Mengoptimalkan Pemanfaatan Dunia Digital

Print

Image designed by freepik.com

Saat Anda membaca tulisan ini, saya berani menduga Anda tengah mengaksesnya melalui peranti digital entah gawai (ponsel pintar/tablet) atau layar komputer—mungkin di rumah, ruang kerja, atau bahkan warung Internet. Kalimat-kalimat yang saya susun dapat menjangkau Anda semua berkat kecanggihan teknologi informasi yakni pesatnya Internet yang memungkinkan banyak aspek penting dalam hidup menjadi serbadigital tanpa butuh banyak modal.

Era serbaterkoneksi menyebabkan pola interaksi kita berubah. Jika dahulu kita lebih mengandalkan komunikasi lisan dengan tatap muka langsung, kini segalanya sangat mudah dan jauh lebih murah seolah-olah dunia berada di ujung jari. Bertukar pesan berupa teks atau mengirimkan video dan audio hanya butuh hitungan detik dan bisa dinikmati di mana saja selama tersedia jaringan Internet.

Kemudahan dan keunggulan dunia maya seperti itu selayaknya kita manfaatkan secara optimal demi menunjang aktivitas positif dan meningkatkan taraf hidup. Kondisi dunia yang nyaris tanpa batas membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapa pun untuk bergerak lebih maju dan berkembang. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan dunia digital?

Jejaring

Salah satu manfaat paling gamblang seiring maraknya media sosial dan aplikasi chatting adalah terbukanya peluang untuk menjalin pertemanan dengan banyak orang dari berbagai sudut dunia. Akses data yang semakin terjangkau, mudahnya pengoperasian aplikasi, dan tampilan aneka app yang kian menawan mendorong tren positif berkomunikasi yang bebas dan luas.

Menambah kenalan dengan hobi sama atau profesi serupa bukan lagi hal mustahil bahkan bisa menjangkau skala global. Selain bertukar pikiran dan menambah wawasan mengenai budaya masing-masing, keragaman teman atau kolega berpotensi menjadi kanal rezeki atau rekan bisnis meskipun berjauhan. Sekurang-kurangnya kita bakal punya guide saat berkesempatan mengunjungi negara bersangkutan tanpa khawatir dikelabui.

Bisnis

Bukan rahasia lagi orang modern kini sangat aktif menggunakan dunia maya untuk mendulang pundi-pundi uang melalui usaha daring atau bisnis online. Bentuknya bermacam-macam. Ada yang membuka online shop di website sendiri atau cukup menawarkan produk dan jasa melalui marketplace nyaris tanpa biaya. Kalaupun ada biaya, biasanya berupa paket promosi khusus yang sangat terjangkau. Saya pun pernah memanfaatkan fitur ini dan terbilang efektif.

Seorang teman di Bogor sukses menjalankan bisnis penjualan buku yang dikerjakan secara online dengan bantuan seorang staf dan telah meraup omset puluhan juta per bulan. Semula ia menerbitkan buku namun kurang profitable sehingga banting setir ke penjualan buku penerbit lain. Berkat hadirnya layanan Internet yang cepat dan luas, setiap transaksi memang berjalan lekas dan mampu memangkas banyak biaya dibandingkan bisnis luring atau offline.

Bukan hanya barang loh yang bisa dijual, sebab jasa atau keterampilan pun dapat dipasarkan dan menjanjikan keuntungan. Kemampuan menulis, mendesain logo, menata letak isi buku, menggambar, hingga analisis medis bisa ditawarkan secara online. Bahkan seiring majunya aplikasi video, belajar bahasa asing kini bisa dilakukan dengan percakapan langsung melalui video call.

Belajar

Manfaat lain kemajuan dunia digital yang sangat krusial adalah terbukanya kesempatan belajar atau menambah ilmu baru. Silakan buka Play Store di ponsel pintar, lalu temukan aplikasi yang kita butuhkan; tersedia banyak sekali dengan pola penyajian yang berbeda, mulai dari aplikasi belajar bahasa asing, olah grafis, baca buku, hingga aneka resep masakan.

