7 Tips Sewa Mobil Saat Liburan Agar Aman dan Nyaman

Sewa mobil saat liburan

Sewa mobil saat liburan menjadi solusi yang paling praktis. Apalagi jika kamu harus liburan ke beda kota yang cukup jauh dan mengendarai mobil cukup melelahkan dan memakan banyak uang banyak. Kelebihan sewa mobil ialah harganya yang terjangkau, bisa mengangkut banyak orang, dan memudahkan mobilitas dari satu tempat ke tempat lain. Tak heran banyak persewaan mobil yang ada di tempat-tempat tujuan wisata.

Namun, sayangnya tidak semua tempat persewaan mobil menyediakan mobil yang berkualitas. Terkadang, banyak mobil yang rusak, manajemen tidak resmi, harga yang mahal, bahkan terkadang banyak mobil curian. Duh, kalau begini bisa repot apabila terjadi sesuatu saat kamu memakainya.

Tips Pilih Mobil Sewaan untuk Liburan

Untuk itulah sebelum sewa mobil saat liburan, berikut ini tip-tip yang bisa membantumu menemukan persewaan mobil yang berkualitas.

1. Bandingkan harga

Tips pertama yang harus kamu ketahui saat sewa mobil ialah harganya. Di setiap tempat harga sewa mobil berbeda-beda meski rata-rata harganya sama. Harga yang lebih mahal biasanya menawarkan jasa yang lebih banyak. Misalnya, mobilnya lebih baru, pelayanan lebih mudah jika terjadi kerusakan di jalan, dan pilihan mobil yang lebih beragam.

Kamu sebaiknya jangan mudah tergiur harga sewa mobil yang terlalu murah. Justru kamu harus curiga, mungkin saja mobilnya tidak layak digunakan untuk jarak jauh.

2. Pesan jauh-jauh hari

Semakin mepet menyewa mobil dari waktu liburan, harganya makin mahal dan pilihan mobilnya makin sedikit. Dengan memesan dari jauh-jauh hari, kendaraan yang kamu inginkan tidak akan jauh kepada orang lain. Terlebih, ketika kamu berencana untuk rental mobil pada masa peak season, contohnya: long weekend, dan lebaran.

3. Sewa mobil sesuai kebutuhan

Berencana untuk liburan bersama keluarga besar? Kalau begitu, cobalah untuk rental mobil dengan kapasitas besar, seperti untuk ukuran kapasitas 7-8 orang. Apalagi jika membawa anak kecil yang membutuhkan tempat yang luas untuk dirinya dan barang-barang yang harus dibawa.

Beberapa contoh mobil yang bisa kamu sewa seperti Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle dan MPV atau Multi Purpose Vehicle. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga. Mobil-mobil berkapasitas luas ini akan membuatmu dan keluarga menjadi lebih nyaman saat perjalanan, karena tak perlu berhimpitan ketika ada di dalam mobil. 

4. Cek kendaraan yang hendak disewa

Sebelum sewa mobil saat liburan, kita harus memastikan kondisinya. (Foto: pixabay)

Setelah memilih tempat sewa mobil dan menentukan mobil yang akan disewa, jangan terjebak dengan tampilan luarnya, ya. Pastikan juga mesin mobil benar-benar dalam kondisi baik. 

Kamu bisa meminta izin kepada tempat untuk rental mobil agar bisa melakukan pengecekan kondisi mobil, meliputi mesin, fitur-fitur mobil, agar dapat membawa mobil dengan nyaman saat masa penyewaan. 

Jika kamu tidak mengetahui pengetahuan tentang mobil, kamu bisa ajak teman atau rekan yang memahami hal ini. Disarankan juga untuk melakukan test drive sebelum memutuskan untuk rental mobil.

5. Pilih tempat sewa mobil yang terpercaya

Pilih tempat sewa mobil yang terpercaya, kamu bisa mengetahuinya dari berbagai cara. Misalnya, rekomendasi teman, mencari rekomendasi melalui internet, memilih platform penyewaan mobil terpercaya seperti Traveloka, melihat ulasan di Google, hingga testimoni dari aplikasi tertentu.

Pilih tempat sewa yang memiliki rating dan ulasan terbaik sehingga kamu mendapatkan mobil yang berkualitas. Dengan begitu kamu akan aman dan nyaman saat menyewa mobil yang ingin disewa.

6. Periksa syarat menyewa kendaraan

Pahami apa saja syarat menyewa kendaraan. Misalnya, harus ada KTP, SIM, dan form data. Pastikan hal ini dipenuhi oleh kamu agar transaksi sewa mobil berjalan dengan mulus.

7. Ketahui kebijakan jasa layanan sewa mobil

Sebelum menyewa mobil untuk liburan, pastikan kamu sudah mengetahui setiap detail peraturan penyewaan yang telah ditetapkan oleh pemberi jasa penyewaan. Kamu bisa tanyakan langsung apa saja ketentuan, apakah harus membawa mobil sendiri atau harus dengan supir. Selain itu, cari tahu juga apakah akan ada biaya tambahan di luar biaya penyewaan mobil. 

8. Simpan nomor tempat persewaan

Menyimpan nomor tempat persewaan penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Misalnya, ketika mobil mogok di jalan, rusak, atau ada yang tidak berfungsi. Hal ini agar kamu bisa langsung menghubungi tempat sewa dan tempat sewa pun akan menukar mobil atau memperbaiki kerusakan. Hal ini tergantung kondisi kerusakan mobil.

Selain tips di atas, perhatikan juga durasi penyewaan sesuai kesepakatan. Pasalnya, setiap perusahaan memiliki syarat dan harga tertentu. Ada paket 6, 8, 12, 24 jam, mingguan, dan bulanan. Apabila lebih dari waktu yang telah ditentukan, tempat sewa mobil biasanya ada memberikan denda ada juga yang tidak.

Nah, itu tadi adalah tips sewa mobil saat liburan yang bisa kamu lakukan. Agar liburanmu aman dan tenang bebas dari gangguan, lakukan tips-tips di atas, ya! Semoga liburanmu menyenangkan, baik kunjungan ke wisata alam maupun wisata kuliner setempat!

Advertisement

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s