Ini 8 Referensi Terbaik Belajar Bahasa Inggris di Dunia

BUKAN RAHASIA lagi bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang wajib kita kuasai. Pesatnya perkembangan teknologi informasi semakin mengukuhkan posisi bahasa  Inggris sebagai bahasa global yang tak bisa dihindari. Boleh dibilang bahasa Inggris adalah bahasa pengetahuan sebab sumber-sumber ilmu di dunia, baik berupa buku ataupun ensiklopedia, ditulis dalam bahasa Inggris. Inilah pentingnya ELT (English Language Teaching) bagi penutur nonpribumi bahasa Inggris.

Internet dan jurnal bidang apa pun bisa kita akses dalam bahasa Inggris. Raksasa teknologi pun kebanyakan berada di Amerika Serikat (AS) yang juga berbasis bahasa Inggris. Sebut saja Google dan Facebook yang setiap hari diakses penduduk dunia. Belum lagi produsen IT global seperti Apple dan Hewlett Packard yang juga bermarkas di AS dengan bahasa pengantar Inggris. Maka bisa berbahasa Inggris kini bukan lagi kelebihan melainkan keharusan sebab sudah banyak sekali yang menguasainya. Persaingan sengit terjadi dalam pendidikan dan pekerjaan menggunakan bahasa Inggris.

Bagi BBC Mania yang berminat menguasai bahasa Inggris di era kompetitif saat ini, sejumlah penerbit berikut ini bisa dipertimbangkan sebagai sumber pembelajaran bahasa Inggris terbaik dan tepercaya berkaliber dunia. Artinya, silabus dan materi yang mereka susun telah teruji dan disesuaikan dengan kebutuhan para penutur non-native English. Apa saja penerbit sebagai referensi terbaik belajar bahasa Inggris di dunia?

1 | Cambridge University Press

Siapa tak mengenal Cambridge University Press? Ia dianggap sebagai penerbitan kampus tertua di dunia yang didirikan sejak tahun 1534 oleh King Henry VIII. Logo penerbitan yang dibawahi oleh Cambridge University ini sangat khas dan sering kita lihat di buku-buku terbitan mereka atau jersey kampus tersebut. Buku-buku bahasa Inggris terbitan mereka sangat lengkap, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.

Buku bahasa Inggris terbitan Cambridge dan Oxford

Sertifikasi ujian bahasa Inggris mereka juga diakui secara global. Selain buk-buku ELT, Cambridge University Press juga menerbitkan buku-buku bidang pengetahuan lain, baik sains maupun sosial. Bagi Anda yang membutuhkan sumber belajar untuk sekolah atau kebutuhan mandiri, produk terbitan mereka sangat direkomendasikan. Judul buku bahasa Inggris terbitan Cambridge University Press yang sering dipakai di Indonesia antara lain English in Mind dan Four Corners.

2 | Oxford University Press

Sebagai penerbitan kampus tertua kedua setelah Cambridge Univeristy Press, Oxford University Press (OUP) tentu juga sangat kondang. Bermarkas di kota Oxford dan didirikan sejak abad ke-17, OUP termasuk salah satu penerbitan terbesar di dunia yang menggarap tiga bidang utama: riset, pendidikan, dan ELT. Buku-buku bahasa Inggris terbitan UOP yang banyak dipakai di Indonesia untuk pendidikan menengah (SMP dan SMA) antara lain Aim High dan Headway.

Dengan 6.000 karyawan di seluruh dunia, OUP layak dilirik sebagai penerbit buku-buku ELT bermutu untuk menunjang kemajuan anak atau keluarga Anda. Media sosial mereka seperti Facebook sangat up-to-date dan menawarkan banyak sumber berharga untuk belajar bahasa Inggris. Begitu juga dengan kanal Youtube mereka. Selama pandemi banyak webinar gratis yang bisa kita ikuti.

3 | Pearson English

Pearson English sebagai induk Longman juga sangat terkenal di dunia sebagai penerbit buku-buku pembelajaran bahasa Inggris. Seperti Cambridge dan Oxford, markas besar Pearson Longman juga berada di Inggris, lebih tepatnya di London. Tak heran jika ketiga penerbit besar ini menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris lewat buku-buku terbitan mereka. Wajar dong belajar bahasa Inggris langsung dari negara asalnya.

Kini Pearson memiliki setidaknya 32.000 pegawai di seluruh dunia. Selain Longman, Pearson juga punya penerbitan lain salah satunya Prentice Hall yang juga terkenal di dunia akademik. Sesuai misi mereka yakni membantu orang mencapai kemajuan dalam hidup, lewat email newsletter dan kanal Youtube mereka tak henti mengabarkan program dan progress yang bisa kita capai.

Buku reading terbitan Longman yang bermutu

Mengusung taglinelearning without limits”, buku-buku bahasa Inggris terbitan Longman dari Pearson yang sering dipakai di Indonesia antara lain Backpack (untuk SD), Opportunities dan Snapshot (untuk SMP), dan Cutting Edge (untuk SMA). Longman juga punya buku seri reading yang bagus bernama Keystone.

4 | BBC Learning English

BBC bukan nama asing di kancah dunia. Orang mungkin lebih mengenalnya sebagai media penyiaran yang tepercaya sebagaimana tercermin oleh singkatannya British Broadcasting Corporation. Selain menyiarkan berita, BBC juga memproduksi film, baik serial maupun dokumenter. Sebagai bentuk dukungan terhadap ELT bagi penutur asing, BBC turut menyemarakkan pembelajaran bahasa Inggris lewat website khusus dan kanal Youtube.