Dunia benar-benar dalam genggaman seiring dengan melesatnya kecanggihan Internet. Berbekal paket data dan ponsel pintar tertentu, ada banyak informasi dan ilmu yang bisa kita gali. Bukan hanya berbentuk tulisan atau teks saja, melainkan tersaji lewat kanal video yang terasa lebih riil dan mudah dipahami.

Boleh dibilang tak ada alasan kalau kita masih tertinggal atau tidak menguasai sesuatu di zaman now sebab hampir semua ilmu tersedia berlimpah di jagat maya. Yang gratis dan berbayar, tinggal sesuaikan dengan anggaran. Tinggal klik, klik, klik, kapan pun dan di mana pun ilmu bisa kita unduh!

Bugar

Selain memetik keuntungan finansial dan sarana mengembangkan diri, dunia digital juga menawarkan kebebasan dan kemudahan untuk mencapai kebugaran. Gimana  tidak mudah karena di jagat maya banyak tersedia konten video yang menghadirkan trik atau kiat sehat baik berupa saran menu bergizi maupun olahraga singkat yang berpotensi mendongkrak kebugaran.

Silakan rambah situs jejaring sosial Facebook dan Youtube, niscaya bakal kita temukan timbunan harta karun berupa ratusan video bermanfaat tentang bagaimana cara hidup sehat dari para praktisi dan ahli yang kompeten. Masalahnya biasanya terletak pada kemauan dan konsistensi untuk mempraktikkannya secara kontinu.

Di samping tips hidup sehat, dukungan sistem untuk memproteksi kesehatan jangka panjang pun tersedia secara online. Jangankan sekadar bayar bpjs, beraneka tagihan pun kini nyaris bisa dituntaskan berkat kemajuan teknologi digital. Selain lebih aman, cara seperti ini juga lebih nyaman dan hemat energi sehingga kita bisa lebih produktif untuk mengerjakan hal-hal lainnya.

Tenar

BBC Mania tentu sering mendengar kabar mengenai munculnya sosok baru atau selebritas dadakan yang mendadak viral melalui media sosial. Ada yang negatif, namun lebih banyak yang positif. Sebuat saja seorang ibu yang pemurah, atau seorang pemuda yang rela berkorban demi mengembangkan pendidikan di daerahnya. Masih banyak cerita heroik yang menyentuh dan heboh di dunia maya.

Era serbadigital memang menyediakan panggung seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin meraih popularitas dalam waktu yang relatif instan. Semua terjadi berkat kecanggihan teknologi. Setiap terjadi hal negatif atau positif, warganet tak jarang segera mengabadikannya dengan kamera ponsel lalu mengunggahnya di media sosial yang segera viral dan merebut perhatian publik.

Silakan manfaatkan geliat dunia digital untuk menuju ketenaran, tentu dalam pengertian yang baik. Kita bisa gunakan Internet untuk membangun bisnis agar brand kita kuat dan populer, atau mengenalkan orang-orang hebat di sekitar kita agar dikenal luas sebagai pahlawan yang layak dicontoh. Bahkan dalam konteks yang spesifik, dunia maya sering juga menjadi ajang menemukan jodoh atau pasangan hidup. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam bersikap dan mematuhi etika saat berinteraksi dan membangun merek diri.

Nah, bagaimana cara BBC Mania memanfaatkan dunia digital agar bisa optimal? Silakan tulis di kolom komentar.

Advertisements

5 thoughts on “Mengoptimalkan Pemanfaatan Dunia Digital

  1. Bener banget, belajar apa saja bisa dari internet. Bahkan ada wacana kuliah online dari Dikti. Saya koq belum sepenuhnya setuju. Belum ada juklaknya juga sih. Kebayang nanti saya tidak perlu ke kampus, skype saja dari rumah. Mahasiswa tak perlu ke kampus, bisa pakai piyama kuliah dari rumah. Haha…

    Liked by 1 person

Tinggalkan jejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s