Jaga Kondisi Saat Pandemi, Ingat 7 Hal Penting Ini

Pandemi yang menyerang dunia sejak akhir tahun lalu telah memaksa kita mengubah perilaku. Banyak kebiasaan yang kini tak lagi berlaku. Terhitung Maret 2020, karantina lokal di Indonesia mensyaratkan kita membatasi aktivitas di luar rumah demi mencegah penyebaran virus berbahaya. Bukan hanya belajar, sebagian besar pekerjaan pun kini mesti dilakukan secara remote dengan skema Work from Home (WfH). Lebih-lebih untuk urusan interaksi sosial, social distancing wajib hukumnya.    

Sambil menunggu vaksin ampuh yang teruji dan terbukti aman, yang utama kita lakukan saat ini adalah menjaga kondisi badan agar tetap bugar sehingga tak mempan ditembus kuman dan virus Covid-19 yang sedang jadi perbincangan. Mewujudkan tubuh yang sehat dan segar harus jadi prioritas sebab ini adalah modal untuk menjalankan berbagai aktivitas, terutama mencari rezeki untuk keluarga.

Sekadar diucapkan mungkin terasa gampang, tapi apa saja langkah nyata yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan badan yang fit selama pandemi? Coba simak 6 hal ini untuk membantu terciptanya kondisi badan optimal sebagai bekal utama meraih kesuksesan finansial dan ketenangan subtansial.         

1 | Makan seimbang

Untuk memasok energi guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, usahakan makan secara seimbang. Jangan hanya makan karbohidrat dengan meninggalkan protein dan serat. Konsumsi buah sebisa mungkin dengan memperhatikan kadar gizi yang kita butuhkan sesuai usia dan intentitas kegiatan. Jangan lupa mengimbanginya dengan asupan sayur terutama untuk membantu pencernaan, menghindarkan diri dari diare. Hindari makanan terlalu pedas atau berbasis gorengan; sebaliknya perbanyak rebusan atau kukus.

2 | Olahraga teratur

Makanan dengan gizi seimbang memang bagus, tapi tak akan bermanfaat jika tidak dibakar agar akumulasi energi terdistribusi dengan baik. Lakukan olahraga secara teratur setiap hari, terutama pada pagi hari. Tak harus berupa gerakan rumit dan dalam durasi lama. Gerakan-gerakan sederhana seperti jalan kaki dan lari pun sudah positif. Jika memungkinkan, kita bisa mengayuh sepeda dengan jarak dan medan yang sudah diantisipasi. Yang penting harus ada kegiatan membakar kalori secara rutin agar metabolisme tubuh berjalan alami.

3 | Patuhi protokol

Makan bergizi dan olah fisik yang teratur adalah modal penting untuk menjemput rezeki. Namun haruperlu diingat bahwa selama pandemi keberadaan virus sangat sulit dideteksi. Oleh karena itu, mematuhi protokol kesehatan yang telah disyaratkan otoritas pemerintah menjadi kewajiban. Pakailah masker ketika meninggalkan rumah. Gunakan pakaian tertutup dan bekali diri dengan hand sanitizer yang andal. Hindari berkerumun, apalagi dalam waktu yang lama. Segera bersihkan diri begitu tiba di rumah dari perjalanan apa pun, sedekat apa pun.

4 | Multivitamin

Untuk mendongkrak imunitas atau daya tahan tubuh, lengkapi asupan sehari-hari dengan mulivitamin yang dianjurkan. Perbanyak konsumsi vitamin C yang kini makin banyak tersedia di pasaran, baik bentuk maupun mereknya. Pilih yang paling sesuai dan jika perlu konsultasikan dengan dokter yang kita percaya. Untuk mencapai manfaat maksimal, jangan lupa menambah dengan minuman tradisional berbahan rempah karena terbukti ampuh mengusir virus. Temulawak, kunyit, dan jahe bisa menjadi antibiotik alami yang sangat membantu proteksi diri semasa pandemi.

5 | Kendalikan stres

Tanpa disadari, stres sering mendera kehidupan manusia modern. Di kota atau di desa stres tak bisa dihindari. Alih-alih menghindar atau coba mengingkari, kita bisa memilih untuk mengendalikannya. Bisa dimaklumi karena tuntutan hidup pada era serbacepat sekarang memang banyak dan tinggi. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, ketika sektor ekonomi mengalami gangguan cukup signifikan.

Nah, inilah perlunya kita atur stres karena beban ekonomi dan sosial bisa menyebabkan stres. Hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal pada level yang stabil akan mampu mendorong kita untuk bekerja dengan penuh semangat. Asal jangan sampai level hormon pemicu stres itu dibiarkan melewati ambang batas sebab akan menimbulkan dampak negatif dan bahkan penyakit.