Baik lewat website maupun kanal Youtubenya, kita bisa belajar berbahasa Inggris dengan mudah. Semua tersedia tanpa biaya alias gratis. Grammar dan listening bisa kita pelajari dari situs mereka, sedangkan video di Youtube akan mempertajam kemampuan speaking kita. Karena bukan penerbit, maka BBC tidak merilis buku cetak seperti tiga pemain ELT sebelumnya. BBC Learning English senantiasa mendorong agar kita merespons dalam bahasa Inggris, terutama saat meninggalkan komentar di video Youtube.  

5 | British Council: Learn English Online

Layanan belajar bahasa Inggris yanag disediakan oleh British Council ini terbilang cukup lengkap, tak jauh berbeda dengan BBC Learning English. Bahasa Inggris yang disajikan memang cenderung untuk pembelajar remaja atau dewasa. Empat keterampilan (listening, speaking, reading, writing) dibahasa di portal ini. Ada pula kompartemen Grammar, Vocabulary, Business English, dan General English, serta IELTS.

Secara umum, belajar di British Council secara online ini gratis kecuali kita ingin mengambil kursus berbayar atau ingin mengambil sertifikasi/tes. Yang jelas portal ini sangat bermanfaat untuk mendorong kita untuk terus bersemangat belajar bahasa Inggris karena di sana tersedia banyak games, podcast,dan aneka informasi untuk mempertajam kemamupan bahasa Inggris kita.

6 | National Geographic Learning ELT

Bekerja sama dengan Cengage ELT, National Geographic Learning menyeruak sebagai pemain global bidang pembelajaran Inggris yang patut diperhitungkan. Buku-buku bahasa Inggris yang diterbitkan oleh National Geographic Learning terbilang unik karena materi belajar disesuaikan dengan konteks negara setempat.

National Geographic Learning memang berkomitmen membawa dunia ke ruang kelas dan menyulap agar ruang kelas selalu hidup. Program bahasa Inggris mereka memungkinkan para siswa belajar tentang dunia sekitar dengan cara mengalaminya sendiri. Tak heran jika buku-buku bahasa Inggris mereka ‘menjual’ foto-foto indah karena tim mereka bekerja sama dengan National Geographic.

Saya pernah menjumpai buku bahasa Inggris untuk SMP yang dipakai di sebuah sekolah internasional bertuliskan ‘Indonesia Edition’ pada sampul depan. Di halaman isinya gambar/foto dan materi mengadopsi muatan khas Indonesia sehingga anak-anak yang belajar langsung punya keterikatan sesuai dengan pengalaman mereka sehari-hari. Misalnya foto pasar tradisional yang menunjukkan komoditas cabai keriting merah. Penyajian muatan lokal seperti ini menjadi nilai plus karena pelajar Indonesia mudah membangun relasi dengan teks bacaan atau materi apa pun yang ditampilkan dibanding materi yang melulu asing yang tak pernah mereka lihat langsung.

7 | Macmillan Education ELT

Penerbit Macmillan mungkin lebih dikenal lewat kamus-kamusnya, baik untuk segmen anak maupun dewasa. Namun penerbit yang didirikan tahun 1843 di London ini punya buku teks yang menyasar pelajar bahasa Inggris tingkat dasar maupun menengah. Di Indonesia seri Macmillan English yang terdiri dari 6 jilid untuk SD banyak beredar sedangkan untuk tingkat menengah ada Optimise.

Meskipun dirintis di Inggris, kantor besar Macmillan berada di New York, Amerika Serikat. Macmillan Education ELT juga menawarkan buku-buku graded reading sesuai usia atau tingkat pendidikan berupa novel klasik yang disederhanakan. Silakan berlangganan di kanal Youtube mereka untuk mendapatkan kabar terbaru tentang produk atau program unggulan.

8 | Houghton Mifflin Harcourt

Penerbit terakhir ini tak kalah dibanding beberapa referensi yang saya sebutkan di atas. Yang paling dikenal dari Houghton Mifflin Harcourt adalah buku-buku seri reading yang tebal dengan tema beragam dan penyajian yang memikat bagi anak-anak. Serial Florida Reading, misalnya, tampil dengan kemasan dan gambar yang mewah. Cerita-ceritanya unik dan kaya. Keistimewaan ini memang berdampak pada harga yang cukup mahal, tapi bisa diatasi dengan membeli buku bekas.

Salah satu halaman isi Florida Reading buatan Houghton Mifflin Harcourt

Keunikan lain Houghton Mifflin Harcourt adalah adanya program atau divisi khusus yang merilis buku-buku untuk mendukung keluarga homeschooler. Jadi buku-bukunya dirancang khusus untuk memenuhi kurikulum homeschooling sejak TK hingga lulus SMA. Mulai dari matematika, sains, bidang sosial, dan tentu saja bahasa disediakan oleh penerbit ini. Website Houghton Mifflin Harcourt juga sangat lengkap menyajikan informasi yang kita butuhkan. Pun akun media sosial mereka yang selalu aktif dan up-to-date.

Itulah 8 referensi tepercaya dan terbaik untuk belajar bahasa Inggris berkaliber dunia. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi kita untuk mendapatkan sumber terbaik. Ingatlah bahwa penguasaan bahasa Inggris yang memadai akan mengantarkan kita pada peluang lebih baik baik dalam karier maupun pendidikan. Mulailah dari sekarang dengan menyerap dari sumber-sumber bergengsi tingkat dunia.

7 Comments

  1. Kak gw lagi belajar bahasa Inggris ya kak tapi gw sekarang lagi agak stuck karena buat nyusun kalimat itu ada aturan yang beda dan gw cuma belajar dari diri gw sendiri doank kak. Untungnya gw punya aplikasi alkitab yang make bahasa yunani. Menurut kakak worth it ga kak ?
    Cek Juga yah kak web kami.

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s