Paxel Siap Antarkan Kebaikan, Banyak UKM Siap Diberdayakan

Seorang wanita bule hendak menjual cincin pemberian ibunya lantaran ia sedang sangat bokek dan butuh uang. Setelah menerima dan memeriksa cincin si wanita, pemilik toko yang konon berasal dari Syiria tersebut mengangsurkan sejumlah uang beserta cincin si wanita. Sontak wanita asing tersebut tak kuasa menahan rasa haru. Ia sama sekali tak menduga akan memperoleh uang sekaligus mendapatkan cincinnya kembali.

Fragmen dalam video itu disebut-sebut berlangsung di Dallas, Amerika Serikat, dan jelas menunjukkan anomali di tengah kehidupan modern saat orang-orang saling sikut dan cenderung mementingkan diri sendiri. Nilai seperti inilah yang melatarbelakangi pendirian Paxel, jasa pengiriman paket sameday service yang diluncurkan di Surabaya 14 Februari silam. Sebagaimana spirit yang diusungnya, Paxel bertekad untuk selalu mengantarkan kebaikan baik bagi para pelanggan maupun kurir yang dianggap sebagai mitra, bukan semata-mata pekerja.

Memberdayakan orang lain adalah menjadi value utama. (Djohari Zein)

Menjajal peluang usaha

“Kalau sama saya mungkin enggak nyambung ya karena selalu bawa-bawa Tuhan,” ujar Djohari Zein ketika menjawab pertanyaan seorang bloger tentang saldo awal yang diberikan kepada mereka yang menginstal Paxel dan melakukan registrasi. Semula saya mengira saldo sebesar 100.000 rupiah adalah murni pancingan agar kita terpaksa menggunakan Paxel meskipun tidak membutuhkan. Djohari yang kini dipercaya sebagai executive advisor Paxel sekaligus komisaris JNE menegaskan bahwa Paxel lahir dengan tujuan menyebarkan kebahagiaan, dan saldo awal yang diberikan tersebut merupakan insentif agar siapa pun bisa menjajal peluang usaha sekecil apa pun.

Ketika menyinggung ‘peluang usaha’, pikiran saya langsung teringat pada begitu banyaknya UKM dan UMKM yang bisa diberdayakan berkat kehadiran Paxel. Secara pribadi saya berharap agar Paxel terus melebarkan area jangkauan sehingga bisnis kopi yang baru saya rintis bisa turut berkembang. Seorang pembeli asal Surabaya, misalnya, mengontak lewat WhatsApp dan bertanya apakah kopi milik saya bisa dikirim melalui Paxel dari Lamongan ke Surabaya. Selama ini saya mengandalkan marketplace untuk berjualan. Bayangkan betapa besar potensi perputaran modal jika transaksi bisa dipercepat berkat delivery yang cepat lewat Paxel.

Jasa pengiriman memang jadi salah satu sarana penting di era e-commerce seperti sekarang. Para pebinis online sangat bergantung pada kecekatan ekspedisi yang kian banyak bemunculan. Selain harga dan mutu pengiriman, kecepatan juga jadi incaran para pelaku usaha dan konsumen. Kiriman apa pun akan sangat disukai jika bisa tiba di tempat tujuan tepat waktu atau malah lebih awal.

Jaminan ongkir dikembalikan

“Frozzen food yang banyak dikirim,” ujar Bryant Christanto, co-founder Paxel.

Sebut saja frozen food yang kini jadi primadona di kalangan emak atau ibu rumah tangga. Produk ini memang sangat menguntungkan. Penjual bisa cepat dapat untung, sementara pembeli mendapat solusi untuk menghadirkan lauk atau camilan kesukaan bagi keluarga. Sesuai karakternya, frozen food tentu wajib sampai ke tangan pembeli tanpa penundaan. Di sinilah Paxel punya andil sangat strategis karena bukan hanya menjanjikan paket tiba sesuai kesepakatan tetapi juga mengembalikan ongkos kirim jika barang diterima melebihi 8 jam pengiriman. Seorang kawan asal Surabaya mengonfirmasi pengalaman ini. Begitu paketnya tiba melebihi waktu 8 jam, saldo Paxel kembali seperti nominal semula.

Bryant Christanto, co-founder Paxel, membenarkan pendapat Djohari dengan  mengatakan bahwa Paxel mengusung prinsip value over money yakni kepuasan pelanggan lebih diutamakan melebihi keuntungan ekonomi. Dengan tagline make the first move, Paxel hendak menegaskan bahwa mereka akan selalu menjadi pemain terdepan dalam mengantarkan kebaikan dan mengambil langkah positif demi kebaikan bersama. Jika kompetitor menetapkan tarif berdasarkan berat dan jarak, Paxel menerapkan kebijakan paket menurut ukuran box seperti bisa dilihat di bawah ini.

Mengirim paket jadi semakin mudah dana terpantau aman.

Box atau kotak karton disediakan oleh Paxel dan disesuaikan dengan jenis barang yang dikirimkan. Jangan khawatir, BBC Mania, para kurir yang disebut dengan happiness hero selalu dibekali dengan timbangan analog kok untuk mengetahui berat paket karena per paket maksimal menampung 10 kilogram. Selain itu, para pelanggan yang biasa mengirimkan 20 paket per hari berhak mendapatkan box terlebih dahulu sehingga saat happiness hero datang, barang siap diangkut.

