Solusi IoT dari Acer Dongkrak Produktivitas dan Efisiensi Biaya

Lewat perhelatan bertajuk Selular Conggress tiga tahun lalu saya mulai mengenal istilah IoT atau Internet of Things. Singkat kata, IoT adalah mengoptimalkan kemajuan teknologi digital untuk mendukung produktivitas manusia modern agar hidup semakin mudah dan praktis.

Saat itu misalnya mulai dikembangkan cara mendeteksi koloni ikan melalui aplikasi yang dibenamkan di dalam ponsel pintar atau smartphone. Inovasi ini jelas turut mempermudah penangkapan ikan sekaligus mengurangi biaya selama melaut.

Acer, pabrikan produk teknologi asal Taiwan rupanya mengendus peluang ini. Saat berbicara di depan awak media yakni jurnalis dan para bloger di Surabaya bulan Juli lalu, Herbert Ang Presiden Direktur Acer Indonesia mengatakan bahwa Acer terus berinovasi guna mencari cara-cara kreatif sebagai solusi agar kehidupan kita semakin produktif.

Teknologi IoT yang ditawarkan Acer diharapkan dapat membantu perusahaan dan pelaku usaha untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antarperangkat. Dengan demikian, pengeluaran bisa ditekan dan keuntungan bisa dilipatgandakan dengan tetap memuaskan pelanggan.

Belum lama ini, tepatnya tanggal 23 Agustus 2019 di Jakarta Acer memperkenalkan solusi bernama Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture. Inovasi ini merupakan solusi berteknologi Internet of Things (IoT) yang menghubungkan beberapa perangkat dalam satu integrasi jaringan untuk memberikan informasi real-time dan keputusan sesuai dengan kebutuhan perusahaan di Indonesia.

Acer paham dan berkomitmen untuk membantu perusahaan dan pemerintah demi mewujudkan smart city pada 2020 dengan melakukan transformasi digital sambil mempersiapkan pelaku bisnis mampu mengimplementasikan Industry 4.0. Jika diadopsi, maka inovasi dari Acer ini akan menjadi solusi guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga kota tersebut. Ekonomi tumbuh dengan kota yang semakin efektif.

“Kami bangga kini Acer sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan hardware dan solusi yang end-to-end juga dapat berperan aktif dalam menyambut era Industry 4.0 dan membantu pemerintah serta pelaku bisnis dalam mewujudkan smart city pada 2020,” demikian ujar Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia.

Lebih lanjut Riko menuturkan bahwa solusi dari Acer sudah sejalan dengan misi pemerintah untuk membangun Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Benua Asia. Agar tercipta smart city yang mandiri, diperlukan kolaborasi antara pihak swasta, pemerintah, dan penyedia solusi. Acer, dalam hal ini, sudah mempersiapkan semua perangkat tersebut untuk bersama-sama membantu perusahaan dan pemerintah melakukan transformasi digital menuju smart city.

Solusi IoT Acer untuk Penerapan Smart City

Salah satu inovasi menarik adalah solusi bernama Smart Water yang akan memberikan keleluasaan kepada perusahaan dan pemerintah setempat untuk mengelola ketersediaan air minum bagi warganya. Solusi ini juga menghubungkan informasi terkini bagi warga dan perusahaan yang ingin mendapatkan kualitas air dan distribusi air yang terkendali, terutama bagi konsumen perusahaan besar, seperti perusahaan agribisnis.

Sedangkan konsumen tingkat rumah tangga bisa memetik manfaat yakni menikmati fitur pelaporan secara real-time mengenai pemakaian air. Pemanfaatan solusi Smart Water sudah diimplementasikan di Kaosiung, Taiwan, bagi perusahaan agribisnis lokal yang membutuhkan distribusi air yang berkualitas untuk irigasi sawah dan peternakan ikan.

Implementasi Smart Water di Kaohsiung ternyata mampu mendongkrak efisiensi penggunaan air sebesar 15% dibanding saat perusahaan agribisnis tersebut belum menerapkan solusi Smart Water. Bayangkan potensi keuntungannya bila diaplikasikan di tanah air mengingat masyarakat kita banyak yang bercocok tanam.

Kenapa Acer Smart Water menjadi solusi komprehensif? Karena terdiri dari rangkaian teknologi yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan berbeda yakni:

  1. Water Quality, yaitu solusi untuk memenuhi kebutuhan industri terhadap ketentuan peraturan pemerintahan yang berlaku mengenai pemantauan kualitas air pada industri besar;
  2. Survei/penelitian menunjukkan terjadinya kebocoran penggunaan air yang cukup tinggi sampai 40% di negara berkembang. Water Flow System akan memantau dan meningkatkan efektivitas penggunaan dan distribusi air pada tingkat industri atau kawasan;
  3. Water Meter merupakan solusi dengan teknologi wireless LORA yang memungkinkan rumah tangga mengirimkan data penggunaan air secara wireless sehingga mudah dipantau.

Adapun Solusi Smart Power dan Smart Lighting merupakan solusi berteknologi IoT yang memudahkan perusahaan dan pemerintah dalam mengatur pemakaian konsumsi energi listrik untuk penerangan kota, gedung, dan instalasinya. Semuanya demi menghemat pengeluaran agar daya yang dikeluarkan bisa tetap optimal dan berkesinambungan.

Terakhir adalah solusi bernama Smart Agriculture yang membantu perusahaan agribisnis dan petani dalam meningkatkan hasil panen dengan cara memberikan informasi data tentang informasi cuaca dan kondisi tanah, kapan waktu tanam dan panen yang tepat. Solusi ini juga membantu petani untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan menghindari kerugian gagal panen akibat cuaca atau hama.

Tertarik dengan solusi IoT dari Acer yang sudah mulai ditawarkan untuk pasar Indonesia? Jangan ragu untuk mengunjungi http://www.commercial.acerid.com guna menemukan informasi mendetail.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s