Mengandalkan Kamera Sebagai Peranti Pendulang Rezeki

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, peranti digital mengalami revolusi yang luar biasa cepat. Bukan hanya dari sisi penampilan fisik, kemampuan internalnya pun kian memudahkan aktivitas manusia modern. Ponsel pintar, misalnya, kini tak hanya bisa dipakai menelepon jarak jauh, tetapi juga berkirim foto bahkan video dalam waktu yang relatif singkat. Jika dahulu orang melakukan presentasi menggunakan OHP, kini alatnya semakin ringkas dalam bentuk tablet PC yang bisa menampilkan video dan grafik yang lebih hidup dan memukau.

goprooo

Beda lagi soal peranti untuk mengabadikan gambar. Para brand berlomba-lomba melengkapi ponsel pintar besutan mereka dengan kamera yang kian mumpuni. Momen-momen istimewa bisa ditangkap dengan cepat dan hasil yang mengagumkan. Sangat praktis pula sebab hasil bidikan bisa langsung disaksikan di layar ponsel tanpa harus menunggu cuci cetak seperti kamera zaman baheula. Kita tinggal seleksi mana foto yang dibuang dan mana yang layak disimpan. Bahkan mode tangkapan pun bisa diatur secara manual meskipun perantinya digital.

Mengoptimalkan kamera

Begitu banyak fungsi dan keunggulan kamera, baik yang dibenamkan dalam ponsel maupun yang dijual khusus secara terpisah, tentulah sangat sayang bila kita sia-siakan kehadirannya sebab memang punya segudang manfaat. Saya mencatat beberapa fungsi sebagai berikut yang bisa kita optimalkan agar bisa memberi nilai lebih dan bahkan profit ekonomi.

1 – Momen keluarga

Siapa yang tak ingin mengenang masa-masa kebersamaan bersama keluarga? Apalagi jika kita termasuk perantau yang harus berjauhan dari keluarga besar, tentu saja momen indah saat berkumpul patut dikenang kembali setelah perjumpaan usai. Kamera yang bagus dapat mengawetkan setiap lembar kenangan yang pernah kita lewati. Meskipun jarak dan waktu memisahkan, setiap bidikan kamera dapat mengembalikan memori indah bersama keluarga.

2 – Pencapaian anak

Menempelnya kamera di smartphone dengan pola pengoperasian yang mudah mendorong siapa saja bisa memanfaatkan kecanggihannya. Tak terkecuali para mama atau ibu muda. Anak-anak mereka yang termasuk generasi milenial sering menjadi objek penuh daya tarik untuk dipotret. Wajar, namanya juga generasi penerus, setiap lagak dan gerak mereka senantiasa menawarkan kelucuan sekaligus kerinduan.

Nah, kerinduan itu bisa diantisipasi dalam bentuk foto ataupun video menawan. Milestone atau tonggak-tonggak penting perkembangan anak bisa dinikmati berulang-ulang dari waktu ke waktu bahkan hingga anak dewasa. Ketika anak remaja, mereka bisa turut menikmatinya. Setiap video dan gambar menjadi rekaman jejak untuk evaluasi dan melestarikan memori.

3 – Dokumentasi belajar

Para guru atau pendidik di level apa saja dapat memanfaatkan kamera untuk mengabadikan momen-momen penting dalam proses pembelajaran yang mereka lalui. Mata pelajaran tertentu seperti bahasa akan semakin hidup jika didukung dengan kecanggihan kamera. Misalnya anak-anak ditugaskan menampilkan drama atau percakapan tertentu lalu direkam menggunakan kamera untuk bisa disajikan sebagai pertunjukan. Model belajar di kelas juga dapat dicontoh dengan bantuan kamera.

4 – Kegiatan komunitas

Menjamurnya komunitas di antero negeri merupakan berkah tersendiri menurut saya pribadi. Entah komunitas berbasis bisnis, hobi, maupun sosial nirlaba memiliki peran krusial untuk memajukan Indonesia. Kehadiran kamera yang kian canggih semakin relevan untuk mendukung aktivitas mereka yang dengan mudah diviralkan di jagat maya. Kecepatan informasi dalam bentuk video kreatif sangat produktif untuk mewujudkan bangsa yang kompetitif. Adanya konten-konten video memudahkan proses belajar tanpa terhalang jarak dan waktu.

5 – Senjata profesi

Yang tak kalah penting adalah kamera yang kita pergunakan untuk meraup keuntungan materi. Seorang sahabat yang tinggal di daerah (bukan kota besar loh!) setiap bulan memetik ratusan dolar dari kanal Youtube yang ia kelola. Lalu seorang fotografer di Bandung konon mendulang 6-10 juta rupiah dari website penjual foto berbasis royalti. Mereka tak sendiri. Masih banyak pelakon kreatif yang mendayagunakan materi video atau gambar demi mendulang rezeki.

Salah satu senjata utama mereka adalah kamera, biasanya berupa kamera profesional yang kini banyak ditawarkan menurut varian harga yang bersaing. Yang menarik salah satunya adalah GoPro Hero 6 yang dilengkapi kamera 12 Megapixel, dengan demikian mampu merekam resolusi layar hingga 4K dengan 60fps. Bisa dibayangkan betapa detail dan nyata objek yang akan kita abadikan.

Fitur lain yang oke adalah voice control yakni pemotretan tanpa perlu menekan tombol sutter, cukup dengan mengatakan misalnya, “GoPro Take a Photo” atau “GoPro Take a Video”, maka foto terambil dan video pun berjalan. Kini harga kamera GoPro bervariasi, bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan anggaran.

Selain itu, hasil rekaman video slow motion sangat unggul loh. Sekarang GoPro Hero 6 ditawarkan dengan kualitas yang lebih mumpuni yakni 240 fps dengan resolusi layar Full HD mencapai 1920×1080 pixel. Keren kan seperti ditunjukkan dalam video berikut, BBC Mania?

Belum lagi Anda yang gemar mengambil foto atau merekam aktivitas dalam air, cocok banget Hero 6 ini. Berbekal waterproof mencapai kedalaman 10 meter, petualangan kita underwater bakal makin menyenangkan tanpa perlu pakai casing atau aksesori tambahan. Bagaimana kalau malam hari? Tenang, GoPro Hero 6 punya fitur Nightlife Performance yang menyulap kondisi low light bisa jadi kayak gini.

gopro

Setelah tahu banyak manfaat kamera, baik ponsel maupun kamera khusus, asyik banget dong kalau kita berdayakan buat menambah pundi-pundi rupiah bahkan dolar. Siap, BBc Mania?

Advertisements

3 thoughts on “Mengandalkan Kamera Sebagai Peranti Pendulang Rezeki

  1. Utk ku yg rutin traveling, kamera mah udh bawaan wajib. Kok kayaknya ga lengkap jalan2 tp ga bawa kamera :p. Kdg kalo lg rajin, aku bawa dslr, bela2in berat. Tp kalo lg pgn santai kamera hp udh cukup. Makanya aku slalu mentingin kamera tiap kali beli hp aru. Supaya bisa digunain sbg alternatif kamera dslr saat jalan 🙂

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s