berdasarkan sisi kenyamanan yang diinginkan.

Kelebihan lainnya, Anda bisa mendesain bangunan rumah sesuai dengan selera. Anda bisa menggunakan jasa arsitek dan menyampaikan keinginan mengenai model serta desain rumah baik eksterior maupun interior. Semuanya bisa sesuai dengan ekspektasi dan impian Anda untuk membangun rumah ternyaman bagi keluarga. Jangka waktu pembangunan dan penyelesaiannya pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan maupun budget yang dimiliki. Anda tidak terikat oleh waktu dalam membangun rumah Anda sendiri.

Selain itu, jangan lupa pula untuk membuat blueprint rumah sebagai pedoman ketika akan mengurus surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Karena dengan memiliki IMB, Anda dapat menghemat atau bahkan terbebas dari biaya pungutan liar.

Kekurangan Membangun Rumah Sendiri

Dalam membangun rumah sendiri, Anda perlu lebih berhati-hati. Hal ini dikarenakan sebelum membangun rumah, Anda harus memiliki lahan terlebih dahulu. Jika tidak punya lahan, maka Anda harus membeli tanah di suatu tempat yang lokasinya sesuai dengan keinginan. Nah, ketika Anda sudah memutuskan membeli tanah di suatu tempat, maka Anda perlu memeriksa dengan teliti status tanah tersebut. Apakah dokumen-dokumennya sudah lengkap dan apakah status tanah tersebut merupakan tanah sengketa atau bukan.

Anda bisa mengecek surat-surat tanah tersebut ke Badan Pertanahan Nasional dan juga memeriksakan peruntukan lahan pada Dinas Kota atau daerah setempat. Hal ini perlu dilakukan agar Anda terhindar dari sesuatu yang nantinya berpotensi merugikan diri Anda sendiri.

Kekurangan lain membangun rumah sendiri adalah Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengontrak rumah lain selama menunggu rumah Anda dibangun. Belum lagi bahan-bahan bangunan yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Tak ketinggalan juga biaya finishing rumah yang pengeluarannya bisa mencapai 30% dari harga bangunan karena kebutuhan untuk finishing jauh lebih banyak dan mendetail.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan antara membeli rumah jadi atau membangun rumah sendiri dari nol. Dalam kasus kami, akhirnya kami putuskan membeli rumah jadi dengan berbagai petimbangan. Kendali dan keputusan tetaplah ada di tangan kita. Kita hanya perlu menyesuaikannya sesuai kebutuhan dan keinginan pribadi maupun keluarga, demi terciptanya keamanan dan kenyamanan saat menghuninya kelak. Adakah yang punya pengalaman serupa saat pindah kota?

Advertisements

9 thoughts on “Bingung Beli Rumah Jadi atau Beli Tanah dan Bangun Rumah Sendiri? Ini Solusinya!

  1. Kalo saya pengennya beli lahan lalu disain dan bangun sendiri. Untuk mendisain saya serahkan kepada arsitek, tapi konsepnya (grand design) dari saya. Saya punya teman beberapa orang arsitek dan juga ahli struktur.

    Liked by 1 person

    1. Ya Mas Hendri, bangun sendiri terus mandi ya hehe. Asal punya tanah dan dana sedikit bisa cicil bangunnya kan, sama konsultasi dengan tukang atau orang yang paham. Syukur-syukur punya keluarga yang begitu, enak bisa bantu dan dipercaya.

      Like

      1. Yups..bener banget. Nanti aku akan bagikan postingan ttg bikin rumah sederhana, ga mahal, tanpa utang/kredit. Ditunggu yach..klo belum ada..mohon sabar nungguin sampai ada..😂😂😂

        Like

  2. Saya inginnya beli lahan trus dibikin rumah sendiri di kampung halaman (Jogja).
    Tapi gak tau kapan bisa kesampaian, lagi ngumpulin receh di planet Bekasi.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s