Agar stres terkendali, alihkan perhatian pada kesibukan lain yang rekreatif. Membaca buku, menekuni hobi baru seperti berkebun, menyanyi bersama keluarga, atau mendengarkan musik dan menonton film di rumah bisa menjadi sarana mudah untuk menekan stres. Atur jam kerja agar tidak terjadi overwork. Hindari begadang dan memvorsir tenaga. Agar hati tenang dan damai, usahakan ikut berkontribusi dalam kegiatan amal atau gerakan sosial di sekitar kita.

6 | Jaga silaturahmi

Sebagai makhluk sosial, kita tak bisa mengingkari kodrat bersosialisasi. Namun ingat bahwa saat pandemi ada batasan yang harus kita patuhi. Tak bisa sembarang bertemu orang karena kita tak tahu riwayat orang tersebut telah berinteraksi dengan siapa saja. Jika tak  mendesak, jauhi pertemuan face-to-face karena ada potensi penyebaran virus yang berada di luar kendali kita sendiri. Protokol tersebut tentu saja jangan sampai menghentikan kita untuk tetap menjalin tali silaturahmi.

Tetap jaga hubungan baik dengan teman, keluarga, dan rekan kerja yang punya peran penting sebagai saluran rezeki kita. Jika harus menghadiri acara penting yang tak bisa diwakilkan di luar kota, baik urusan keluarga ataupun pekerjaan, maka kunjungilah dengan tetap memperhatikan anjuran protokol kesehatan semestinya. Bahkan kalau tak mungkin ditempuh seharian, sebaiknya menginap untuk menjaga kesehatan.

Agar tak merepotkan tuan rumah, kita bisa memilih menginap di hotel atau penginapan. Selain lebih nyaman dan harganya semakin terjangkau, pesan hotel sekarang kian praktis dan mudah. Tak perlu menyambangi hotelnya seperti cara konvensional. Lewat website resmi atau aplikasi di smartphone, kita bisa akses informasi lengkap sekaligus melakukan pemesanan tanpa terkendala. Berbekal koneksi Internet, kita bisa pesan hotel dengan pembayaran secara digital.

Di mana pun kota yang kita tuju, akses Internet kini memudahkan segala kebutuhan kita. Bukan hanya pesan hotel dengan cepat, tapi juga memesan makanan dari banyak gerai dengan beragam menu yang menggiurkan. Sudah saatnya kita beralih ke kehidupan digital demi kenyamanan dan menjaga kesehatan selama pandemi karena pesan hotel secara online tak perlu bersusah ke hotel dan makin hemat karena sering ada penawaran promo menarik.

7 | Tingkatkan spiritualitas

Sambil menempuh perjalanan jauh, jangan lupa tetap menjaga hubungan baik dengan Tuhan. Apa pun keyakinan dan kepercayaan yang Anda anut, meningkatkan spiritualitas di saat pandemi bisa membantu meredakan beban pikiran dan menekan emosi yang berlebihan. Dengan stay at home, kita jadi punya banyak waktu untuk belajar banyak hal, mulai dari keterampilan baru hingga pengetahuan agama yang kita butuhkan.

Seorang konselor keluarga asal Jogja Cahyadi Takariawan menegaskan bahwa kiat awal melalui pandemi adalah menerima kenyataan ini, bukan coba membuat penyangkalan yang justru kontraproduktif. Penerimaan akan membuat hati dan pikiran kita tenang sehingga bisa menyusun langkah yang relevan dengan situasi zaman. Berserah diri kepada Tuhan aalah cara efektif untuk menggenapkan kiat-kiat lain yang sudah kerjakan di awal.

Jadi, BBC-Mania, tetaplah beraktivitas dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan sambil terus berolahraga secara rutin diimbangi dengan makanan yang bergizi. Jangan memvorsir tenaga dan usahakan mengatur kadar stres agar tidak menjadi penyakit baru. Jika dibutuhkan, konsumsi suplemen berupa multivitamin atau minuman herbal untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Jaga silaturahmi sebab itu bisa melahirkan peluang menguntungkan. Tak perlu galau kalau harus ke luar kota dan menginap beberapa hari. Jaga diri dan manfaatkan teknologi dengan pesan hotel secara daring dari gawai kita. Lebih praktis, lebih hemat, dan lebih sehat karena tak perlu datang ke hotel sekadar untuk melakukan pemesanan.

Jaga kondisi saat pandemi, harus itu. Perhatian 7 hal penting agar hidup mudah dan menyenangkan.

2 Comments

    1. Iya, Mbak. Ngersulo tak akan membantu, malah bikin awak loyo. Semoga segera berlalu deh dan kita semua mendapat rahmat allah SWT apa pun ketentuan nanti, aamiin.

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s