Review Samsung Citrus C3520: Ponsel Clamshell yang Elegan

1 copy

Ini mungkin kali pertama saya menuliskan ulasan (review) produk eletronik berupa ponsel atau yang orang Indonesia kenal dengan handphone. Sebenarnya saya pernah menyimpan draf ulasan ponsel Lenovo dual SIM. Namun karena perkembangan ponsel pintar begitu pesat, maka ponsel feature phone keren itu pun urung saya tampilkan ulasannya di blog Belalang Cerewet.

Sehari-hari saya menggunakan dua buah ponsel: satu khusus untuk menelepon dan berkirim pesan singkat, dan satu lagi ponsel Android untuk mengakses media sosial, terutama melayani pelanggan lewat BBM dan WhatsApp. Penggunaan dua macam ponsel semacam ini tentu dengan pertimbangan tertentu. Saya memilih feature phone tentu karena terbilang awet dari segi daya sehingga saya tak perlu khawatir ketika bepergian tanpa membawa charger. Sedangkan ponsel ber-OS Android tentu saja begitu boros baterai sehingga harus sering dicas baik lewat aliran listrik langsung maupun stok daya dari power bank. Saya pribadi belum memandang perlu memiliki unit power bank

UNBOXING SAMSUNG CITRUS
2 copy

Saya membeli lewat Lazada yang cukup populer belakangan ini sebagai toko online di Indonesia. Saat paket mendarat di rumah, segera saya buka kotaknya. Kemasan terbungkus rapi dan masih bersegel tentunya. Dalam boks penjualan, saya menemukan:

  • Ponsel lipat C3520 aka Citrus
  • Pengisi daya (charger)
  • Baterai
  • Buku petunjuk/manual guide
  • Kartu garansi
  • Earphone

Mari kita selisik penampilan fisik ponsel lipat keren ini.

Ponsel Citrus sebelum dibuka (bagian atas/muka)

Ponsel Citrus sebelum dibuka (bagian atas/muka)

Bagian bawah/belakang dengan kamera 1,3 MP

Bagian bawah/belakang dengan kamera 1,3 MP

Sisi kiri tempat di mana slot memori tambahan dan port charger berada

Sisi kiri tempat di mana slot memori tambahan dan port charger berada

Ketika ponsel terbuka atau tidak dilipat

Ketika ponsel terbuka atau tidak dilipat

Tipis kan saat dibuka?

Tipis kan saat dibuka?

Slot kartu GSM

Slot kartu GSM

Keypad atau papan ketiknya empuk dan sangat nyaman untuk mengetik sms panjang

Keypad atau papan ketiknya empuk dan sangat nyaman untuk mengetik sms panjang

Walaupun baru TFT, 256K colors, namun layarnya lumayan enak dilihat. Nyaman untuk mengakses setiap menu

Walaupun baru TFT, 256K colors, namun layarnya lumayan enak dilihat. Nyaman untuk mengakses setiap menu

CITRUS C3520 VERSUS PEARL 8230
Saat membuka ponsel Samsung ini, saya langsung teringat pada BB Pearl 8230 yang teronggok di laci. Ponsel BB ini sudah pensiun karena baterainya sudah ‘hamil’ dan keypad-nya bikin naik darah, hehe. Ukuran kedua ponsel ini boleh dikatakan mirip. Perbedaan utama adalah letak kamera dan jumlah layar.

Kamera Pearl 8320 berada di keping lipatan atas, sedangkan kamera Citrus ditanamkan di keping lipatan bawah. Walhasil, jari sering tak sengaja menutupi kamera Citrus, apalagi saat memotret jari saya kerap menghalangi kamera. Adapun mengenai layar, Pearl 8230 dilengkapi dual screen sehingga setiap pesan singkat atau panggilan yang masuk langsung bisa kita lihat tanpa membuka ponsel.

Sedangkan pada Citrus, karena hanya punya satu layar, maka kita harus rajin membuka-menutup ponsel untuk mengetahui apakah ada pesan atau panggilan masuk. Saya mengakali hal ini dengan memasang ringtone sms yang panjang disertai dengan vibrasi atau getaran sekaligus. Dengan demikian, kita akan tahu saat ada pesan masuk.

Bersanding dengan Pearl 8230 yang sudah pensiun :)

Bersanding dengan Pearl 8230 yang sudah pensiun 😉

Saat masing-masing dibuka, Samsung Citrus agak lebih panjang sedikit. Hanya saja papan ketiknya lebih nyaman Citrus.

Saat masing-masing dibuka, Samsung Citrus agak lebih panjang sedikit. Hanya saja papan ketiknya lebih nyaman Citrus.