Smart Locker dan jaminan keamanan

Pengiriman barang tak dapat dimungkiri memegang peranan penting karena menggerakkan roda ekonomi demi memuaskan konsumen yang menerima barang pada hari yang sama. Barang lebih cepat sampai, modal jadi cepat berputar dan bisa segera dimanfaatkan. Yang paling asyik, Paxel menjamin bahwa barang tidak akan salah kirim atau tertahan di area antah-berantah. Ini semua berkat sistem loker yang dimiliki Paxel demi menjamin terkirimnya paket tanpa kebingungan. Loker ini berbasis QR code yang cukup dipindai (scan) oleh petugas sesuai daerah tujuan masing-masing. Selain memotret pengirim dan penerima, setiap paket yang bergerak selalu dilaporkan melalui aplikasi. Bahkan ada pemberitahuan ketika paket sedang menuju ke lokasi penerima. Silakan tonton video berikut untuk mendapatkan gambaran lebih jelas.

Kini kirim paket apa pun tak perlu ragu, BBC Mania! Ada paxel yang bisa diandalkan untuk mengantarkan kebaikan kepada siapa pun yang kita kehendaki. Seperti value yang dianut, orientasi Paxel bukan melulu bisnis dan keuntungan. Komitmennya pada kebaikan terbukti lewat amanah yang diberikan oleh PSSI sebagai official logictics partner. Dengan demikian, para pemain tak perlu dipusingkan dengan alat dan perangkat apa pun yang diperlukan sehingga pemain bisa fokus pada pertandingan atau latihan sebab urusan logistik sudah ditangani tim Paxel.

Alexander Zukarnaen, hero brand ambassador, menambahkan bahwa Paxel telah menandatangani nota kesepaham dengan sejumlah yayasan dan gerakan sosial salah satunya Indonesia Mengajar dalam rangka mendukung setiap gerakan mereka secara cuma-cuma. Ini bukan hanya keren, tapi sungguh produktif untuk menularkan semangat filantropis dan terutama mendongkrak percepatan ekonomi bangsa yang ditopang oleh kekuatan UKM berkat peran Paxel sebagai mitra andalan. Ini sejalan dengan nama Paxel yang merupakan akronim dari Pax (paket atau orang) dan el dari kata accelerate yang ingin menjadi yang pertama dalam melayani dan berkontibusi dalam pengembangan hal-hal positif.

Coba yuk!

Demi menikmati layanan istimewa ini, saya pun menjajal fitur-fitur Paxel yang ternyata sangat mudah. Karena Lamongan sementara belum masuk dalam wilayah layanan, saya sengaja mengirimkan paket dari Satu Atap Co-working Space di Jl. Ketabang Surabaya ke kantor Paxel Surabaya dengan membubuhkan alamat saya di Lamongan. Benar saja, untuk paket kecil hanya dikenakan ongkos 18.000 yang langsung dipotong dari saldo aktif.

Setelah itu, happiness hero datang untuk menjemput paket kita. Setelah ditimbang, kita difoto dan menerima struk pengiriman. Pergerakan paket bisa terus dipantau sepanjang hari sehingga kita tak perlu risau paket akan tersasar. Akhirnya tanggal 15 Februari paket saya pun dinyatakan tiba di Paxel Home Surabaya, tinggal ditandangani dan foto penerimaan diunggah di history pemesanan kita. Gampang dan asyik banget kan?

Mulai sekarang, berkirim paket coba andalkan Paxel. Sudah saatnya kita membangun usaha dengan memberdayakan sesaama baik dari segi produk maupun pengiriman. Nah, mumpung saya lagi baik hati, segera deh instal aplikasi Paxel dengan menggunakan kode referral saya belalangcerewet untuk mendapatkan saldo 100 ribu. Baik kan? Selain itu, setiap pengisian ulang (top-up) selama bulan Februari akan diganjar bonus 20% dari nilai yang kita isikan. Sudah, Paxel aja….

23 thoughts on “Paxel Siap Antarkan Kebaikan, Banyak UKM Siap Diberdayakan

  1. Keren bangeeet ya layanan Paxel, jd gak sabar nunggu masuk area Sidoarjo. Semoga segera bisa tercover.
    kindly visit my blog www(dot)diarynovri(dot)com

    Like

  2. Aku dah pake nih paxel, kebetulan aku jg punya usaha kecil2an, jualan di MP juga, kadang ada teman yg mau beli tp mau-nya langsung via WA, males kali yaa… ribet klo harus ke MP atau IG dulu, soalnya dah kenal baik satu sama lain hehehe… pdhal klo di MP kan kadang suka ada bantuan subsidi ongkir, nah, klo pesan langsung subsidi ongkir rada sulitlah hehehe.. mereka sih ga masalah soal ongkir, tapi sjk ada paxel jadi suka nawarin juga mau kirim pake paxel ga?? mrk kan jadi download aplikasinya, dan dapat 50K, lumayan kan.. membantu bngt memang paxel, penjual senang, pembeli pun puas hehehe…

    Like

  3. Menarikk bangeet nih mas rudi, waaah baru tau tapi :” padahal kapan hari ayah kirim pake ke jakarta. Saya bagikan informasinya ke keluargaa di indo yaa mas, makasih banyak sharingnyaa 🙂

    Oiya saya salut banget sama paxel, selain niat dasar awal yg ingin selalu berbagi kebaikan lewat pengantaran paket yg cepat, rasanyaa saldo awal 100.000 nominal yg cukup besar. Pun ada garansi pengembalian ongkir saat pengiriman melebihi waktu. Let’s make first move with paxel ~ Semoga berkah, aamiin

    Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s