Mengoptimalkan Blog untuk Meraup Rezeki

Seorang kawan asal Kebumen baru saja menyabet uang 10 juta rupiah berkat kemenangan dalam sebuah lomba menulis yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga pemerintah pusat. Kabar ini sontak menarik perhatian teman blogger lainnya mengingat hadiah senilai 8 digit bukanlah angka yang luar biasa. Selama ini juara pertama blogging contest rata-rata diganjar 5-7 juta dan itu sudah terbilang lumayan wow. Hanya segelintir lomba yang menawarkan hadiah utama 8 digit dan itu pun sering diserbu oleh jawara yang memang fokus di kontes.

Beberapa bulan sebelumnya seorang blogger dari Surabaya menggondol satu unit kendaraan roda empat juga dari kontes menulis di blog. Ya, sebuah mobil, sebagai ganjaran atas tulisannya yang inspiratif mengenai kaum tunanetra yang enggan menyerah pada nasib. Hadiah senilai ratusan juta rupiah itu pun menggiurkan pembaca maupun blogger lainnya. Sebuah tulisan di blog ternyata mampu mengantarkan pemiliknya membawa pulang kendaraan mahal, bukan hanya mendapatkan pembaca loyal yang saling bertukar komentar.

Web

image designed by freepik.com

Blog berbayar

Tak heran jika setelah itu netizen yang selama ini memanfaatkan Internet hanya untuk bermain medsos jadi penasaran dan menyatakan ketertarikan untuk ngeblog juga. Harus diakui, membuat sebuah blog sangatlah mudah. Bermodal koneksi Internet dan kemampuan berbahasa Indonesia, semua orang bisa menulis di blog—tentang apa saja dan dengan tampilan sekreatif mungkin. Jika mampu berbahasa Inggris dan didukung penguasaan teknis tertentu, blog bahkan bisa dijadikan mesin uang tanpa harus mengandalkan lomba.

Langkah paling awal adalah menentukan nama domain yang akan dikenal orang sebagai alamat blog kita. Meskipun banyak platform blog gratisan, saya pribadi prefer blog berbayar sebab alamat url akan lebih singkat dan mudah diingat ketimbang menyandang nama panjang penyedia platform di belakang domain. Selain belalangcerewet.com, saya sudah lama mengincar misterblangkon.com sebagai rumah kedua yang akan saya monetize alias diduitin.

domain murah Hostinger

Sesuai namanya, blog ini akan mengunggah pelajaran bahasa Jawa sebagai salah satu cara merawat bahasa lokal yang menurut Google terancam punah. Dengan penyajian berbahasa Inggris dan desain yang artistik, saya patut berharap blog ini akan ramai dikunjungi pembelajar asing dan mengalirkan dolar demi dolar ke dalam tabungan. Asyik kan?

Harga domain dotcom berbayar bervariasi, tergantung penyedia layanan. Ada yang nyaris mencapai 200 ribu per tahun, namun di Hostinger domain yang saya incar cukup ditebus dengan 100 ribu lebih sedikit. Agar lebih luwes dan bisa didesain sesuai selera, tambah sewa hosting di www.hostinger.co.id/web-hosting pasti bakal komplet dan makin efektif. Jika domain dan hosting sudah aktif, tinggal pekerjaan utama yakni aktif mengisi konten blog. Bagaimana kiat agar blog yang kita bangun mampu menghasilkan pundi-pundi rezeki?

web hosting Hostinger

1 – Pilih niche

Tema blog atau niche perlu ditentukan sejak awal. Apakah hal-hal berbau otomotif, parenting, traveling, hiburan, atau soal-soal politik yang akan kita tulis secara kontinu. Ini berpengaruh pada jenis pembaca dan mungkin bentuk iklan yang bisa melirik blog kita kelak. Blog dengan tema khusus memang lebih menguntungkan, namun blog gado-gado pun punya pasar karena sering bisa menggambarkan keutuhan pemiliknya lewat berbagai posting beragam tema. Idealnya memang punya blog berniche dan campuran jika memang punya waktu cukup.