Saat dilihat dari samping pun, ketipisannya hampir serupa.

Saat dilihat dari samping pun, ketipisannya hampir serupa.

Namun dalam posisi tertutup, Samsung Citrus lebih ramping dan lebih elegan :D

Namun dalam posisi tertutup, Samsung Citrus lebih ramping dan lebih elegan 😀

Karena tidak terlalu besar, maka Samsung ini nyaman digenggam juga dikantongi.

Karena tidak terlalu besar, maka Samsung ini nyaman digenggam juga dikantongi.

INTERNET DAN EMAIL
Saya membeli ponsel ini sebagai ponsel pilihan yang bisa diandalkan dayanya sehingga bila ponsel Android habis baterai, maka saya bisa tetap menerima telepon atau pesan singkat, dan bahkan membuka email. Layanan Internet Java di ponsel ini belum saya coba, karena kebetulan sebaran sinyal Indosat IM3 di tempat tinggal saya kurang bagus.

Asyiknya ponsel ini adalah sudah dilengkapi akun gmail yang tinggal kita isi username dan password. Begitu saya coba masuk ke email, ternyata cukup memuaskan. Paling tidak dibandingkan ponsel java Lenovo sebelumnya yang agak lemot membuka email.

MULTIMEDIA, KEYPAD, DAN MEMORI
Berbekal kamera dengan resolusi 1,3 MP tentu tidak bisa diandalkan untuk mengabadikan momen penting, karena ponsel ini memang tidak dimaksudkan sebagai ponsel kamera. Namun cukuplah untuk menjepret momen yang terlewat misalnya untuk berita penting atau saat ponsel Android kita kehabisan daya. Ponsel ini juga memungkinkan kita merekam video dan cukup lancar saat saya coba. Paling tidak lebih bagus ketimbang kamera VGA.

Selain kamera, kita juga bisa asyik mendengarkan saluran-saluran radio pilihan, lalu merekam program yang kita suka. Menarik toh? Untuk video, kita bisa memutar file-file MP4.

Keypad-nya empuk dan cukup responsif untuk mengetik sms panjang atau pendek. Suaranya pas dan tidak terlalu jelek juga untuk ponsel seharga ini. Saya coba untuk memutar lagu-lagu, cukup lumayan. Bila memori ponsel penuh, kita masih bisa menyisipkan microSD hingga 16 GB. Mantab kan?

Sedangkan untuk memindahkan data, selain melalui komputer, tentu bisa juga kita akses lewat jaringan bluetooth yang lumayan memadai.

BELUM BISA WHATS APP (WA) DAN BBM
Karena belum dipersenjatai dengan Android alias masih dibekali OS proprietary, maka ponsel ini belum bisa dipergunakan untuk mengakses aplikasi WA atau Whats App dan Blackberry Messenger (BBM). Bisa dimaklumi ketiadaan dua aplikasi sosial ini, mengingat memori internal ponsel yang relatif kecil. Namun meski tanpa WA atau BBM, kita bisa sangat nyaman ber-sms ria panjang lebar dengan keypad yang empuk.

KEJUTAN ISTIMEWA
Satu hal yang mengejutkan saya adalah kehadiran English Dictionary yang telah dibenamkan dalam ponsel imut ini. Saya langsung mencobanya dan jatuh cinta. Betapa tidak, ini jelas akan sangat berguna untuk menambah kosa kata terutama saat membaca novel e-book tanpa harus membuka kamus fisik ataupun kamus di laptop.

verdict copy

Akhirul kalam, saya sangat suka ponsel ini. Harga murah, bisa memenuhi kebutuhan saya, tapi tetap terlihat trendi dan unik mengingat ponsel zaman sekarang bentuknya monoton selebar-lebarnya. So, bila Sobat berniat mencari ponsel sekunder atau bahkan primer yang bagus, Citrus C3520 keluaran tahun 2011 ini layak diperhitungkan. Semoga bermanfaat! 🙂

Advertisements

36 thoughts on “Review Samsung Citrus C3520: Ponsel Clamshell yang Elegan

  1. Ini harga berapaan n keluaran tahun berapa ya? Koq lumayan banget fiturnya..
    English Dictionary nya harus connect ke internet gak?

    Like

    1. Setahu saya ini produksi tahun 2011, Mbak irly. Menurut saya memang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sms dan telepon dengan daya tahan baterai yang cukup panjang (punya saya bisa sampai 3 hari). Soal harga bervariasi, Mbak. Mulai dari 600-650ribuan. Tempo hari Lazada ulang tahun, jadi kita dapat voucher 60.000, so lumayan saya cukup bayar 542.000 dah free ongkir ke rumah. Saya rasa harga di Lazada paling murah.

