Acer Liquid Z520, Ramping dan Andal dengan Harga Masuk Akal

SEBAGAI PEMAIN GAEK di dunia IT, brand asal Taiwan ini di Indonesia semula lebih dikenal karena popularitas laptop besutannya. Meski terbilang tak terlalu produktif melahirkan gadget terutama smartphone di pasar tanah air, Acer rupanya tak absen memproduksi ponsel pintar–meskipun masih kalah langkah dibanding merek senegaranya yakni Asus.

Sudah lama BBC tidak menghadirkan ulasan gawai untuk sobat pembaca. Sebenarnya memang belum banyak ulasan produk IT di blog ini. Namun menyisipkan blog post dengan muatan produk telco ternyata sangat bermanfaat bagi pembaca, terbukti dari tingginya trafik Review Samsung Citrus C3520: Ponsel Clamshell yang Elegan. Oleh karena itulah Acer Z520 muncul untuk mewarnai blog ini.

acer2

Acer Z520 termasuk seri Liquid yang cukup lama dirilis, yakni April 2015. Unit ini saya dapatkan dari Acer langsung di awal 2016 silam. Bukan, bukan lantaran dapat tugas product endorsement (walaupun ga nolak kalau dikasih, hehe), melainkan sebagai bentuk hadiah dari sebuah kontes di penghujung tahun 2015. Pas banget saat ponsel Bunda sedang lemot lantaran uzur, jadi Z520 pun kuhibahkan padanya.

Yang menyenangkan dari produsen Taiwan, baik Acer maupun Asus, adalah bahwa keduanya gencar melakukan promosi melalui event lomba baik diselenggarakan langsung oleh mereka maupun dengan cara mensponsori aneka kegiatan. Khusus untuk Acer, ia bahkan ajeg mendampingi para guru lewat Guraru Award berhadiah laptop keren selama beberapa tahun hingga tahun ini.

Spesifikasi Acer Liquid Z520

  • Sistem Operasi: Android 4.4.2 KitKat
  • Chipset Mediatek MT6582M dengan prosesor Quad-core 1,3 GHz Cortex-A7
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera belakang 8 Megapiksel, dengan autofocus, LED flash. Dilengkapi Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama. Kamera depan 2 MP
  • Layar 5 inchi TFT capacitive touchscreen, dengan Resolusi 480 x 854 pixels dan sudah didukung Multitouch
  • Memori 1 GB, ROM 8GB, dilengkapi slot microSD hingga 32GB
  • WiFi, Bluetooth 4.0, A2DP, USB, 3.5 mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM stand-by
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 154 x 86 x 6.4 mm (6.06 x 3.39 x 0.25 in), berat 118 g
  • Baterai Removable Li-Po 2000 mAh
  • Warna: Black and white

Paket Penjualan Acer Liquid Z520

acer z520

Seperti terlihat dalam gambar di atas, kardus ponsel pintar ini dijual antara lain:

  • Handset Acer Z520
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • earphone Acer
  • Booklet manual
  • Kartu garansi

Desain dan Kamera

Sebagaimana saya sebutkan di judul, ponsel pintar dari Acer ini terbilang ramping walaupun tak tipis banget. Dengan bentang layar 5 inch, bodinya sangat nyaman di genggaman terutama berkat tekstur unik di cover belakang walaupun materialnya plastik. Unit yang kami dapatkan berwarna putih dan memang jadi rentan kotor. Desainnya sangat menarik menurut kami.

acer 2
Gambar dari http://gamesgadgetsgizmos.info

Bagaimana dengan hasil bidikan kameranya? Saya akui bukanlah fotografer ulung meskipun sangat suka jeprat-jepret. Memberikan pendapat profesional mengenai hasil kamera Liquid Z520 pun tentu tak berani. Secara umum, kami puas dengan harga segitu untuk mengabadikan momen-momen penting bersama keluarga. Memang bukan super, tapi cukuplah untuk tak melewatkan saat-saat mengesankan.

Berikut foto-foto yang diambil istri sewaktu Rumi mengikuti kegiatan outbound tahun lalu. Biarlah gambar yang berbicara. 🙂

acer 1

acer 2

acer 3

acer 4

Performa keseharian

Saya tak tertarik membahas hal-hal teknis terutama uji ini-itu mengenai Liquid Z520 ini. Barangkali bisa ditemukan di blog atau website lainnya. Yang jelas, selama hampir dua tahun menggunakannya, istri saya tidak punya keluhan soal kinerja ponsel besutan Acer ini. Secara gratisan, masak mau ngomel, hehe. Enggak gitu juga sih. Untuk menulis di Word, keypad-nya lumayan responsif dan akurat.

Memroses aplikasi juga lancar. Paling sesekali ngelag lantaran terlalu banyak aplikasi dengan kondisi RAM yang terbatas. Kalau 2 GB, mungkin bakal wus wus wus. Tapi sudah cukup kok untuk pemakaian sehari-hari. Edit foto ringan lewat aplikasi atau Internetan selalu memuaskan. Untuk yang terakhir ini tentunya tergantung pada jaringan provider. Meskipun belum didukung fitur 4G LTE, namun koneksinya lumayan kencang menggunakan Indosat IM3 Ooredoo di Lamongan.

Adapun bila ingin lebih cepat lagi, kami memanfaatkan modem MiFi dari Smartfren untuk memasok jaringan 4G yang cukup gesit di tempat kami saat ini. Inilah salah satu trik untuk mengakali ponsel yang belum 4G. Dengan layanan 4G yang tertanam di modem, kita bisa terhubung lewat hotspot yang cukup bisa diandalkan. Bisa pula lewat WiFi di tempat-tempat umum seperti kafe atau perpustakaan daerah.

Intinya, dengan harga sejuta dikit (dulu), atau di bawah sejuta (sekarang), Acer Liquid Z520 ini lumayan mumpuni untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Mencatat lesatan ide, menulis cerita, berselancar di dunia maya, hingga mengabadikan momen penting dengan kamera, Z520 ini memang andal. Bodi ramping, harga miring. Grab it!

Advertisements

6 thoughts on “Acer Liquid Z520, Ramping dan Andal dengan Harga Masuk Akal

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s