Aman Menggunakan Kredit Mobil dengan Tips Berikut

Ingin beli mobil tetapi takut berurusan dengan cara kredit. Nah, gimana tuh? Adakah cara supaya kredit mobil aman dan mudah? Tentu saja ada. Simak tips-nya di bawah ini.

Pilih mobil sesuai budget dan kebutuhan

Bukan berarti kemudahan membeli mobil secara kredit membuat Anda lupa diri memilih mobil yang tidak sesuai kebutuhan. Sebelum menentukan mobil yang tepat, sebaiknya pelajari dulu apa kebutuhan Anda. Apakah mobil SUV tangguh untuk dibawa ke daerah pegunungan, atau mobil LCGC yang irit bensin?

Setelah mengetahui kebutuhan Anda, cek budget. Apakah cukup dengan budget yang sudah Anda siapkan? Bagaimana dengan DP mobil dan cicilan ke depannya? Perhitungkan matang-matang sebelum membeli mobil yang diinginkan.

Hitung rincian harga mobil

Dengan menggunakan kredit mobil, Anda tentu harus siap dengan membayar DP mobil di awal dan melanjutkannya dengan cicilan hingga tenor habis. Sebaiknya, obrolkan ini dengan pihak dealer mengenai skemanya. Di dealer biasanya terdapat diskon yang murah plus promo-promo lain yang tak kalah menggiurkan. Jadi pastikan Anda mengetahui dengan pasti rincian harga mobil dan cek kembali apakah dapat menggunakan promo yang berlaku atau tidak.

Selalu ingat bahwa jika Anda membayar DP mobil dalam angka yang besar, tentu saja cicilan ke belakangnya akan ringan. Begitupun sebaliknya, jika DP yang Anda setorkan jumlahnya sedikit, maka cicilan ke belakangnya akan cukup besar. Pastikan Anda menyetor DP dengan jumlah yang besar di awal.

Pastikan ambil dari yang terbaik. (Foto: pexels.com)

Bandingkan sesama dealer

Dealer di Indonesia, apalagi Jakarta, jumlahnya tidak hanya satu. Apalagi jika mobil yang Anda incar adalah mobil dari produsen terkenal seperti Toyota dan Daihatsu. Pasti Anda dapat dengan mudah menemukannya di mana-mana. Untuk itu, datangi beberapa dealer sebagai perbandingan.

Tiap dealer pasti punya harga yang sama, tetapi promonya bisa saja berbeda. Bisa saja dealer A memiliki promo potongan harga, tetapi di dealer B promonya gratis aksesoris mobil. Lihat dealer mana yang promonya kira-kira menguntungkan bagi Anda.

Hindari tenor panjang

Bukannya dengan tenor panjang jumlah cicilan jadi lebih kecil? Memang iya, tetapi mau sampai kapan Anda berutang? Lagipula sebenarnya dengan tenor lama, Anda mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk cicilan. Mengapa begitu?

Karena bunganya terus bertambah jika Anda memilih tenor yang panjang. Jadi makin lama waktu mencicilnya, bunganya justru semakin besar. Sayang, kan, karena uangnya bisa digunakan untuk pengeluaran lain.

Asuransi jangan lupa

Sebelum beli mobil, sebaiknya pikirkan asuransi kendaraannya juga. Pasalnya, mobil adalah barang yang termasuk ke dalam aset berharga, maka sebaiknya lindungi dengan polis asuransi kendaraan. Hal ini akan menjamin beragam risiko yang tidak diinginkan. Misalnya kecelakaan atau hilang dicuri orang.

Jika Anda tertarik untuk kredit mobil, jangan lupa untuk memilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya dan kredibel dalam urusan kredit kendaraan. Salah satu platform pembiayaan yang direkomendasikan adalah SEVA. Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu Anda untuk membeli mobil dengan cara mudah dan nyaman secara finansial. Tak hanya itu, Anda pun bisa membeli mobil secara online melalui website SEVA. Cukup ikuti saja langkah-langkahnya, Anda bisa mendapatkan mobil yang diinginkan.

Kemudahan membeli mobil juga didukung dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu Anda untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk Anda di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya.

Yuk, beli mobil dengan mudah hanya di SEVA.


1 Comment

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s