Kamu Mudah Bergaul? Berkarir Sebagai Relationship Officer Sangat Cocok Untukmu!

Satu dekade yang lalu, kondisi informasi teknologi belum seperti sekarang. Sekarang setiap orang yang berinteraksi dengan menggunakan internet setiap hari. Jarak dan ruang bukan lagi kendala saat ini asal ada internet. Internet dapat menjadi sarana menjalin relasi baru. Bila relasi sudah luas, banyak, dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia atau bahkan mancanegara, salah satu peluang baru dalam meniti karir adalah menjadi seorang relationship officer.

Kata ini pasti sudah sering didengar atau dibaca. Namun, sebenarnya mengapa disebut relationship officer ini adalah pekerjaan yang tepat untuk orang yang mudah berinteraksi, mudah beradaptasi, supel, dan ramah?

Apa itu Relationship Officer dan Tugasnya

Seorang relationship officer, sesuai dengan namanya, adalah seseorang yang mempunyai pekerjaan utama menjalin hubungan baik antara klien dan perusahaan. Dapat disebut sebagai ujung tombak pelayanan sebuah perusahaan baik penyedia jasa maupun komoditas. Meskipun ada yang menyebutnya sama dengan divisi marketing, sebenarnya relationship officer ini bekerja sama dengan marketing dalam area kerjanya. Selain menjalin hubungan yang baik, seorang relationship officer juga mempunyai pengetahuan yang baik mengenai produk jasa yang akan ditawarkan.

Dalam dunia perbankan atau perusahaan keuangan, ada yang menyebut posisi relationship officer dengan istilah business relationship officer dan credit analyst officer. Sesuai dengan namanya, maka posisi ini mempunyai tugas utama yaitu menjaga hubungan baik antara nasabah dengan perusahaan. 

Tidak hanya di dalam internal perusahaan, seorang relationship officer juga harus menjaga hubungan baik dengan perusahaan lain. Menjaga hubungan baik seperti sahabat, tetapi tetap bersikap secara profesional. Di area perbankan, seorang relationship officer ini juga yang melakukan analisis terhadap nasabah yang potensial dan sedang membutuhkan bantuan dari bank. Selain analisis terhadap kondisi nasabah, seorang relationship officer juga memiliki tugas untuk melakukan analisis terhadap risiko bisnis nasabah.

Mempunyai jejaring pertemanan dan relasi atau kolega yang luas dan mempunyai keterampilan public speaking yang baik adalah modal awal dan utama menapaki karir sebagai seorang relationship officer. Skill lainnya dapat dipelajari dengan mudah saat masa pengenalan atau orientasi.

Pertanyaan kedua yang umum dilontarkan adalah bagaimana memulai berkarir sebagai relationship officer di sebuah perusahaan keuangan atau perbankan yang bonafide? Ini merupakan pertanyaan bagus, sebab Bank Central Asia sedang membuka Program Relationship Officer BCA. Posisi Relationship Officer BCA ini terbuka untuk fresh graduate semua jurusan dengan usia maksimal 24 tahun. Telah lulus S1 dengan IPK minimal 2.75. calon pendaftar diutamakan yang mempunyai kemampuan melakukan analisis yang baik dan menyukai dunia marketing. 

Kesempatan meniti karir di Program Relationship Officer BCA memang terbuka untuk umum. Namun demikian bukan berarti tanpa saringan atau seleksi. Ada beberapa seleksi yang harus diikuti dengan baik oleh seluruh pendaftar sebelum dinyatakan lulus dan menjadi Relationship Officer BCA. Segera baca dan isi form pendaftaran, ikuti seluruh seleksi, dan karir di dunia perbankan ada dalam genggaman!

1 Comment

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s