9 Masakan Lezat Favorit Keluarga Setiap Saat

Selama stay at home terutama selama PPKM, kesibukan kami sebagai keluarga praktis berpusat di rumah. Setidaknya 90% aktivitas kami kerjakan di rumah dan sekitarnya. Anak-anak belajar, kami baca buku atau berkebun, saya mengedit dan menulis, dan bahkan berolahraga pun tanpa meninggalkan rumah. Sisanya ke luar untuk mengunjungi ibu atau berbelanja ke pasar. Maklumlah pandemi yang tak kujung terhenti membuat semuanya harus beradaptasi, tak terkecuali gaya bersosialisasi dan mencari rezeki.    

Namun dari semua rutinitas sehari-hari, yang paling mendominasi boleh jadi adalah aktivitas di dapur atau di meja makan. Ya, tak bisa dimungkiri pandemi telah membuat keluarga makin sering mengudap atau meningkatkan konsumsi. Bisa dibayangkan anak-anak belajar pun tak lengkap kalau tak ada camilan. Pun menu makanan harian, ibu harus cerdas memvariasinya agar anak-anak tak bosan dan ingin jajan di luar.

Makanan lezat favorit keluarga

Inilah beberapa menu favorit keluarga kami yang sering atau paling ideal dinikmati selama pandemi. Masakan rumahan ini digemari bukan hanya karena rasanya rasanya yang nikmat, tapi lantaran mudah dibuat dan beberapa menyimpan memori yang sungguh layak dikenang kembali.

1 | Nasi goreng

Nasi goreng boleh dibilang menjadi menu andalan setiap keluarga Indnesia. Setiap ada nasi sisa, anak-anak di rumah selalu request dibikinkan nasi goreng. Apa pun bumbunya, mereka suka. Baik beli di luar maupun bikin sendiri, mereka selalu semangat menghabiskannya.

Nasi goreng dengan campuran beras merah, sedaaap!

Biasanya saya yang bertuga smenggoreng nasi dengan bumbu sederhana. Bawang merah, bawang putih, cabai, dan kemiri, saya haluskan semua. Bukan diulek, tapi diiris tipis di atas talenan. Jika ada daun jeruk, maka saya tambahkan juga, plus sosis dan telur tentu saja. Kalau ada ikan asin dan bumbu instan, saya ikut campurkan biar makin sedap.

2 | Tahu campur

Tahu campur khas Lamongan dengan petis harum dan daging kikil yang nendang

Kuliner khas Lamongan selain soto ini jadi menu wajib untuk disantap di momen-momen khusus. Bukan apa-apa, karena pembuatannya cukup mahal sebab membutuhkan kikil atau daging kulit sapi. Kalau lagi pengin ya tinggal beli karena di dekat rumah ada yang jual dan rasanya nikmat.

3 | Sego boran

Sego boran atau nasi boran dengan ikan sili yang nikmat banget

Sego boran atau nasi boran adalah menu khas lain kota Lamongan yang harus disantap saat Anda main ke kota bahari ini. Disebut sego boran karena nasi putih dan nasi jagung disimpan dalam wadah berupa anyaman bambu besar bernama boran. Nasi jadi terasa khas karena wadah tersebut. Bumbunya yang membuat istimewa karena pedas dengan bumbu kencur dan maizena yang mendominasi. Apalagi kalau ketemu ikan sili yang rasanya aduhai.

4 | Cue balado

Ikan cue dibumbu balado, mana bisa menolak edodo euy!

Ikan cue balado menduduki peringkat berikutnya yang sangat enak disantap di rumah. Masaknya sederhana: ikan digoreng sampai matang lalu disiram bumbu balado khas home-made. Meskipun ada bumbu balado instan, tapi rasanya tetap lezat buatan istri tercinta, hehe. Pedasnya nampol, gurihnya bergema! Apaan coba….

5 | Rendang jengkol

Sebagai penyuka jengkol, mana mungkin kami melewatkan menu yang nendang ini. Jika pandai mengolahnya, maka baunya tak akan terlalu terasa. Jengkol tua akan menghadirkan daging yang lembut dan meresapkan bumbu rendang yang gurih. Dibikin balado pun enak, tapi rendang jengkol tetap primadona.

