Sihir Li Ziqi: Ini 6 Alasan Food Vlogger China Itu Sukses Besar

Li Ziqi adalah vlogger fenomenal yang menarik perhatian dunia. Penghasilannya yang konon mencapai 23 juta dolar per tahun membuatnya jadi internet celebrity yang sayang kalau tidak saya tulis. Setelah saya pelajari, setidaknya ada enam alasan ia bisa sukses besar seperti sekarang. Saya mengenal namanya dari seorang teman bloger sekitar dua tahun lalu sedangkan Li Ziqi memulai channel-nya sejak 2017. Beberapa pekan terakhir saya dan istri rajin menikmati tayangannya yang kami unduh terlebih dahulu sehingga bisa kami tonton dengan santai tanpa diburu kuota atau waktu. Videonya pun jarang berlangsung panjang sehingga selalu enak dinikmati kapan saja.

Kehidupan pribadi

Gadis kelahiran 6 Juli 1990 ini memang tampil memikat dalam setiap videonya. Selain fokus pada kehidupan pedesaan di kampung halamannya Pingwu, Mianyang, Sichuan, Li Ziqi (李子柒) juga mengangkat makanan Tiongkok alias Chinese food yang terbukti menyihir jutaan orang di seluruh dunia. Hingga Juli 2020 setidaknya ada lebih dari 11 juta pelanggan atau subscriber di akun YouTube yang ia kelola, belum lagi jutaan follower di Sina Weibo dan Facebook. Kesuksesannya juga telah mendorong vlogger Tiongkok lainnya untuk mengunggah konten serupa, salah satunya akun bernama Dianxi Xiaoge dengan 5 jutaan subscriber.

Li Ziqi sudah yatim sejak belia. Dalam sebuah wawancara bersama Goldthread, ia menuturkan bahwa ia memutuskan tinggal bersama kakek-neneknya setelah ia mengalami perlakuan tak baik dari ibu tirinya. Li sempat bekerja di kota sebagai pramusaji, DJ, dan penyanyi sebelum pindah ke desa. Ia tinggal bersama sang nenek yang kerap muncul dalam videonya setelah sang kakek meninggal. Siapa tahu ternyata keputusan itu membawanya pada popularitas dan kesuksesan materi.

1 | Pesona alam

Daya tarik pertama yang menjadi alasan Li Ziqi disukai pasar adalah pesona alam yang ia tampilkan dalam setiap videonya. Perkembangan teknologi yang bergerak sangat cepat mau tak mau membuat manusia modern tenggelam dalam gawai masing-masing. Berkomunikasi, bekerja, belajar, dan bermain semuanya bisa dilakukan melalui dunia maya. Berbekal smartphone dan koneksi internet, banyak hal bisa diraih yang sebelumnya tak terbayangkan akibat kendala jarak.

Kehidupan serbacepat dan gegas itu tak jarang menyebabkan orang mudah stres dan gampang ngegas. Piknik kadang tertunda akibat beban pekerjaan yang berlimpah. Akhirnya, menonton panorama pedesaan dan pegunungan yang asri dan indah sebagaimana ditayangkan dalam video-video Li Ziqi jadi solusi kreatif. Semacam klangenan untuk menciptakan kesenangan yang instan, bahkan murah.

2 | Kedamaian hidup

Melihat tebing tinggi, deretan pohon bambu yang subur, bunga-bunga cantik yang mekar, juga lenguhan binatang-binatang tertentu mampu menciptakan keteduhan tersendiri. Dengan tata audio yang ciamik, ASMR begitu aktif dimainkan dalam video Li Ziqi. Mungkin ada yang belum tahu, ASMR adalah singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response, yaitu suara-suara lembut atau lirih yang dihasilkan oleh bunyi gesekan dedaunan, kertas diremas, kunyahan saat makan, atau suara lain yang desibelnya ditangkap. Dalam konteks video Li Ziqi, kerisik daun atau gesekan pepohonan, juga gemericik air alami, terdengar begitu merdu, menciptakan sensasi kedamaian yang seolah-olah de javu bagi penonton.

Belum lagi dencing bilah pisau saat mencincang daging atau mencacah bumbu, ah, serasa membawa kita ke pengalaman masa kecil. Aroma sedap dapur seolah menghipnotis kita. Dalam setiap videonya Li memang kerap menunjukkan kepiawaian meramu makanan berbahan daging atau sayur. Buah dan bunga pun tak kalah nikmat diolah. Berbekal bumbu dan perkakas yang ada di sekitarnya, Li mampu menyulap hal-hal biasa menjadi luar biasa dengan menggunakan teknik-teknik khas Chinese.

3 | Morphing effect

Alasan berikutnya kanal Youtube Li Ziqi bisa sukses besar adalah berkat keajekannya menghadirkan sesuatu yang melibatkan morphing effect. Frasa morphing effect sepertinya tepat saya gunakan karena dalam setiap episode Li tekun dan teliti membuat sesuatu dari bahan mentah menjadi bahan matang, untuk kasus makanan. Pada kasus lain, dia sanggup ‘menyulap’ benda-benda yang tampak biasa menjadi hal istimewa di luar dugaan pemirsa.