2 – Update berkala

Persoalan penting yang sering jadi kendala para blogger adalah sulitnya memperbarui konten blog secara teratur. Kadang mereka menggenjot semangat di awal-awal lalu loyo begitu blog sepi dan belum produktif. Cara termudah agar tulisan terus mengalir adalah menyusun daftar ide dalam buku kecil seperti yang saya lakukan. Ide apa saja yang terlintas—baik dari lingkungan sekitar atau kabar di medsos—bisa kita catat di sana lalu kita buat kerangka karangan.

Agar menarik perhatian pembaca, sajikan tema yang banyak dicari atau sedang dibahas orang di jagat maya. Bisa pula kita tampilkan tulisan sepanjang masa berupa tips mengelola keuangan, manajemen waktu, mengatasi anak malas, dan sebagainya. Artikel semacam ini relatif bertahan lama dan mendulang trafik yang konsisten. Buat skedul untuk posting setiap hari agar blog selalu up-to-date.

3 – Blogwalking

Menulis bagus saja saya tidak cukup sebab tanpa pembaca tulisan kita tak ada artinya. Salah satu cara membangun basis pembaca sekaligus menaikkan trafik adalah melakukan blogwalking (BW) atau berkunjung ke blog orang lain. Apalagi jika blogger itu termasuk pesohor atau orang terkenal, maka nama blog kita bisa terdongkrak seiring konsistensi kita melakukan BW.

4 – Manfaatkan medsos

Untuk memperluas jaringan pembaca, medsos bisa jadi solusi sebab tidak semua netizen adalah blogger. Orang-orang yang setiap hari mengakses medsos bisa kita jadikan target pembaca baru agar berkunjung dan sebisa mungkin menjadi pelanggan blog yang kita kelola. Oleh karena itulah, tema atau isi tulisan harus kuat dan bermanfaat sehingga pembaca akan berbondong-bondong mengakses bahkan membagikan link blog kita. Penyebaran link di medsos juga membantu pamor di mesin pencari seperti Google. Makin ampuh lagi jika kita membuat fanpage khusus di Facebook—yang terbukti lumayan efektif.

5 – Perhatikan SEO

Dalam menulis setiap postingan, usahakan untuk memperhatikan SEO agar tulisan kita moncer di belantara jagat maya. Ingat, ada jutaan blogger di seluruh dunia yang harus kita sasar dan bujuk agar mau mengunjungi blog kita. Atau ribuan untuk skala nasional. Minimal kita memperhatikan SEO on-page yang lumayan membantu proses pencarian. Cara lain yang bisa kita tempuh agar peringkat SEO blog terdongkrak adalah dengan beli SSL yang jelas banyak manfaatnya.

SSL adalah sertifikat keamanan yang bukan hanya melindungi website kita tetapi juga menjanjikan peningkatan trafik seperti bisa dilihat di infografis di bawah. Google sendiri telah mengumumkan secara resmi bahwa keamanan dengan SSL menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat SEO. Jadi rugi kalau ingin ranking SEO situs kita naik tapi enggan menginstal sertifikat SSL.

6 alasan ssl.png

Keuntungan menggunakan SSL

Jangan hanya berhenti di blog, gaes. Blog yang kita kelola bisa kita manfaatkan sebagai promosi dan backlink untuk website kita seperti online shop. Seperti pernah saya singgung di blog ini, saya dan istri berencana menjual kopi-kopi khas daerah melalui Internet karena menarget pasar nasional dan global sekaligus. Lebih murah dan lebih efisien. Bayangkan Anda punya toko online seperti itu, maka sertifikat SSL bakal sangat membantu dalam kelancaran bisnis kita.