Rendang jengkol, obat ampuh buat mengatasi hati yang dongkol

6 | Mi godok/bakmi Jowo

Istri yang leluhurnya dari Jogja tentu saja menyukai masakan khas Yogyakarta. Selain gudeg dengan krecek dan sambal terasi pedas, kami juga menggandrungi mi godok atau yang biasa disebut bakmi Jowo saat masih di Bogor dulu. Disantap saat hujan, sungguh sempurna. Diberi irisan cabai Jawa gendut itu, aduhai lengkap tiada tara!

Mi godok atau bakmi Jowo yang endeus, dijamin lupa sama tetangga judes. ๐Ÿ˜€

7 | Oseng kembang turi

Kembang turi dioseng, cara cepat melupakan mantan

Setiap main ke rumah ibu, pulangnya hampir selalu dibekali kembang turi yang dipetik dari pohon yang ibu tanam di pinggir sawah. Selain direbus dan disantap dengan sambal pecel, kembang turi paling enak dioseng dengan cabai dan bawang juga irisan ikan cue. Kalau pas ada ikan asin, susupkan di sekelilingnya biar makin mantap.

8 | Sambal tumpang

Tempe semangit atau tempe yang sudah terlalu tua untuk digoreng paling enak dimasak menjadi sambal tumpang. Mudah pembuatannya, gampang didapat bahan-bahannya. Kalau dimasak pedas dengan daun jeruk, bersiaplah menghabiskan nasi hangat, hehe.

Sambal tumpang dengan tempe semangit, bekal menjalani hari yang kian sengit

9 | Soto mi Bogor

Ketika kangen Bogor, kota yang sebelas tahun pernah kami tinggali, ada soto mi yang siap menghibur sebagai klangenan. Hati gembira sebab bisa mencicipi kuliner khas kota Bogor ketika pandemi masih berlangsung dan kami tak mungkin berkunjung ke sana. Kesegaran tomat dan jeruk limau, alamak … mana tahan!

Soto mi Bogor, segar dan pedasnya bikin lidah nyonyor.

Punya pilihan menu beragam untuk dimasak dan diberi sumber daya untuk memasaknya sungguh nikmat tak terkira selama pandemi ini. Salah satu cara mensyukurinya bisa dengan membagikan pada teman atau tetangga yang suka agar makanan tidak tersisa apalagi terbuang percuma. Seperti kata orang bijak, kebahagiaan terjadi saat ia dibagikan.

Sesi makan siapa pun menyukainya, nah bagiamana dengan momen paling menantang yakni saat membersihkan piring kotor setelah memasak dan makan bersama? Saya pribadi paling suka mencuci piring; entah kenapa hati bahagia ketika melihat air bersih mengalir dari keran dan membersihkan kotoran sehingga perabot makan dan memasak kembali kinclong.

Untuk membersihkan peralatan makan dan masak, kita butuh sabun cuci piring yang efektif untuk mengusir kotoran, terutama menghilangkan bau amis agar bisa dipakai lagi tanpa lemak menempel atau bakteri yang berbahaya. Untung ada Sparkle yang hadir untuk membantu keluarga Indonesia agar urusan nyupir alias nyuci piring tak lagi terkendala.

Sparkle Jeruk Nipis Cairan Pencuci Piring dibekali aroma jeruk nipis yang menyegarkan sehingga acara nyupir makin menyenangkan apalagi kalau anak-anak dilibatkan. Selain anak-anak gembira karena kulit tangan tetap lembut, kita bisa sekalian membagun bonding sebagai salah satu bentuk parenting positif.

Nah, BBC-Mania, apakah Anda punya menu wajib atau unik yang sering disantap di rumah bersama keluarga tercinta? Coba ceritakan di kolom komentar, siapa tahu bisa saya contek resepnya sehingga makin banyak cerita bahagia. Syukur-syukur berupa kuliner lokal yang bisa sekaligus dilestarikan. Selamat makan!

10 Comments

  1. Saya mah kebetulan pemakan segala macam kecuali U&G, alergi.

    Kalau dari menu-menu ini, favorit saya adalah nasi goreng. Kalau nggak distop, suka kebablasan dan lupa kalau ada mulut lain yang perlu makan hahaha. Kalau menu favorit di rumah, hmm…ini yang agak sulit. Masalahnya ibu negara masak apa pun enak semua.

    Untuk urusan cuci mencuci, kita samaan mas. Sama-sama seneng lihat air mengalir mengguyur lemak-lemak dan sisa makanan. Jangan-jangan kita ini di kehidupan yang lalu adalah warga Atlantis wkwkwkwk… .

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s