Suatu kali misalnya dia menebang bambu lalu merakitnya menjadi kursi nyaman. Pada kesempatan lain, dia pernah membuat kertas dengan peralatan yang ada di sekelilingnya. Pernah pula ia membuat selimut dari kapas, atau jubah musim dingin dari tenunan wol. Tangannya yang terampil juga pernah menampilkan pembuatan topi yang dianyam dari jerami gandum.

Topi yang dianyam dari jalinan jerami gandum

Untuk makanan kemungkinannya lebih banyak lagi. Mengolah jamur matsutake, menanam jagung dan mengolahnya menjadi aneka masakan nikmat, juga umbi teratai yang dikukus terasa begitu lezat. Caranya mengolah bahan makanan selalu unik—melibatkan pembungkusan, fermentasi alami, hingga pengukusan atau penggorengan. Intinya, pada setiap tayangan ia dan tim selalu membuat viewer menebak-nebak apa gerangan yang akan ia buat dari bahan yang berbeda. Mereka sabar dan mengikuti video sampai akhir.

Dalam kesempatan wawancara bersama Goldthread September 2019 silam, Li Ziqi mengatakan, “Saya hanya ingin orang-orang di kota tahu dari mana makanan mereka berasal.” Jawaban singkat ini seolah menegaskan bahwa setiap video yang ia produksi punya maksud dan target pasar yang jelas sehingga dikemas sedemikian memikat dan terbukti sukses di jagat Youtube.

4 | Kejernihan tata suara

Keunggulan video Li Ziqi Li juga terletak pada tata suara atau audio yang jernih. Dalam berbagai kesempatan, Li jarang berbicara kecuali bertukar sapa atau komentar pendek spontan dengan sang nenek.  Selain alunan musik lembut yang syahdu, yang dominan terdengar adalah suara-suara alam seperti gemuruh angin atau tetes air, proses memasak, dan benda-benda di sekitar yang membuat video semakin alami. Li dan timnya jelas paham betapa efek ASMR bisa mengantarkan perasaan unik kepada penonton, maka elemen itu selalu hadir dalam video-video yang ditayangkan setiap pekan. Dukungan teknologi audio memang diandalkan, juga pengambilan gambar yang sudutnya begitu kaya.

5 | Ketangguhan

Li Ziqi semula bekerja sendirian baik merekam maupun mengedit video. Lambat laun dia pun menyewa asisten pribadi dan videografer. Keputusan itu masuk akal karena video-videonya memang semakin disukai dan popularitasnya meluas. Tak heran jika produksi videonya terlihat begitu profesional dan berjalan kontinu setiap pekan. Namun secara personal Li Ziqi memang tampak kuat dan tangguh. Meskipun ada tim yang membantu, ia tetap dominan mengerjakan banyak hal—bahkan yang bersifat fisik.

Membuat selimut dari kapas yang ditanam sendiri

Dalam sebuah episode ia terlihat lelah penuh keringat setelah memetik bonggol jagung tua dari pohonnya. Terlepas dari berapa jumlah pohon yang benar-benar ia petik, drama yang dibangun cukup berhasil yang memberi pelajaran penting bagi penonton bahwa ketangguhan adalah syarat wajib kalau kita mau sukses dalam hidup. Termasuk lewat contoh yang ia tunjukkan dengan memerankan tokoh utama dalm setiap video setiap pekan. Lelah tentu saja, tapi itulah harga yang harus dibayar untuk bisa sukses.

Wajarlah jika ia akhirnya diganjar penghargaan People’s Choice Award oleh koran People’s Daily pada bulan September 2019. Adapun CCTV memberinya pujian karena Li dinilai berhasil memperkenalkan budaya Cina tanpa berbusa-busa lewat kata-kata. Lewat video yang ia unggah, penonton di seluruh dunia dapat menyaksikan sisi lain bangsa Cina yang mengagumkan dan menyenangkan.

6 | Perasaan cukup

Alasan terakhir kesuksesan video Li Ziqi adalah berkat pesan kuat yang ia suntikkan lewat cerita-cerita yang dihadirkan. Pesan itu begitu konsisten yakni tentang perasaan cukup dengan apa yang Tuhan berikan kepada kita. Video Li mengajarkan bahwa tak penting lagi kita menganggap apakah hidup ini sempurna atau tidak. Sempurna bukanlah label atau status, melainkan sikap mental—state of mind. Saya menyimpulkan bahwa self-sufficiency itu ada dan bisa kita ciptakan, bukan kita tunggu.

Perasaan cukup dengan apa yang kita miliki adalah modal untuk bisa sukses dan bahagia—alih-alih mengeluh dan menggerutu, apalagi menyalahkan orang lain. Kebersahajaan sangat perlu, yaitu sikap sewajarnya saja, merayakan nikmat Tuhan dengan segenap rasa syukur sesuai kemampuan. Memanfaatkan setiap pemberian dengan penuh rasa terima kasih dan semangat. Semangat untuk memberi dan berbagi dengan siapa saja—termasuk dengan alam semesta.

