Tips Terhindar dari Penipuan Berkedok Arisan Online dan Investasi Bodong

Arisan boleh dibilang telah melekat dalam tradisi masyarakat Indonesia, bahkan mungkin menjadi kearifan lokal yang bisa ditemukan di berbagai daerah di seluruh Nusantara. Selain ‘dipaksa’ menabung, anggota arisan bisa sekalian bersilaturahmi layaknya yang terjadi di desa atau kampung-kampung. Namun penipuan berkedok arisan online yang terjadi belakangan otomatis mencoreng kebiasaan yang sebenarnya bagus ini.

Lantaran paham betapa arisan begitu digandrungi oleh masyarakat pedesaan, maka penipu memanfaatkan tradisi sosial itu sebagai modus mengeruk keuntungan pribadi. Warga yang mudah tergiur mendapatkan imbalan instan pun dengan penuh semangat mendaftar sebagai anggota tanpa tahu ada niat busuk di baliknya.

Arisan online tampak menggiurkan tapi juga bisa jadi kedok penipuan.

Tips hindari arisan online dan arisan bodong

Agar terhindari dari jebakan pelaku penipuan yang menggunakan arisan online ataupun offline dan investasi sebagai kedok penipuan berbahaya, setidaknya ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan sebagai upaya pencegahan atau kewaspadaan. Dengan tips seperti ini, semoga niat jahat pelaku tidak terjadi karena kita sudah berhati-hati.

1 | Kenali usahanya

Langkah pertama untuk menghindari penipuan berkedok arisan atau investasi adalah dengan mengecek profil usaha atau badan yang menaunginya. Periksa apakah usaha itu valid, lebih-lebih jika berupa koperasi yang biasanya otomatis dipercaya tanpa dipastikan dulu kinerjanya.

Lakukan browsing di Internet atau tanyakan kepada kenalan dan kerabat tentang pihak yang menawari kita arisan atau investasi agar tidak tertipu di kemudian hari. Jika perlu, lakukan cross-check pada instansi terkait seperti OJK atau badan yang berkompeten dalam menilai validitas dan kinerja organisasi.

2 | Kenali individunya

Jika yang menawari kita seorang pribadi tanpa embel-embel organisasi, gali informasi tentang orang ini. Lacak sejarah masa lalunya apakah pernah terlibat penipuan atau tindakan serupa. Gunakan lingkaran pertemanan dan Google untuk mendeteksi kebohongan yang mungkin disembunyikan. Kumpulkan informasi sebanyak dan selengkap mungkin sebelum mengambil keputusan.

3 | Pahami sistemnya

Langkah berikutnya agar terhindar dari penipuan arasan online dan investasi bodong adalah mencoba memahami sistem yang bekerja dalam arisan atau investasi itu. Apakah rekrutmennya sangat mudah atau justru sangat ribet? Apakah ada tuntutan agar member mencari member lain untuk membesarkan arisan atau investasi?

Konsultasikan dengan orang yang paham untuk mengetahui apakah itu money game ataukah usaha yang benar. Skema ponzi juga berbahaya sehingga harus diwaspadai sebelum diikuti.

4 | Cek imbalannya

Dalam kasus penipuan yang menimpa warga di Blora, Jawa tengah, dan belakangan juga di Sragen dan Salatiga, warga rupanya tergiur oleh iming-iming uang besar setiap bulan sehingga mereka tergerak untuk ikut arisan atau investasi tersebut.

Kedok penipuan investasi bodong biasanya menjanjikan imbalan besar. (Photo credit: Shutterstock)

Di Blora, misalnya, ada peserta yang merugi dari 350 juta hingga 500 juta gara-gara tergiur oleh imbalan 20-50% dari modal atau uang yang ia setor. Inilah hal yang sering disepelekan orang. Jika sesuatu itu terlalu fantastis dan kelewat mudah, jangan percaya. Misalnya kita menyetor uang 50 juta lalu diiming-imingi imbalan 10% per bulan dengan skema invetasi, itu patut dicurigai.

Ingatlah kaidah, “If something is too good to be true, then it is too good to be true.” Kalau terlalu gampang dan nyaris sulit dipercaya untuk dapat uang, maka itu mustahil valid. Sulit bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, apalagi kalau menyangkut uang yang semua orang butuhkan.

5 | Gunakan blugether dari BCA Digital

Tips terakhir untuk menghindari penipuan berkedok arisan online dan investasi bodong adalah memanfaatkan fitur bluGether yang tersedia dalam aplikasi blu sebagai bagian dari produk digital banking BCA. bluGether bisa menjadi solusi karena merupakan rekening tabungan single account yang bisa digunakan sebagai rekening bendahara.

Sebanyak 24 teman sebagai member bisa tergabung dalam bluGether yang memungkinkan akses pada informasi kas dan arus kas. Siapa saja yang mencairkan uang atau menyetorkan kas akan memunculkan notifikasi kepada seluruh member yang tergabung di dalamnya. Transparansi dan kemudahan sangat diutamkan dalam aplikasi digital banking ini.

Kalau penasaran tinggal bikin aja rekening blu dengan menginstal app dari Paly Store atau App Store. Langkah-langkah pembukaan dan endaftaran sangat mudah seperti bisa dilihat pada gambar di atas. Selain bisa untuk arisan online, aplikasi blu yang di-link-kan ke akun Blibli kita akan memberi kita kemudahan dalam belanja apa saja terutama untuk patungan lewat bluGether ketika ingin membelikan kado untuk sahabat.

Sungguh praktis dan antiribet, tanpa banyak aplikasi yang bikin smartphone kita boros memori. Tak perlu ketemu langsung sesama member arisan karena kas bisa dipantau dengan tertib dan real time. Cara happy buat menabung atau arisan tanpa penipuan berkedok investasi bodong, ya aplikasi blu jawabannya.

1 Comment

  1. arisan online sama dengan ponzi, meraup uang diputaran pertama lalu kabur menggendol uang2 member. kalo ane arisan real aja takut gak bisa bayar putarannya gan :D. thanks infonya blugether dari BCA Digital semoga bisa menjadi solusi untuk berinovasi 😉

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s