      Untuk kamus Inggris-Inggris, tidak harus konek ke Internet, Mbak. Inilah asyiknya, bisa sambil belajar bahasa Inggris, hehe. Bentuknya juga unik 🙂

      Like

    1. Iya, betul banget, Mbak Haya. Cocok buat ponsel utama yang dipakai buat bertelepon ria dengan baterai yang sangat hemat, dengan penampilan yang keren, tapi harganya terjangkau. Yuk beli, Mbak! 😉

      Like

  2. Ini kaya punya teman saya dulu sewaktu masih keja di kediri mas, mupeng saya sama ponsel lipatnya, selain tipis kayanya bikin jadi eksekutif gitu. hape saya waktu itu juga masih pake samsung tapi bukan yang flip, yang biasa aja masih tebal gitu

    Like

    1. Ponsel ini sudah empat tahun diluncurkan, Mbak. Memang Samsung punya banyak tipe ponsel lipat dulu. Setelah generasi Android, banyak yang lebar-lebar. Selain eksklusif dan ga pasaran, baterainya juga awet banget, Mbak.

      Liked by 1 person

  3. Ini cocok sekali buat referensi saya. HP saya sudah harus ganti seperti model ini, yang hanya difungsikan sebagai Phone dan Message saja. Untuk HP yang benar-benar featured masih belum terbayang apa yang saya inginkan

    Like

  4. Ngapunten mas, untuk kapasitas smsnya sampe berapa banyak ya?
    Sama delivery reportnya jadi satu message sendiri kayak di android atau gimana?
    Maturnuwun..

    Like

    1. Mohon maaf juga baru sempat bales, Mas. Sms-nya sih masih terpisah antara inbox dan outbox, belum kayak Android yang udah satu rangkaian untuk sms 1 kontak. Kalo soal kapasitas, saya kurang tahu, Mas. Yang jelas sejauh ini saya sudah menyimpan 150an sms di inbox dan 500an sms di outbox. Semoga membantu 🙂

      Like

  5. Mohon maaf, ini WA kan gak bisa ya. Tapi ponsel Nokia banyak juga yang masih java dan bisa menjalankan aplikasi WA. Mohon di jelaskan.
    Soalnya android mati, nunggu akhir tahun buat ganti. Dan masih butuh WA karena banyak grup temen2 kampus nya. Di sisi lain saya masih punya obsesi beli ponsel flip. Hehe~

    Like

    1. Sebagaimana saya sebutkan dalam tulissan, hape ini belum bisa dipakai WA, Mas. Untuk pesan hanya bisa lewat sms. Iya memang hape Nokia ada yg belum Android tapi sudah bisa pakai WA, itu konon karena sudah ada kerja sama antara Nokia dan pengembang WA dulu, seperti Nokia Asha. Tapi sekarang Nokia juga sudah beralih ke Android. Jadi saran saya, bila masih butuh WA, sebaiknya beli hape baru yang Android. Harganya murah-murah sekarang kan, hehe. Bisa pilih sesuai keinginan dan kemampuan. Atau beli hape bekas bisa jadi pilihan. Semoga bermanfaat.

      Like

  6. Hallo mas. Ini ponsel samsung citrus kalo dibuat dengerin lagu lewat headset hasil suaranya bagus apa nggak ya???? Adakah tambahan equalizer.. Efek2.. Dsb????

    Thanks sebelumnya mas

    Like

    1. Menurut saya ya lumayanlah untuk ponsel seharga itu. Bassnya lumayan. Pas muter musik, di bagian setting kita bisa milih equaliser: auto, pop, rock, jazz, dance, classic dan live. Lalu ada menu lain pada effects dengan berbagai pilihan: normal, wide, concert hall, bass enhancement dan externalisation. Untuk ponsel dg harga murmer lumayanlah… 🙂

      Like

    1. Saya cek di web Lazada ponsel lipat ini masih ditawarkan, Mbak. Cuma harganya agak mahal dibanding saya beli dulu. Hehe. Bagus kok sampai sekarang untuk sms dan telepon saya mengandalkan ponsel Samsung ini. Bentuknya bagus, dah jarang yang punya 🙂

      Like

    1. Memang betul, Mas. Baterainya bisa diandalkan. Sekali cas bisa berhari-hari baru habis. Beda sama Android yang setiap hari harus dicas bahkan berkali-kali. Maklumlah jeroan dan peruntukkannya memang berbeda juga sih. Tapi Samsung lipat ini juga sudah bisa buka Facebook, email, dan twitter kok. Lumayan banget pokoknya.

      Like

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s