Begini Beberapa Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK

Selama menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, Anda akan mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan sebagai bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan sebagai kartu identitas peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut harus disimpan baik-baik jangan sampai hilang, karena untuk dapat menggunakan layanan kesehatan dari BPJS Ketenagakerjaan, peserta harus menunjukkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu.

Pada kartu BPJS Ketenagakerjaan terdapat nomor BPJS atau nomor Virtual Account dari masing-masing peserta yang digunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan setiap bulannya. Nomor BPJS Ketenagakerjaan juga digunakan untuk mengecek tagihan BPJS Ketenagakerjaan dan juga untuk mengetahui informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan.

Jika Anda lupa nomor BPJS, Anda hanya perlu melihat kembali kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki. Tetapi, jika kartu Anda hilang atau rusak bagaimana cara mengetahui nomor BPJS tersebut? Dalam artikel kali ini saya akan memberikan ulasan tentang cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK. Yang mana cara ini sangat penting untuk melihat data saldo terbaru kita di BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini juga mengatasi masalah jika peserta lupa nomor BPJS Ketenagakerjaan miliknya.

Berikut adalah cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK:

Tanya HRD di Perusahaan

Cara mudah yang pertama mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan bertanya langsung kepada HRD perusahaan tempat Anda bekerja. Karena, biasanya HRD perusahaan tentu memiliki database karyawan yang berisikan informasi pribadi, termasuk juga nomor BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa menanyakan ke pihak yang biasa mengurus BPJS Ketenagakerjaan di kantor Anda. Jangan lupa untuk memberikan alasan mengapa Anda membutuhkan nomor tersebut.

Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Apabila Anda tidak mau mengunduh aplikasi BPJSTKU, maka Anda bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi di bawah ini:

  1. Buka situs http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan.
  3. Lalu, klik cek kartu digital untuk melihat nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Aplikasi BPJSTKU

Aplikasi BPJSKTKU dapat dijadikan alternatif selanjutnya untuk dapat mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan.  Tidak hanya itu, aplikasi ini bisa juga untuk mengetahui saldo yang dimiliki. Namun, sebelumnya Anda harus sudah mengunduh aplikasi ini dan juga sudah terdaftar terlebih dahulu. Maka selanjutnya, Anda bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU.

Website

  1. Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Masukkan alamat email dan password yang sudah terdaftar.
  3. klik “Saya bukan robot” atau re-captcha.
  4. Klik login.
  5. Pilih cek kartu digital.

Selanjutnya, akan muncul nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Call center BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan. Anda dapat menghubungi call center pada jam kerja via telepon di nomor kontak 175. Atau Anda bisa juga bertanya melalui media sosial BPJS Ketenagakerjaan. Apabila Anda bekerja di luar negeri, Anda bisa menghubungi via aplikasi WhatsApp di nomor 0811-9115910 dan 0855-1500910.

Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Apabila seluruh cara di atas tidak dapat Anda lakukan, maka Anda juga bisa mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan tempat Anda mendaftar. Umumnya, untuk prosedurnya, Anda akan diminta membawa kartu keluarga (KK), KTP, serta paklaring. Anda perlu membawa dokumen asli dan fotokopi sebagai syarat pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah beberapa cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Apabila sudah mendapatkannya, jangan lupa untuk menyimpannya baik-baik agar mudah dicari jika suatu hari dibutuhkan lagi.

1 Comment

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s