Reputasi bisnis bisa terjaga sebab pelanggan merasa aman dan nyaman menjelajahi setiap produk yang kita tawarkan di website. Seiring dengan meningkatnya peringkat SEO, ditambah promosi yang seimbang, maka trafik menuju ke portal usaha kita bakal naik yang tentu berdampak pada melesatnya penjualan yang kita targetkan. Asalkan jenis produk menarik dan tampilan website mudah plus pelayanan memuaskan, maka pengunjung akan jadi repeat buyer dan secara otomatis menginformasikan bisnis kita kepada teman-temannya.

SSL sangat murah, tapi pengaruhnya luar biasa. Dengan sekali bayar seumur hidup, website atau blog kita jadi aman dengan berbagai potensi menguntungkan baik untuk pengembangan bisnis maupun portofolio personal. Jika peringkat SEO otomatis terbantu naik dan trafik terus meningkat, maka kita bisa berkonsentrasi untuk menghadirkan produk terbaik dan teknik promosi yang lebih jitu tanpa harus repot memikirkan keamanan website sepanjang hari.

harga SSL Hostinger

6 – Ikut lomba

Seperti saya singgung di awal tulisan, ikut lomba blog banyak loh manfaatnya. Pertama, blog kita ter-update dengan postingan baru. Kedua, kemampuan menulis terasah sebab menjadi media latihan terus-menerus. Ketiga, jika menang maka hadiahnya bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan terutama mengembangkan bisnis yang sudah ada seperti toko online. Keempat, bertambahnya basis pembaca dan trafik baru akibat kemenangan lomba. Bahkan saat kalah pun, biasanya selama lomba berlangsung, sesama kontestan akan saling berkunjung untuk sekadar memberi komentar atau memilih jadi silent reader  demi mengukur kekuatan pesaing mereka dalam lomba tersebut.

7 – Bikin lomba

Cara ini juga pernah saya terapkan yakni menghelat lomba sendiri. Sekecil apa pun skala dan bentuk hadiahnya, giveaway atau lomba blog punya makna untuk menaikkan profil blog kita. Selain menambah backlink ke blog, kesadaran akan eksistensi blog kita semakin menyebar dan dikenal semakin luas yang mungkin sebelumnya seolah tak ada. Coba terapkan hal serupa pada bisnis yang kita kelola. Website kita bakal semakin ramai dan brand awareness semakin kuat berkat lomba yang kita adakan tersebut. Orang jadi tahu macam-macam produk dan portal usaha kita setelah lomba. Menguntungkan kan?

Ketika portofolio blog telah kuat, kita bisa menjajal metode monetize yang lain seperti affiliate marketing dan AdSense. Keduanya bisa kita raih dengan syarat tulisan-tulisan yang kita unggah banyak dicari pembaca dan trafik kunjungan bisa diandalkan untuk mendulang keuntungan. Pun juga kalau kita mengelola website bisnis seperti toko online. Selain menawarkan produk bermutu, kita harus fokus untuk melariskan penjualan dan itu bisa terbantu jika website kita aman terutama dari cyber-crime yang merajalela. Dengan domain dan hosting di tangan, SSL akan melengkapi bisnis kita sebab kita bisa mengungguli para kompetitor berkat fitur keamanan dan kredibilitas di mata Google.

Mau blog atau website bisnis, mulailah dari sekarang, BBC Mania. Tak ada kata terlambat asalkan kita tahu ilmunya. Ilmu itu tersedia lengkap di jagat maya, tinggal klik klik klik, temukan! Konsistensi dan evaluasi tak boleh diabaikan. Kalau blog atau website digarap optimal, maka rezeki bisa datang maksimal. Mau?

Advertisements

6 thoughts on “Mengoptimalkan Blog untuk Meraup Rezeki

  1. makasih untuk info dan tipsnya, dulu saya takut pake blog berbayar. berpikir punya blog cuma buat ajang iseng doang, tp sekarang tertarik buat ngolah blog lebih lagi

    Like

  2. Hadiah lombanya wow banget ituuu.. Pasti usahanya keras jug sampai bisa menang, ya.. Ikut lomba memang lumayan juga buat nambah update-an blog apalagi kalau lagi minim ide tulisan.. 🙂

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s