Itulah sihir Li Ziqi yang terbukti mampu menggerakkan hati jutaan orang untuk mengikuti video-videonya setiap pekan. Pesona yang sebetulnya bisa dipelajari dan dilakukan. Bisa ditiru dan dikembangkan, sama seperti Dianxi Xiaoge yang juga sukses menangguk pelanggan meskipun dia bukan pionir. Karena memang ada tema atau sisi yang tidak selalu bisa diangkat oleh Li Ziqi. Kekosongan itu rupanya menjadi peluang vlogger lain. Andakah salah satunya, BBC Mania? 

22 Comments

  1. Halo mas Rudi!
    Tulisannya seru banget. Aku cuma pernah denger tentang Li Ziqi, karena sepertinya belakangan rame diomongin ya. Setelah baca ulasan Mas Rudi, aku bisa bayangin nih orang videonya pasti keren, menghibur sekaligus kasih wawasan tentang alam & manusia. Aku mau ikut nonton vlog-nya ah.

    Like

    1. Halo, hai! Iya petualangan Li Ziqi dalam setiap videonya memang sangat seru, layak ditulis dan disebarkan semangatnya. Videonya digarap dengan serius dan profesional, jadi bikin penonton betah. Benar-benar menghibur dan mengingatkan kita untuk hidup seimbang dengan alam. Silakan tonton sepuasnya, jangan lupa siapkan camilan 🙂

      Like

  2. Aku suka banget Liziqi dan Dianxi Xiaoge mas, kayaknya damai banget hidup kayak dia. Dia tuh serba bisa, cekatan dan rajin banget. Kayaknya energinya tuh ga habis-habis ya. Aku malah pengen bangte bisa punya kebun kayak punya Liziqi, serba ada. Mau masak apa, di kebunnya ada semua. Inspiratif banget

    Like

    1. Betul, Mbak Ika. Damai dan serbamudah gitu ya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ambil dari alam dan lingkungan sekitar, kayaknya serbaada. Kudu kuat buat syuting terus, energinya kayak enggak habis-habis ya. Ayo Mbak wujudkan kebun sendiri biar makin adem hidupnya. Semoga bisa terlaksana.

      Like

  3. Aku suka dengan video2nya dia. Pantes banget lah dia jd Youtuber dengan penghasilan besar begitu, isi konten berbobot , dibuat serius dan profesional.

    Bener yaa, efek suara2 alam yg dimunculkan secara jeleas, itu memang yg bikin aku suka dgn video Li Ziqi ini. Kayaknya ngerasa tenang, rileks pas nonton video dia .

    Like

  4. Wah, ternyata Mas Rudi ngamati ini juga ya. Bedanya, oleh Mas Rudi hasil pengamatan terus dijadiin tulisan kece begini. Btw, kalo soal ASMR menurutku lebih kuat Dianxi Xiaoge, dia nggak terlalu kuat backsound-nya, sangat lembut sehingga suara-suara alam juga berbagai suara lain sewaktu masak lebih terdengar jelas. Sedangkan Li Ziqi backsound-nya sedikit lebih kencang, jadi suara alamiah dalam videonya kalah keras.

    Untuk poin merasa cukup itu aku setuju banget. Memang apa sih yang dibutuhkan manusia hidup ini selain bisa makan setiap hari dan punya tempat nyaman untuk beristirahat? Selain itu kan hanya hawa nafsu saja.

    Like

  5. Li Ziqi memang fenomena yang langka di tengah Youtuber yang kebanyakan ngeprank dan unfaedah. Sosoknya menginspirasi banget, buat memanfaatkan alam dan memperkenalan kehidupan desa yang asri. Harmoni alam dan rasa syukur, rasanya memang teduh banget nonton video-videonya. Pengin bikin juga jadinya 🙂

    Like

    1. Betul banget, kreatif banget ya menggagas tema kehidupan pedesaan lalu konsisten bikin video tiap pekan. Butuh energi dan usaha yang besar tuh, wajarlah kalau penghasilannya tinggi.

      Like

  6. Tepat bener yak disebut sihir. Yang bikin salut itu di poin 5. Dia nih tipe strong woman parah. Bisa handle segala jenis urusan laki juga. Luar biasa bener! Gak heran sih emang konten dia digarap seserius itu. Ide hidup sederhana di desa jadi epic ditonton.

    Like

    1. Videonya memang digarapa serius dan profesional, yang menunjukkan Li sebagai wanita setrong ya. Walau mungkin ga semua dikerjakannya, tapi jelas dia sangat dominan dan enggak gamppang menyerah.

      Like

  7. Aku belum pernah nonton videonya. Ini juga pertama kali dengar namanya 😀
    Nanti mau coba nonton. Lihat dari postingan ini kontennya menarik dan gak berbau prank atau show off belanjaan dll.

    Like

    1. Memang bagus Mbak channel Jeng Li Ziqi, dikelola dengan profesional dan serius. Hasilnya bagus dan menginspirasi vloger lain bikin video serupa. Nanti saya tulis para ‘pengekor’ Li di postingan terpisah.

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s