Kisah-kisah Inspiratif UMKM ini Diganjar Ratusan Juta Oleh JNE

Selama pandemi berlangsung di Tanah Air, sektor yang cukup terdampak secara ekonomi adalah usaha kecil, mikro, dan menengah yang kita kenal dengan sebutan UMKM. Para pelaku atau pegiat UMKM berusaha sekuat tenaga untuk bisa memasarkan dan menjual produk mereka ketika gairah ekonomi di seluruh dunia ikut melemah. Ketika penjualan online jadi pilihan, JNE hadir sebagai solusi untuk menjembatani kepentingan penjual dan pelanggan.

Sebagai ekspedisi asli negeri, JNE memang terus berkomitmen untuk mewujudkan kepuasan bagi pelanggan, terutama menjadi mitra strategis UMKM agar pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah bisa mencapai akselerasi ekonomi dengan sukses memberdayakan potensi lokal untuk pasar nasional maupun global.

Inovasi JNE dukung pebisnis online

Banyak hal yang dilakukan JNE untuk mendukung perekonomian nasional agar terus berjalan meskipun kondisi serbasulit hampir di seluruh lini kehidupan. Mulai dari pelatihan pemasaran lewat IG Live atau Zoom meeting hingga tawaran promo menarik bagi penjual online, JNE tak henti berinovasi demi mengalirkan rezeki dan kesinambungan pembangunan. Promosi menarik misalnya dihadirkan saat perhelatan PON, Tahun Baru Imlek, dan tentu saja Harbokir andalan JNE.

Saya pernah merasakan sendiri manfaat ikut GOLL..ABORASI BISNIS ONLINE yang diadakan oleh JNE Surabaya. Sesi bersama CEO Bu Rudy yang kesohor dengan sambal bawang khas Surabaya dan pebisnis muda Arief Susanto sungguh sangat membekas. Saya mendapat insight menarik tentang spirit bisnis dan membaca celah sebagai peluang untuk digarap. Saya juga mendapat poin untuk JLC (JNE Loyalty Card) tanpa harus kirim paket. Asyik banget kan?

Apresiasi JNE untuk kisah UMKM

Kiprah lain JNE untuk mendukung UMKM Indonesia agar bisa survive adalah dengan menjaring kisah-kisah menarik tentang sumbangsih JNE bagi para pegiat atau pemilik UMKM nasional. Untuk memuluskan maksud ini, JNE pun menggandeng Kompasiana sebagai salah satu portal komunitas bloger terbesar di Indonesia. Dalam event bertajuk “JNE Content Competition” ini, para bloger di Kompasiana (Kompasianer) diminta menuliskan cerita unik tentang pelaku UMKM yang terbantu oleh layanan atau program JNE.

Mengangkat tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia”, kompetisi yang berlangsung dari 6 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022 ini kontan direspons secara positif oleh para Kompasianer dengan banyaknya konten yang masuk. Selain hadiah ratusan juta, para juri yang bertugas menilai karya adalah kalangan profesional di bidangnya sehingga memenangi lomba ini tentu akan sangat membanggakan bloger.

Yang menarik, ada empat kategori yang dilombakan, yaitu writing competition, video competition, photo competition, dan design competition sehingga para pembuat konten terwadahi untuk ikut mengirimkan karya sesuai minat masing-masing. Tak hanya jurnalis yang boleh ikut, tapi kalangan umum dan karyawan JNE pun boleh meramaikan.

Karya-karya yang masuk menunjukkan kiprah dan kontribusi JNE sebagai ekspedisi terkemuka di Indonesia dalam mengangkat pamor produk lokal sehingga kian dikenal dan meraup keuntungan finansial.

Juri dan pemenang

Siapa saja juri yang dipercaya untuk menilai karya-karya yang masuk? Untuk lomba penulisan, ada Kang Maman (penulis & pegiat literasi) dan Paulus Tri Agung Kristanto (wapimred Harian Kompas). Sedangkan penilaian karya berbentuk foto dipercayakan pada Barry Kusuma (travel blogger & fotografer) dan Arbain Rambey yang tak diragukan lagi kompetensinya.

Pada kategori video, JNE menunjuk Eddy Hasbi (videographer & visual journalist Kompas) dan Anggun Adi (film maker & content creator). Lalu pada kategori desain, ada Muhammad Misrad yakni kartunis yang kondang disapa Mice dan Wahyu Aditya atau kerap dipanggil Wadit yang merupakan founder dan creative director HelloMotion.

Setelah dilakukan penjurian dengan penilaian yang sangat ketat, para dewan juri akhirnya berhasil memilih para pemenang yang beruntung membawa hadiah jutaan rupiah. Kamukah satu di antaranya, BBC-Mania? Selamat buat para pemenang, semoga tulisannya menginspirasi dan hadiahnya bermanfaat. Namun bagi yang belum beruntung, jangan berkecil hati. Tulisan Anda tetap menginspirasi dengan caranya sendiri. Nantikan lomba menarik lainnya persembahan JNE.

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s