Inilah Cara Memasang Dasi Simpul yang Cepat dan AntiRibet

Melihat orang yang memakai dasi bukanlah suatu hal yang aneh karena dasi sudah seperti menjadi aksesoris penunjang dalam berpakaian terutama saat BBC-Mania dituntut untuk tampil rapi. Biasanya penggunaan dasi ini memang saat acara-acara formal tapi terkadang ada juga acara nonformal yang mengharuskan kita menggunakan dasi. Dasi sering jadi pilihan aksesoris karena dianggap rapi tapi tetap memberikan kesan keren.

Saya sendiri mendapatkan pelajaran memakai dasi dari seorang teman saat kami berdua menjadi instruktur bahasa Inggris di sebuah kursus belasan tahun silam. Sejak saat itu saya bisa memasang dasi simpul sendiri untuk acara-acara formal, misalnya waktu memberikan pelatihan untuk editor baru di luar kota. Pakai desi memang bikin percaya diri.

Adapun jenis dasi sendiri ada beberapa mulai dari dasi segitiga, dasi pita, dasi kupu-kupu, dan masih ada beberapa jenis dasi lainnya. Namun di antara beragam jenis dasi tersebut, dasi model segitiga menjadi model dasi yang paling banyak digunakan orang. Selain bentuknya yang praktis, dasi segitiga ini juga jenis dasi yang paling mudah dicari sehingga tidak heran kalau dasi ini banyak digunakan.

Meskipun sudah umum digunakan tapi nyatanya tidak semua orang bisa menggunakan dasi segitiga dengan benar. Bahkan beberapa di antaranya hanya menggunakan dasi yang asal menempel saja pada kerah baju. Padahal penggunaan dasi yang rapi bisa membuat tampilan Anda menjadi lebih terlihat keren dan perlente. Sebenarnya penggunaan dasi ini bisa dibilang susah-susah gampang.

Memakai dasi membuat tampilan keren dan percaya diri. (Foto: The Lazy Artist Gallery/Pexels.com)

Tapi jika BBC-Mania tertarik untuk mencoba mempelajari cara memasang dasi dengan benar, maka Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini yang dibedakan sesuai dengan jenis dasi yang akan digunakan.

1. Cara Memasang Dasi Basic

Dasi basic ini merupakan model dasi yang paling sering digunakan di berbagai acara. Model dasi yang simpel tapi tetap rapi ini membuat orang paling sering
menggunakan model dasi tersebut. Biasanya model dasi basic ini cocok digunakan bersama dengan kemeja yang memiliki kerah sempit. Berikut ini cara memasang dasi model basic yang bisa Anda ikuti:

  • Pertama, lingkarkan dasi di area kerah dengan jahitan berada di dalam dan ujung tebal di sebelah kiri, 2 atau 3 inci lebih rendah dari posisi akhir.
  • Lalu ambil ujung yang tebal ke samping melintasi bagian depan ujung yang
    sempit, lalu lewati kembali secara horizontal di belakang ujung yang sempit.
  • Kemudian lewati ujung yang tebal lagi melintasi bagian depan simpul dari kiri ke kanan.
  • Sekarang lewati ujung yang tebal lagi di belakang simpul secara horizontal dari kanan ke kiri.
  • Lewati ujung yang tebal melintasi bagian depan simpul dari kiri ke kanan.
    Selipkan jari di bawah lingkaran horizontal ketiga ini.
  • Bawa ujung-ujung yang tebal ke bawah lubang di sekitar kerah dan masukkan ke belakang simpul, turun di depan simpul dan lewati lingkaran horizontal ketiga.
  • Tarik ujung yang tebal melalui lingkaran horizontal dan kencangkan ke bawah.
  • Sesuaikan dasi dengan memegang simpul di satu tangan.

Cara Memasang Dasi Four in Hand Knot

Cara memakasi dasi dengan simpul four in hand knot ini cocok digunakan pada orang yang berleher pendek. Cara memasang dasi dengan simpul four in hand knot ini yaitu:

  • Pertama, lingkarkan dasi mengelilingi leher dan letakkan ujung lebar dasi di sisi kanan dan ujung kecil dasi sekitar 30 cm lebih tinggi di sisi kiri.
  • Silangkan ujung lebar dasi ke sisi kiri melewati ujung lainnya.
  • Tarik ujung lebar dasi ke belakang ujung yang lain kemudian selipkan ujung lebar dasi ke ujung kecil dasi.
  • Putar ujung lebar dasi dan selipkan ujung lebar dasi lalu tarik melalui lilitan leher.
  • Kencangkan ikatan dengan menarik ujung kecil dasi dan pastikan dasi Anda lurus dan panjangnya sesuai.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s